Comscore Tracker

5 Tips Mencari Pasangan via Dating App, Gak Asal Swipe Right!

Susah-susah gampang, sih 

Teknologi semakin memudahkan berbagai kegiatan dalam kehidupan manusia. Tak hanya urusan sehari-hari, tapi termasuk juga dalam hal mencari pasangan. Tanpa harus keluar rumah, tak menghabiskan banyak waktu maupun biaya.

Semua kini ada dalam genggaman, melalui banyak aplikasi kencan online atau dating app. Kamu bisa menemukan banyak pilihan tipe pasangan sesuai dengan kriteriamu. Namun tentu tak boleh asal, kamu juga harus tetap waspada agar tak tertipu atau terjebak scammer. Berikut tips mencari pasangan via dating app yang harus kamu ketahui!

1. Jangan mudah tertipu dengan profil yang sempurna 

5 Tips Mencari Pasangan via Dating App, Gak Asal Swipe Right!ilustrasi memegang ponsel (pexels.com/olly)

Tak dapat dimungkiri, mencari pasangan secara online biasanya yang dilihat terlebih dahulu adalah penampilannya. Selain itu, kamu bisa membaca profil singkat yang dituliskan oleh orang tersebut. Seputar dirinya, pekerjaan, hobi, dan sebagainya.

Jangan mudah tertipu, karena bisa jadi itu tak seluruhnya benar. Terlebih dengan foto profil yang terlalu rupawan, dan pekerjaan yang mapan. Logikanya, orang tersebut pasti banyak penggemarnya yang rasanya sulit untuk didekati. Jika dia merespons dengan cepat dan sangat ramah, maka hati-hati, bisa jadi dia adalah scammer.

2. Hindari terlalu mudah percaya 

5 Tips Mencari Pasangan via Dating App, Gak Asal Swipe Right!ilustrasi mengirim pesan (pexels.com/romanp)

Kamu juga harus menghindari sikap polos dan terlalu mudah percaya. Dalam dunia maya, tak ada yang bisa kamu percaya 100 persen. Selalu gunakan logika berpikir dan jangan bersikap terlalu baik.

Mungkin kamu terlalu bahagia karena telah menemukan seseorang dengan kriteriamu. Namun., kamu tetap harus waspada terutama jika dia mulai berbicara mengenai uang. Dengan iming-iming ingin menikah denganmu bisa membuatmu dibutakan oleh cinta sesaat.

Baca Juga: 5 Tips Kencan Pertama dari Dating App dengan Aman, Perhatikan!

3. Lakukan riset kecil juga penting, lho! 

5 Tips Mencari Pasangan via Dating App, Gak Asal Swipe Right!ilustrasi sedang mengetik (unsplash.com/benchaccounting)

Penting untuk melakukan riset kecil tentang orang yang baru kamu kenal tersebut. Minimal kamu bisa melacak di internet dengan menggunakan nama dan fotonya. Jejak digital akan selalu terekam dan sulit dihilangkan.

Jadi, cari tahu tentang dirinya siapa tahu dia banyak menggunakan foto yang sama dengan nama yang berbeda. Atau setidaknya akan ada informasi yang bisa kamu dapatkan secara umum tentang dirinya. Melacak nomor ponselnya di internet juga bisa jadi cara mencari tahu ada potensi scam atau tidak.

4. Jangan cepat menaruh harapan yang besar 

5 Tips Mencari Pasangan via Dating App, Gak Asal Swipe Right!ilustrasi menggunakan ponsel (unsplash.com/jennyueberberg)

Menemukan jodoh atau pasangan memang tak bisa diprediksi datangnya dari mana. Sehingga, seringnya orang akan terlalu dibutakan oleh cinta yang datang tiba-tiba. Kamu mungkin akan mudah menaruh harapan pada orang yang baru kamu kenal ini.

Mengingat dia mungkin memiliki potensi yang bagus untuk masa depanmu. Jadi, kamu terlalu berangan-angan dan sangat berharap padanya. Hal ini tak baik, karena kamu pasti akan mudah kecewa. Jalani saja dulu tanpa menaruh rasa yang terlalu besar agar tak menyakiti diri.

5. Stop gak enakan, agar kamu tak diperdaya 

5 Tips Mencari Pasangan via Dating App, Gak Asal Swipe Right!ilustrasi menyuruh berhenti (unsplash.com/nadineshaabana)

Bahayanya dunia maya adalah kamu tak bisa mengenal orang tersebut secara langsung. Jadi, kamu sulit mengetahui gelagat asli dari orang tersebut. Bisa jadi kamu telah berbincang dengannya beberapa waktu, dan merasa dekat dengannya.

Namun, tetap itu tak menjamin kamu bisa percaya dia sebelum bertemu dengannya langsung. Terlebih jika dia scammer yang mencoba merayumu untuk meminjamkan uang. Dia membangun cerita sedemikian rupa agar kamu percaya dan merasa bersalah jika tidak menolongnya. Waspada, kamu tak boleh terperdaya dan harus berani berkata tidak.

Mencari pasangan memang susah-susah gampang, dan jodoh bisa datang dari mana saja. Jadi, tak ada salahnya mencoba dating app asal pergunakan dengan bijak, ya!

Baca Juga: 5 Plus Minus Cari Pasangan dari Dating App, Gampang Ghosting!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya