Comscore Tracker

6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa Sulit

Pernah terpuruk gak selamanya buruk

Kehidupan gak akan membiarkan kamu buat selalu berada di puncak. Ada saatnya kamu harus mengalami titik terendah dalam hidup. Itu pun gak serta merta terjadi tanpa suatu alasan yang pasti. Walau berat ketika menjalani masa-masa sulit, nyatanya kamu bisa belajar banyak hal dari sana. 

Kamu bakalan semakin sadar serta dapat mengambil banyak hikmah ketika berhasil melaluinya. Gak boleh dilupakan begitu saja, berikut 6 pelajaran berharga usai melewati masa-masa sulit.

1. Keadaan bisa berubah jika ada usaha

6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa SulitUnsplash.com/Xtra, Inc.

Pasti ada banyak usaha yang kamu kerahkan saat akhirnya berhasil terlepas dari masa sulit dalam hidup. Dari sini kamu belajar bahwa keadaan bisa berubah ketika mau berusaha. Jalan keluarnya bukan dari menyalahkan keadaan. Ini tentang bagaimana kamu mencoba berbagai tindakan hingga akhirnya menemukan yang tepat sebagai pemecah masalah. 

2. Kamu terdorong untuk menjadi orang yang lebih baik

6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa SulitUnsplash.com/Eliott Reyna

Orang yang pikirannya maju akan merasakan adanya dorongan hati untuk terus menjadi individu yang lebih baik. Ketika kamu bisa melalui masa-masa sulit, kamu jadi orang yang berpikiran maju. Berbeda dari sebelumnya, sekarang kamu ingin terus membuat dirimu berkembang tanpa menyia-nyiakan setiap detik yang berjalan. 

3. Sadar bahwa kamu lebih hebat dari yang kamu duga

6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa SulitPexels.com/Bruce Mars

Bebas dari hari-hari yang mencekam membuktikan bahwa kamu orang hebat. Kenyataan ini gak bisa dibantah. Banyak lho, orang yang masih terkurung dalam masa-masa sulitnya karena enggan berusaha bangkit. Sementara di sini kamu ibaratnya punya kemauan buat temukan secercah cahaya yang menuntunmu keluar dari keterpurukan. 

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Temukan Jalan Keluar dari Masalah yang Melelahkan

4. Banyak hal-hal sederhana yang dapat kamu syukuri

6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa SulitUnsplash.com/Eduardo Dutra

Sempat jatuh ke di titik terendah dalam hidup, kamu jadi lebih menghargai apa yang ada di sekelilingmu. Ada banyak hal-hal indah yang dapat disyukuri, namun sayangnya selalu terlewatkan sebelum kamu ada di masa sulit. Sekarang kamu lebih memaknai setiap keindahan dari kesederhanaan serta apa pun hal baik yang ditawarkan dalam hidup.

5. Kamu menjadi sosok yang lebih rendah hati

6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa SulitUnsplash.com/Lau Keith

Masa-masa sulit mengajarkan banyak sekali hal berharga, termasuk membuatmu jadi pribadi yang lebih rendah hati. Lewat situasi tersebut, kamu seolah diberi kesempatan buat introspeksi diri. Semua sifat-sifat kurang baik yang mungkin selama ini kamu miliki perlahan hilang dan bertransformasi menjadi karakter yang jauh lebih positif. 

6. Bisa tahu mana teman yang tulus setia

6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa SulitUnsplash.com/Matheus Ferrero

Percaya gak percaya, keadaan terpuruk bisa membuatmu lebih mudah melihat ketulusan. Salah satunya dalam hubungan pertemanan. Kamu akhirnya bisa membedakan mana teman yang tulus dan mana yang enggak. Mereka yang benar-benar tulus setia gak akan membiarkanmu berjuang seorang diri saat kamu lagi susah-susahnya.

Ibarat kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Apa yang kamu alami di masa-masa sulit menawarkan banyak pelajaran berharga yang gak boleh diabaikan. See? Pernah terpuruk gak selamanya buruk kan, guys?

Baca Juga: Bikin Gak Galau, 6 Film Bertema Masalah Percintaan yang Sering Terjadi

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You