Comscore Tracker

Usai Putus, Ini 6 Tips Menahan Godaan buat Balikan dengan Mantan Toxic

Biar kamu gak menyesal di akhir

Dihubungi lagi oleh mantan sering bikin hati menjadi goyah. Meski sudah ada kata putus, mungkin saja masih ada perasaan yang tersisa. Bahkan jika mantanmu adalah orang yang toxic, itu bukan jaminan kamu seratus persen langsung melupakannya begitu hubungan asmara kalian sudah kandas. 

Demi kebaikanmu sendiri, menahan godaan buat balikan dengan mantan mesti kamu lakukan biar gak menyesal di akhir. Lakukan keenam tips ini biar kamu gak lagi-lagi tergoda oleh bujuk rayu mantan toxic.

1. Ingatkan dirimu sendiri tentang alasan utama kamu putus dengannya

Usai Putus, Ini 6 Tips Menahan Godaan buat Balikan dengan Mantan ToxicPexels.com/Matt Hardy

Salah satu cara ampuh untuk menahan godaan mantan toxic adalah dengan mengingatkan diri sendiri. Lakukan kilas balik ke masa-masa di mana kalian masih menjadi sepasang kekasih. Lihat secara realistis hubungan kalian yang penuh racun.

Ketika kamu ingat tentang alasan putus dengannya, di saat itulah tekadmu untuk gak balikan akan semakin kuat. 

2. Percayalah bahwa waktumu terlalu berharga untuk dihabiskan dengan orang toxic

Usai Putus, Ini 6 Tips Menahan Godaan buat Balikan dengan Mantan ToxicUnsplash.com/Candice Picard

Keputusan untuk balikan gak menjamin perilaku toxic mantanmu berubah begitu saja. Memberi janji memang mudah, namun mantan belum tentu dapat memegang janji itu.

Ada banyak hal berguna yang bisa kamu lakukan daripada harus mengulangi fase yang sama di mana kamu lebih banyak makan hati. Jangan pernah tegoda untuk balikan. Sayangi dirimu sendiri, ya!

3. Sering-sering kumpul dengan sahabat biar kenangan tentang mantan perlahan terdistraksi

Usai Putus, Ini 6 Tips Menahan Godaan buat Balikan dengan Mantan ToxicPexels.com/Adrienn

Sekelebat kenangan tentang mantan bisa menjebak dan membuatmu ingin balikan. Sekalipun dia toxic, pasti ada segelintir momen yang dulunya bikin kamu bahagia. Kenangan itu mengubah pikiran jadi kurang realistis hingga mungkin membuatmu lupa kalau lebih banyak pahitnya.

Maka dari itu, sering-seringlah kumpul dengan sahabat dan buat momen seru biar kenangan lama jadi terdistraksi. 

Baca Juga: Kapan Kamu Harus Menghapus Nomor Mantan? Ini 5 Saat yang Paling Tepat

4. Fokus pada kemajuan hidup sehingga perlahan eksistensi mantan di pikiranmu kian tergeser

Usai Putus, Ini 6 Tips Menahan Godaan buat Balikan dengan Mantan ToxicPexels.com/Moose Photos

Semasa kalian masih jadian, pikiranmu fokus pada bagaimana upaya yang mesti dikerahkan supaya doi berubah. Sekarang kalian sudah putus, ini saatnya kamu mengubah fokusmu. Lakukanlah banyak kemajuan dalam hidup. Ketika kamu sadar bahwa ada hal yang lebih berguna, eksistensi mantan di pikiranmu pun akan kian tergeser dari hari ke hari. 

5. Semakin dewasa, kamu harus mampu memfilter mana yang layak dipertahankan dan mana yang tidak

Usai Putus, Ini 6 Tips Menahan Godaan buat Balikan dengan Mantan ToxicPexels.com/Sharefaith

Ini juga gak kalah pentingnya, lho. Mau kamu suka ataupun tidak, kamu mesti bisa memfilter mana yang layak dipertahankan dan mana yang sebaliknya. Usiamu kian dewasa, bergaul dengan orang toxic rasanya bukan pilihan bijaksana. Nantinya kamu akan merasakan sendiri kalau gak balikan dengan mantan toxic-mu itu adalah keputusan yang benar. 

6. Ajarkan dirimu untuk belajar sabar dengan cara rehat sejenak dari hubungan asmara

Usai Putus, Ini 6 Tips Menahan Godaan buat Balikan dengan Mantan ToxicUnsplash.com/Radu Florin

Sebaiknya kamu berhenti memaksakan diri untuk menjalin hubungan asmara hanya karena gak ingin merasa kesepian. Baik untuk balikan atau hubungan yang baru, bersabarlah dulu. Rehat sejenak dari percintaan akan menghindarkan kamu dari sikap gegabah. Saat sudah benar-benar siap, lambat laun kamu akan temukan sosok yang lebih baik dari mantan.

Godaan setelah putus bisa datang dari mana saja. Bisa dari mantan yang gencar menghubungi kembali, rasa rindu terhadap mantan, atau alasan lainnya. Kalau hubungan lamamu toxic dan gak layak dilanjutkan lagi, tahanlah godaan buat balikan biar gak menjebakmu. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Diduga Lebih Pilih Balikan Sama Mantan, Kamu Termasuk?

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya