Comscore Tracker

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Gak Gengsi Minta Maaf Duluan ke Pasangan

Minta maaf duluan berarti kalah? Salah besar!

Perkara meminta maaf duluan sering menjadi hal yang sulit dilakukan. Mungkin memang ada perasaan bersalah karena kesalahan yang diperbuat. Akan tetapi, rasanya gengsi bukan main buat meminta maaf duluan. Percaya gak percaya, hampir semua orang pernah merasakannya saat menjalin cinta dengan seseorang. Inilah yang bikin dua sejoli jadi susah berbaikan karena saling kekeuh dengan argumen masing-masing.

Padahal sikap berjiwa besar dengan lebih dulu meminta maaf menawarkan banyak keuntungan, terutama buat hubungan yang sedang dijalani. Ini dia 5 hal baik yang bakal terjadi kalau kamu gak gengsi minta maaf duluan kepada pasangan!

1. Kalian menyadari kalau hubungan bukan soal menang atau kalah

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Gak Gengsi Minta Maaf Duluan ke PasanganUnsplash.com/Sorin Sîrbu

Gengsi minta maaf duluan biasanya berawal dari pemikiran kalau minta maaf lebih dulu, berarti kamu kalah. Padahal sebenarnya gak begitu, lho. Berani mengakui kesalahan menunjukkan kamu berjiwa ksatria. Adanya salah satu pihak yang inisiatif minta maaf saat berbuat salah membuat kalian sama-sama mengerti satu hal: hubungan ini bukan tentang menang kalah. Kalian satu kesatuan dan wajib saling melindungi, bukan menjatuhkan. 

2. Waktu bisa dihabiskan buat bersenang-senang daripada berselisih

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Gak Gengsi Minta Maaf Duluan ke PasanganPexels.com/Ulyana Tim

Coba pikirkan, berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia kalau kamu dan pasangan tiada hentinya bersikap keras kepala dalam mempertahankan argumen. Gak ada yang mau mengalah, setiap detik cuma terlewatkan untuk berselisih paham. Kalau saja ada yang sesegera mungkin mengakui salahnya, pasti masalah jadi cepat selesai kan? Waktu pun dapat kalian habiskan buat melakukan banyak hal menyenangkan. 

3. Memupuk kebiasaan berani mengakui kesalahan yang diperbuat

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Gak Gengsi Minta Maaf Duluan ke PasanganPexels.com/Ajay Donga

Orang yang paling mudah dalam memberi pengaruh besar adalah yang sering berada di sisinya. Sebagai pasangan, kamu dapat menebarkan kebiasaan baik pada dia yang kamu cintai. Kalau kamu selalu berjiwa besar dengan gak gengsi minta maaf duluan, pasti pasanganmu akan belajar dari kamu sehingga ia berani mengaku jika berbuat kesalahan. Jauh dari sikap mau menang sendiri, hubungan kalian terselamatkan.

Baca Juga: Punya Gengsi Tinggi, 5 Zodiak Ini Enggan Minta Maaf Duluan

4. Dengan berdamai, kamu dan pasangan gak saling menyimpan dendam

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Gak Gengsi Minta Maaf Duluan ke PasanganPexels.com/Matheus Alves

Salah satu dampak buruk dari berselisih paham terlalu lama dan keseringan adalah munculnya rasa dendam di antara kamu dan pasangan. Tentu kamu gak mau kan, hubungan jadi hancur cuma karena ego masing-masing? Itulah pentingnya sikap berani meminta maaf duluan ketika ada salah. Tepis rasa malu atau sikap pantang meminta maaf. Kalau bisa berdamai, kenapa enggak? 

5. Makin eratnya hubungan asmara di antara kalian

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Gak Gengsi Minta Maaf Duluan ke PasanganUnsplash.com/Candice Picard

Dalam hubungan, pertengkaran pasti selalu ada. Gak mungkin hubungan berjalan tanpa ada konflik sama sekali. Akan tetapi, ribut-ribut di antara kalian bisa diminimalkan salah satunya dengan gak gengsi minta maaf duluan ke pasangan. Kalau kalian gak keseringan berantem, pasti hubungan lebih sering terasa adem ayem. Ini bisa bikin jalinan asmara kamu dan dia jadi semakin erat, lho. 

Ternyata ada banyak hal yang baik buat hubungan asmara kalau saja seseorang berani untuk meminta maaf lebih dulu jika ada salah. Lagipula, terus membela diri karena ogah tampak kalah di depan pasangan gak ada gunanya sama sekali. Maka dari itu, beranilah buat mengalah dan mengakui kesalahan ya, guys.

Baca Juga: Enggan Minta Maaf, Konon 5 Zodiak Ini Berpotensi Dijauhi Temannya 

Nurfi Photo Verified Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya