Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Punya Pasangan Egois, Bikin Kamu Tertekan!

Hanya ingin selalu dimengerti

Egois merupakan sikap buruk yang sangat merugikan bagi orang lain. Pasalnya, karena perilaku egois tersebut sering kali bisa menyakiti atau membuat orang lain menjadi tidak nyaman.

Nyatanya, orang yang egois bisa kamu temui dalam keseharian bahkan juga menjadi pasanganmu. Pasangan yang miliki sifat egois akan membuat hubungan mengalami banyak drama dan perdebatan.

Bukannya langgeng, menjalani hubungan dengan pasangan dengan sifat egois malah bisa membuatmu tertekan. Jadi, coba kenali lima tanda pasangan yang egois sebagai berikut!

1. Menjadi sosok yang merasa paling benar 

5 Tanda Kamu Punya Pasangan Egois, Bikin Kamu Tertekan!ilustrasi pasangan saling berdebat (unsplash.com/javaistan)

Sifat yang satu ini akan sangat membuat jengkel pasangan. Pasalnya, alih-alih mendengarkan pasangan, dirinya malah sibuk mempertahankan argumen pribadinya.

Sering kali argumen tersebut cenderung memaksa dan menguntungkan diri sendiri. Bukannya mencari jalan tengah, dirinya malah sibuk memaksakan pandangannya agar dituruti. Padahal belum tentu itu yang terbaik.

2. Hanya ingin selalu berbicara tanpa mau mendengarkan 

5 Tanda Kamu Punya Pasangan Egois, Bikin Kamu Tertekan!ilustrasi pria sedang marah (unsplash.com/icons8)

Mencari orang yang banyak bicara akan lebih mudah ketimbang mencari seseorang yang mau mendengarkan. Kemampuan untuk bisa mendengarkan itu adalah sifat alamiah yang datangnya dari hati.

Jika pasanganmu adalah tipe yang selalu ingin didengar tetapi tidak melakukan hal yang sebaliknya, berarti dia cenderung bersifat egois. Dia tidak menghargai kehadiran pasangan yang juga ingin didengarkan ketika mengalami banyak hal.

Baca Juga: 5 Cara Cerdik Menghadapi Pasangan Egois, Sudah Tahu?

3. Cenderung tidak peduli perasaan dan kebutuhan pasangan 

5 Tanda Kamu Punya Pasangan Egois, Bikin Kamu Tertekan!ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (unsplash.com/priscilladupreez)

Lebih lanjut lagi, pasangan yang egois tentu akan selalu mengabaikan perasaan pasangannya. Padahal dalam hubungan percintaan berlaku perilaku saling antara kedua belah pihak.

Kamu tidak bisa berdiri sendiri dan mendominasi sebuah hubungan. Sesederhana dalam hal memilih tempat makan atau bertanya kabar.

Jangan hanya keinginan dirimu yang dituruti tetapi juga keinginan pasangan. Jika di awal hubungan mungkin belum begitu terlihat, tetapi coba lihat ketika hubungan sudah berlangsung cukup lama.

4. Menjauhkan diri ketika pasangan sedang kesal atau marah 

5 Tanda Kamu Punya Pasangan Egois, Bikin Kamu Tertekan!ilustrasi pasangan posesif (unsplash.com/ericjamesward)

Merasa kesal atau marah adalah hal wajar dan pasti pernah dilakukan oleh setiap orang. Tetapi jika kamu menggunakan silent treatment atau mendiamkan pasangan saat marah itu akan membuatnya menjadi tertekan.

Hal tersebut akan menghadirkan perasaan tak diinginkan, diabaikan dan juga tak dihargai. Jadi lebih baik katakan apa hal yang memicu kemarahan dan selesaikan tanpa harus mendiamkan pasangan.

5. Banyak mengatur dan mengubah pasangan menjadi seperti keinginannya 

5 Tanda Kamu Punya Pasangan Egois, Bikin Kamu Tertekan!ilustrasi memiliki nilai yang sejalan dengan pasangan (unsplash.com/alysa)

Carilah pasangan yang bisa membuatmu merasa nyaman dan menjadi dirimu sendiri apa adanya. Artinya, kamu tidak perlu mengubah apa pun demi sesuai dengan keinginan pasangan, jika kamu tidak nyaman dengan hal tersebut.

Jika pasangan sudah mulai untur mengatur banyak hal dalam hidupmu, itulah tanda dirinya egois. Hanya menginginkan sesuatu sesuai dengan kehendaknya walau pasangan merasa tidak nyaman.

 

Mengedepankan ego pribadi dalam sebuah hubungan hanya akan mendatangkan masalah dan membuatmu tertekan. Jadi, lebih baik kamu pikirkan lagi jika miliki pasangan yang egois, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Perilaku Egois Itu Bisa Menyakiti Hati Pasangan, Pahami Ya!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya