Comscore Tracker

Jarang Disadari, 5 Alasan Temanmu Menjadi Semakin Sedikit Saat Dewasa

Hanya yang sefrekuensi yang akan bertahan

Pernah tidak sih kamu menyadari bahwa semakin dewasa seseorang, lingkungan pertemanannya pun akan semakin menyempit. Jika dulu saat masih remaja kita bisa memiliki teman dimana-mana, saat beranjak dewasa temanmu akan menjadi itu-itu saja. Kamu akan cenderung memilih untuk bergaul dengan orang yang sefrekuensi denganmu.

Tenang, tidak ada yang salah dengan dirimu karena ini adalah normal dan dialami oleh banyak orang. Mau tahu kenapa? Yuk, intip lima alasannya sebagai berikut!

1. Kamu sudah memiliki tujuan hidup yang lebih jelas 

Jarang Disadari, 5 Alasan Temanmu Menjadi Semakin Sedikit Saat Dewasapexels.com/Bruce Mars

Semakin dewasa dirimu, maka akan semakin banyak pula hal yang akan menjadi tujuan hidupmu. Kamu tidak lagi memiliki waktu untuk memastikan bahwa teman-temanmu masih seperti yang dulu. Karena mereka pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu.

Kamu akan lebih fokus pada apa yang ingin kamu capai dan wujudkan. Kamu akan sibuk dengan orang-orang yang ingin kamu bahagiakan. Serta kamu akan lebih memilih banyak jalan untuk mencapai tujuan yang bisa membuatmu jauh dari teman-teman lama.

2. Temanmu tak lagi menjadi prioritas penting 

Jarang Disadari, 5 Alasan Temanmu Menjadi Semakin Sedikit Saat Dewasaunsplash.com/Nadine Shaabana

Sudah tentu teman tak lagi menjadi prioritas utama saat kamu semakin dewasa. Hanya mereka yang memahami dirimu dan membuatmu berkembang bersama yang akan tetap bertahan. Berkembangnya pola pikir seiring dengan kedewasaan juga akan membuatmu memilih untuk tak lagi banyak bermain-main. Itulah mengapa teman tak lagi menjadi yang kamu nomor satukan.

Baca Juga: 7 Sifat dalam Diri yang Membuat Seseorang Nyaman jadi Temanmu

3. Banyak hal yang tak lagi sejalan dengan prinsip hidupmu 

Jarang Disadari, 5 Alasan Temanmu Menjadi Semakin Sedikit Saat Dewasapixabay.com/Stock Snap

Semakin dewasa dirimu, kamu akan berpikir apa saja hal yang bisa membuatmu berkembang. Kamu akan mulai memiliki prinsip hidup, tak lagi hanya mengikuti arus pertemanan. Akan ada banyak hal yang kamu temui yang mungkin tak lagi sejalan dengan prinsipmu kelak sehingga mau tidak mau, teman tersebut akan kamu tinggalkan seiring berjalannya waktu.

4. Kamu menemukan orang baru yang membuatmu nyaman 

Jarang Disadari, 5 Alasan Temanmu Menjadi Semakin Sedikit Saat Dewasaunsplash.com/Sam Manns

Ada banyak fase yang dilewati dalam kehidupan seseorang. Semakin kamu dewasa, kamu akan menemukan jati diri dan siapa sebenarnya dirimu. Secara tidak langsung kamu akan berkumpul dengan orang-orang baru yang membuatmu nyaman dan berkembang. Kamu tidak lagi mengkhawatirkan teman lamamu karena ada orang-orang baru yang lebih ‘relate’ dengan kehidupanmu saat ini.

5. Setiap orang berubah karena kepentingannya masing-masing 

Jarang Disadari, 5 Alasan Temanmu Menjadi Semakin Sedikit Saat Dewasapaperpull.com/paperpull

Tak bisa dipungkiri bahwasanya setiap orang pasti akan berubah. Baik dari fisik maupun kepribadian. Orang-orang cenderung akan selalu berusahan untuk memenuhi kepentingannya masing-masing. Tidak ada orang yang mau tertinggal dan kalah, karena hidup penuh dengan kompetisi. Jadi, jangan heran jika banyak juga di antara temanmu yang berubah. Sehingga kalian tidak lagi dekat seperti dahulu.

Nah, itulah lima alasan yang membuat jumlah teman berkurang seiring dengan kedewasaan seseorang. Tidak mengapa, karena setiap orang memang ada masanya masing-masing.

Baca Juga: Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Muka

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya