5 Mindset Salah Kaprah yang Buktikan Kamu Belum Siap Pacaran

Sekalipun ingin banget pacaran, nyatanya kamu belum siap

Berpacaran bukan cuma soal keinginan dari dalam hati. Namun juga tentang bagaimana cara kamu memaknai sebuah hubungan. Terkadang, mentalmu sebetulnya belum siap untuk memulai hubungan asmara sekalipun kamu begitu menginginkannya.

Kalau sudah begini, sebaiknya kamu gak buru-buru pacaran. Lihat kembali apa yang pikiranmu katakan tentang sebuah jalinan asmara. Dan ada baiknya kamu mulai mendefinisikan arti sebuah hubungan lebih dalam lagi. 

Dari begitu banyak tanda ketidaksiapan dalam sebuah hubungan, 5 mindset salah kaprah berikut ini juga rupanya buktikan kamu belum siap berpacaran.

1. Kamu memercayai bahwa pacaran akan membuatmu berhenti merasa kesepian

5 Mindset Salah Kaprah yang Buktikan Kamu Belum Siap PacaranUnsplash.com/Anthony Tran

Keinginan untuk menjalin cinta dengan seseorang hanya biar kamu gak kesepian tampaknya keliru. Ini berarti kamu belum sepenuhnya nyaman sendirian. Dan ketika akhirnya berada dalam hubungan asmara, boleh jadi kamu akan cenderung bergantung pada kehadiran pacarmu.

Sebelum mulai berpacaran, hendaknya kamu pastikan bahwa sudah nyaman dengan diri sendiri dan kehidupanmu. Hingga akhirnya hubunganmu nanti lebih membahagiakan karena jauh dari sikap ketergantungan. 

2. Berpikir setelah pacaran kamu bisa meraih kebahagiaan yang sekarang gak kamu rasakan

5 Mindset Salah Kaprah yang Buktikan Kamu Belum Siap PacaranUnsplash.com/Nick Karvounis

Percintaan memang akan membuatmu merasakan sepercik rasa bahagia. Namun yang sering bikin salah kaprah adalah bagaimana kamu menjalani hubungan hanya untuk mencari-cari kebahagiaan. Padahal sesungguhnya kebahagiaan gak cuma kamu dapat dari sosok pacar yang amat sangat kamu dambakan itu.

Ingatlah bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawabmu sendiri. Jadi, sebaiknya kamu gak menaruh harapan pada orang lain untuk membuat hatimu merasa bahagia.

3. Berniat jadikan pacarmu nantinya berubah jadi sosok idaman persis seperti yang ada di benakmu

5 Mindset Salah Kaprah yang Buktikan Kamu Belum Siap PacaranUnsplash.com/Natalia Figueredo

Setiap orang punya tipe idaman masing-masing, termasuk kamu. Akan tetapi, kalau punya niatan menjadikan pacarmu nantinya persis seperti sosok idaman, itu tandanya kamu belum siap memulai suatu hubungan. Kalau tetap memaksakan diri, bukan gak mungkin kamu jadi lebih fokus untuk mengubah pacar dibanding mencintai dia apa adanya.

Oleh karena itu, kamu gak boleh terburu-buru pacaran saat kamu belum siap. Pahami dulu apakah orang yang ingin kamu jadikan pacar itu sesuai standarmu serta mampu membuatmu mencintai apa adanya atau malah sebaliknya. 

Baca Juga: Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic Relationship

4. Persepsimu tentang sebuah hubungan bahagia adalah yang mulus tanpa sedikitpun lika-liku

5 Mindset Salah Kaprah yang Buktikan Kamu Belum Siap PacaranUnsplash.com/Sonnie Hiles

Mustahil sebuah jalinan asmara berjalan tanpa ada lika-liku sama sekali. Kalau kamu masih berpikir kalau hubungan yang layak dijalani itu yang mulus-mulus saja, berarti kamu belum siap pacaran. Karena di sini, kamu mesti bersedia untuk berhadapan dengan manis pahitnya kisah asmara.

Anggaplah hadirnya suatu permasalahan sebagai ujian dalam hubungan. Bukan melulu fokus pada masalahnya, sikap dewasa kedua belah pihak dalam menyelesaikan sebuah problem juga menjadi poin penting.

5. Yakin bahwa mantan pacar akan menyesal kalau kamu cepat-cepat dapat pengganti baru

5 Mindset Salah Kaprah yang Buktikan Kamu Belum Siap PacaranUnsplash.com/Christian Fregnan

Buat yang baru putus cinta dan ingin buru-buru pacaran, coba cari tahu dulu kamu sudah siap memulai hubungan baru atau belum. Kalau kamu memang sudah siap, harusnya kamu gak peduli apa pun yang bakal mantanmu rasakan atau lakukan. Justru di saat kamu ingin pengganti baru cuma karena ingin mantan menyesal, itu tandanya kamu belum siap berada dalam hubungan. 

Urusan dia menyesal atau enggak, itu gak perlu dipikirin lagi. Ingatlah kamu sebetulnya gak perlu membuktikan apa-apa padanya. Yang terpenting, mulailah hubungan baru saat mentalmu sudah benar-benar siap.

Sering bikin salah kaprah, kelima mindset barusan adalah bukti kamu belum benar-benar siap berpacaran. Lebih baik kamu gali potensi diri serta jangan lupa buat hilangkan berbagai pemikiran keliru sebelum memulai suatu hubungan. 

Baca Juga: 7 Hal Absurd yang Mungkin Cowok Pikirkan Saat Pacaran

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You