Comscore Tracker

6 Hal yang Kadang Membuatmu Enggan Kumpul Bareng Teman

Daripada menyia-nyiakan waktu, iya gak? 

Ketika ada keinginan untuk kongko-kongko lagi bareng teman-teman, kamu merasa kurang sreg aja dengan mereka karena lebih banyak menyita waktu yang justru lebih berharga untuk kamu gunakan pada hal-hal positif.

Inilah 6 momok yang membuatmu enggan nongkrong bareng mereka. Mendingan jauhi dan hindari, deh!

1. Ketika berkumpul hanya menceritakan tentang orang lain

6 Hal yang Kadang Membuatmu Enggan Kumpul Bareng TemanUnsplash/@wildlittlethingsphoto

Tiap kali ngumpul, yang dibahas hanyalah tentang orang lain. Awalnya biasa saja. Makin lama malah mengarah kepada gosip. Kalau tentang kebaikan, bisa jadi motivasi dan pelajaran berharga. Tetapi lebih kepada hal negatif.

Nah, ini yang parah. Karena apa yang kamu dengar itu belum tentu kebenarannya. Sehingga kamu lebih memilih menghindar jika sudah seperti ini.

2. Membahas sesuatu yang belum tentu ada faedahnya ke depan buat kamu

6 Hal yang Kadang Membuatmu Enggan Kumpul Bareng TemanUnsplash/@neonbrand

Maksudnya gimana? Begini, misalnya tengah ada berita yang lagi viral di media sosial atau pun televisi. Politik, infotainment, kasus korupsi yang memang dapat menyita perhatian sebagian orang.

Kemudian dibahas lagi bersama kamu dan teman-teman, yang secara langsung belum tentu berpengaruh dan memberi manfaat buat kamu. Terlebih lagi tidak ada satu orang pun di antara kalian yang punya kapabilitas tentang hal tersebut. Jadi, hanyalah omong kosong belaka bahkan mengarah kepada perdebatan.

Baca Juga: Lama Gak Ketemu, Ini 5 Pertanda Saatnya Kamu Ngumpul Bareng Sahabat

3. Menghabiskan waktu kosong yang sia-sia

6 Hal yang Kadang Membuatmu Enggan Kumpul Bareng TemanUnsplash/@patriotbarrow

Terkadang waktu luang kamu lebih banyak. Bukan berarti itu adalah kesempatan untuk menghabiskannya bersama teman-teman tanpa ada tujuan yang jelas. Setidaknya gunakanlah waktu kepada hal-hal yang lebih substansial. Kamu bisa, kok mengisinya dengan membaca buku, menulis atau melatih keterampilan lainnya.

4. Membicarakan hal penting namun tidak ada tindak lanjutnya

6 Hal yang Kadang Membuatmu Enggan Kumpul Bareng TemanUnsplash/@officestock

Membicarakan hal-hal yang penting tentulah baik. Apalagi untuk kemaslahatan sesama. Why not? Tetapi, pembicaraan tersebut hanya akan menjadi ocehan semata jika tidak memberi dampak pada tindakan yang nyata. Alhasil, semua berlalu begitu saja tanpa ada satu pun tujuan yang dapat diwujudkan.

5. Berulangkali mendiskusikan masalah serupa

6 Hal yang Kadang Membuatmu Enggan Kumpul Bareng TemanUnsplash/@daoud_absm

Setiap bertemu dan berkumpul, diskusi yang dilakukan oleh teman-teman hanyalah berfokus pada satu topik saja sehingga perlahan-lahan kamu mulai merasa bosan. Meskipun tidak berada dalam sebuah forum yang formal. Paling tidak, bahaslah hal-hal beragam bersama teman-teman kamu yang dapat menambah khazanah pengetahuan kalian.

6. Kesempatan tidak seperti dulu lagi

6 Hal yang Kadang Membuatmu Enggan Kumpul Bareng TemanUnsplash/judebeck

Saat masih sendiri. Kebebasan bergaul dengan teman-teman, mungkin lebih leluasa. Kini semuanya telah berubah. Terlebih lagi jika kamu orang yang sudah berumah tangga. Secara pelan-pelan perhatian kamu akan terbagi. Bahkan kamu lebih memfokuskan diri bersama keluarga sebagai prioritas.

Sekarang kamu tahu, kalau waktu sangatlah berharga. Iya gak? Maka patutlah kamu menggunakannya bersama teman-teman dengan sebaik mungkin. Bukan merasa sudah benar, ya! Agar kamu tidak jatuh pada sesuatu yang sia-sia belaka. Termasuk saat kamu nongkrong. Oke?

Baca Juga: 5 Tips Rencanakan Liburan Bareng Teman Biar Gak Cuma Sekadar Wacana

Nurkamal Photo Community Writer Nurkamal

Salam Semangat Follow : @nurkamaljuly27

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You