Comscore Tracker

5 Tips agar Hubungan Tetap Bertahan meski Banyak Tantangan, Gak Goyah!

Harus bisa saling menguatkan

Menjaga hubungan tetap berjalan dengan langgeng memang tak mudah. Ada kalanya, sebuah hubungan diuji dengan berbagai macam tantangan. Baik dari internal pasangan maupun dari eksternal.

Ketika tantangan yang datang cukup membuat goyah, banyak pasangan yang menyerah dan mengakhiri hubungan. Namun, banyak juga yang bertahan dan melewati ujiannya dengan baik. Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba lima tips agar hubungan tetap awet sebagai berikut!

1. Komunikasi adalah kunci menjaga hubungan yang sehat 

5 Tips agar Hubungan Tetap Bertahan meski Banyak Tantangan, Gak Goyah!ilustrasi menggunakan ponsel (unsplash.com/nordwood)

Selalu prioritaskan komunikasi dalam keadaan apa pun. Tanpa komunikasi yang baik, segala informasi akan menjadi terlewatkan. Pastikan kamu dan pasangan memiliki pola komunikasi yang sehat.

Bagaimanapun keadaan yang sedang dihadapi selalu utarakan dan libatkan pasangan. Jangan sampai pasangan bingung dan menduga-duga sehingga menimbulkan salah paham nantinya.

2. Selalu jujur dan berterus terang 

5 Tips agar Hubungan Tetap Bertahan meski Banyak Tantangan, Gak Goyah!ilustrasi sepasang kekasih (unsplash.com/bocharov)

Kejujuran juga menjadi satu tips penting yang tak boleh terlewatkan. Ketika kamu dan pasangan saling jujur, maka seberat apa pun masalah yang dihadapi akan menjadi mudah untuk dibicarakan. Jangan menyimpan hal yang seharusnya diketahui oleh pasanganmu.

Katakan dengan apa adanya tanpa melebih-lebihkan atau menutupi apa pun. Katakanlah kejujuran sekalipun itu pahit, karena jika kamu telah satu kali berbohong. Kamu akan menutupinya dengan banyak kebohongan yang lain.

Baca Juga: Tanpa Adanya 5 Hal Ini, Hubungan Asmara akan Sulit Bertahan!

3. Pastikan pasangan tau apa yang kamu rasakan dan harapkan 

5 Tips agar Hubungan Tetap Bertahan meski Banyak Tantangan, Gak Goyah!ilustrasi mendengarkan cerita pasangan (unsplash.com/christinhumephoto)

Hubungan dijalani oleh dua orang yang saling mengusahakan. Bukan hanya satu orang yang mencoba berusaha untuk mempertahankan. Saat kamu merasakan atau menginginkan suatu hal, pastikan pasanganmu tahu akan hal tersebut.

Kenyamanan harus selalu dipertimbangan, jangan sampai ada sesuatu yang bikin kamu gak nyaman di dalam hubungan kalian. Harapan dan keinginan kamu dan pasangan juga harus bisa saling sejalan, demi kelancaran hubungan.

4. Jangan takut untuk mengatakan hal yang kurang nyaman 

5 Tips agar Hubungan Tetap Bertahan meski Banyak Tantangan, Gak Goyah!ilustrasi pasangan berpegangan tangan (unsplash.com/priscilladupreez)

Demi menjaga suasana yang nyaman, mungkin kamu suka takut mengungkapkan hal yang mungkin bisa memicu konflik. Seperti ketika kamu gak suka dengan sikap pasangan, atau keadaan yang sedang kalian hadapi.

Kuncinya adalah selalu jujur, dan jangan takut untuk berargumen. Memang sulit, akan tetapi sangat berdampak terhadap hubungan kalian. Selalu utamakan keterbukaan dengan pasangan.

5. Bangun keintiman secara emosional tak hanya sebatas fisik 

5 Tips agar Hubungan Tetap Bertahan meski Banyak Tantangan, Gak Goyah!ilustrasi pasangan (pexels.com/jaspereology)

Hubungan asmara selalu identik dengan kedekatan secara fisik. Namun jangan salah, kedekatan secara emosional harus selalu lebih diutamakan.

Dikarenakan jika kamu benar-benar bisa merasakan arti hadirnya pasangan dari hati, maka hubungan akan menjadi lebih bermakna. Hubungan akan terjalin menjadi lebih kuat dan tak gampang goyah meski ada banyak tantangan yang hadir. Kalian bisa menyatu secara emosional dan bisa saling menguatkan satu sama lain.

 

Terlihat sederhana dan mungkin sering terabaikan, tapi dampaknya luar biasa untuk hubungan asmara. Jadi, jangan sampai terlewatkan, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Bertahan dalam Hubungan Itu Tidak Mudah, Jangan Disia-siakan!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya