Comscore Tracker

5 Tahapan yang Akan Kamu Hadapi saat Mengalami Putus Cinta

Semuanya akan berlalu seiring berjalannya waktu

Kehidupan manusia pasti akan selalu diwarnai dengan berbagai macam rasa. Tak hanya kebahagiaan, tapi juga kesedihan. Hal ini pula yang terjadi dalam sebuah hubungan. Setiap pasangan yang menjalani hubungan pasti pernah berada dalam momen bahagia dan sedih.

Tak selamanya berakhir dengan bahagia, hubungan juga bisa putus di tengah jalan. Adanya permasalahan menyebabkan kamu dan pasangan harus mengalami putus cinta. Tahukah kamu jika putus cinta memiliki lima tahapan yang akan kamu lewati? Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut!

1. Mengalami kesedihan yang dahsyat 

5 Tahapan yang Akan Kamu Hadapi saat Mengalami Putus Cintailustrasi overthinking (pexels.com/mart-production)

Jangan ditanya sedihnya, pasti bukan kepalang. Berpisah dengan pasangan yang sudah menemani cukup lama tentu akan menghadirkan rasa yang membuat hancur. Di tahapan ini, kamu akan mengalami kesedihan yang dahsyat.

Menangis sepanjang malam hingga berhari-hari lamanya akan kamu rasakan. Tak hanya itu, kamu juga akan malas berinteraksi dengan orang lain. Dirimu kehilangan mood untuk ngobrol dan gak ingin keluar kamar karena memikirkan cinta yang baru saja pergi meninggalkanmu.

2. Tak lagi menangis dengan mencari ketenangan 

5 Tahapan yang Akan Kamu Hadapi saat Mengalami Putus Cintailustrasi sedang berpikir (pexels.com/chinmay-singh)

Kamu akan melalui beberapa hari, minggu dan bahkan hingga sebulan lamanya untuk menangis. Namun kemudian, kamu akan memutuskan untuk berhenti menangisinya. Sekalipun masih sedih, tapi kamu tak lagi berurai air mata dan ingin mencari ketenangan.

Kamu akan mulai berusaha untuk kembali ke rutinitas yang telah lama terbengkalai. Bekerja, kembali bertemu teman-teman, dan bersosialisasi seperti normal kembali. Kamu akan merasakan sedikit kebahagiaan dalam 1 atau 2 bulan setelah putus.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Baik-baik Saja selepas Putus Cinta, Bye Bye Sedih!

3. Mulai ingin beranjak pergi atau move on  

5 Tahapan yang Akan Kamu Hadapi saat Mengalami Putus Cintailustrasi wanita sedang makan (unsplash.com/pablomerchanm)

Di tahap ini, kamu mulai bisa berpikir layaknya sebelum patah hati. Kamu merasa harus beranjak pergi dan meninggalkan masa lalu dan segala kenangannya. Kamu sadar kalau kamu tak bisa selamanya menangisi perpisahan dengan orang yang kini telah menjadi mantanmu.

Akhirnya, kamu mulai mencoba untuk kembali membuka pintu yang tertutup di hatimu. Berpikir untuk bisa jatuh cinta lagi dan menemukan kebahagiaan kembali. Bahkan kamu mungkin sudah bisa untuk mencoba punya pasangan lagi.

4. Hampir bahagia, tapi jatuh lagi karena tak sengaja tahu soal mantan 

5 Tahapan yang Akan Kamu Hadapi saat Mengalami Putus Cintailustrasi tidak berselera makan (pexels.com/a-darmel)

Sayangnya, ada kalanya kamu yang mulai kuat akan goyah kembali. Di sebuah momen tak terduga kamu bisa saja bertemu dengan mantanmu tersebut. Tanpa sengaja, kamu mengetahui bahwa dia tengah berbahagia dengan pasangan barunya. Entah dari sosial media atau bertemu dengannya secara langsung, situasi ini menghancurkan hatimu lagi.

Kamu menjadi cemburu dan sedih lagi karena memikirkan hal tersebut. Menjadi hancur karena kamu berpikir bahwa kamu seharusnya bisa berbahagia dengannya. Di momen ini kamu akan menangis dan merasakan ke tahap awal kembali.

5. Kamu akhirnya mencapai tahap self-love

5 Tahapan yang Akan Kamu Hadapi saat Mengalami Putus Cintailustrasi mindfulness dan self love (pexels.com/shihabnymur)

Tahap terakhir ini adalah yang terpenting, yakni momen self-love atau mencintai diri sendiri dengan seutuhnya. Self love akan membuatmu memiliki kesadaran diri sendiri atau mindfulness.

Dengan mindfulness dan self-love kamu akan mampu mengontrol dirimu serta melindungi dari rasa sakit yang bisa datang dari orang lain. Kamu bisa melupakan sakitnya masa lalu dan lebih fokus dengan diri sendiri. Kamu akan bertumbuh, berbahagia dan menguasai diri. Dengan begitu, tak akan ada lagi yang bisa menyakitimu dalam hidup.

Momen patah hati memang sangat sulit untuk dilalui, tetapi kamu harus bisa berbesar hati. Ingat, bahwa semua yang terjadi dalam hidup akan memberikan sebuah pelajaran. Jika kamu sedang putus cinta, kuat-kuat, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Menata Hati setelah Putus Cinta, Fokus pada Kebahagiaanmu!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya