Comscore Tracker

5 Sikap Dewasa yang Menandakan Kalian Siap Lanjut ke  Pernikahan

Kamu sama pacarmu termasuk gak, nih?

Lanjut ke jenjang yang lebih serius adalah keinginan dari hampir semua orang yang tengah menjalin suatu hubungan asmara. Namun seperti yang kamu tahu, keputusan untuk menikah bukanlah hal yang main-main. Selain komitmen, kualitas kedewasaan dalam hubunganmu dengan pacar juga jadi poin yang krusial, lho. 

Untuk tahu ada tidaknya potensi kalian untuk lanjut ke pernikahan, kenali dulu seberapa besar tingkat kedewasaan dalam hubungan. 5 sikap berikut ini bisa membantu kamu untuk tahu bahwa kalian sudah cukup dewasa untuk melanjutkan pernikahan atau justru sebaliknya. 

1. Merasa nyaman-nyaman saja ketika sesekali mesti jauh dari pasangan karena suatu kesibukan

5 Sikap Dewasa yang Menandakan Kalian Siap Lanjut ke  PernikahanUnsplash.com/Rawpixel

Saat pacaran dengan seseorang, kamu tak mungkin nempel terus sepanjang hari dengan pasangan. Adanya kenyamanan ketika salah satunya sedang sibuk sehingga sementara  waktu tidak ketemuan dulu adalah bukti kamu dan pacar adalah sosok yang tidak ketergantungan. Tentunya kalian berhasil tunjukkan kalau kalian juga dapat menikmati waktu sendiri dengan kegiatan positif. 

2. Tak berbuat seenaknya, kalian saling menghargai dan amat sangat menjaga perasaan satu sama lain

5 Sikap Dewasa yang Menandakan Kalian Siap Lanjut ke  PernikahanUnsplash.com/Candice Picard

Tidak sedang bersama pasangan bukan berarti bisa berbuat sebebas-bebasnya tanpa memikirkan perasaan satu sama lain. Di mana pun dan kapanpun, kalian tetap berusaha menjaga sikap. Karena telah menjunjung tinggi komitmen, kesadaran untuk menjaga serta menghargai perasaan semakin meningkat. Sudah ada sikap seperti ini? Berarti hubungan kalian layak untuk maju ke jenjang lebih serius.

3. Paham cara yang tepat untuk menegur kesalahan tanpa membuat salah satu pihak merasa tersudut

5 Sikap Dewasa yang Menandakan Kalian Siap Lanjut ke  PernikahanUnsplash.com/Jonathan Borba

Saat pasangan melakukan suatu kesalahan, kamu sebagai orang yang amat peduli sudah semestinya menegur. Begitu pula sebaliknya. Sudah sama-sama dewasa, kalian paham betul cara menegur tanpa membuat salah satu dari kalian merasa tersudutkan. Tidak menegur di depan umum, kalian memilih membicarakannya di tempat yang tepat. Tidak dengan nada menghakimi, kalian memilih menegur secara lembut.

Baca Juga: Bro, 7 Sikap Ini Buktikan Kamu Belum Dewasa Secara Mental

4. Kalian punya cara sendiri untuk mencegah pertengkaran yang semakin menjadi-jadi

5 Sikap Dewasa yang Menandakan Kalian Siap Lanjut ke  Pernikahanliveboldandbloom.com

Bukan selalu adem ayem yang jadi ketentuan layak tidaknya kamu dan pasangan lanjut ke jenjang yang lebih serius. Namanya hubungan, pasti ada masanya kalian sesekali kedapatan berseteru. Bagi yang sudah dapat berpikir secara dewasa, kalian tahu batasan sekalipun sedang marah. Tak ingin pertengkaran semakin menjadi-jadi, kalian punya cara tersendiri untuk terhindar dari perbuatan saling menyakiti.

5. Bahkan sekalipun sedang marah, kalian tetap ingat bahwa kalian saling mencintai

5 Sikap Dewasa yang Menandakan Kalian Siap Lanjut ke  Pernikahantimesofindia.indiatimes.com

Merasa marah? Boleh saja. Tapi menurut kalian semua kembali lagi pada betapa kalian saling mencintai. Dengan kata lain, tindakan dan ucapan tetap terjaga dalam situasi apa pun, termasuk ketika sedang marah. Jangan sampai respon buruk yang keluar menjadi sesuatu yang disesalkan hingga dapat menghancurkan hubungan. Emosi bisa saja mereda setelahnya, tapi respon tidak mengenakkan akan selalu teringat di benak.

Nah, itu dia 5 dari sekian banyak sikap dewasa dalam hubungan yang menandakan kalian siap lanjut ke jenjang pernikahan. Kamu sama pacarmu sudah termasuk belum, nih?

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Pacaran di Usia Dewasa Lebih Baik Jika Tidak Diumbar

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You