Comscore Tracker

Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Memutuskan Menjalin Hubungan Beda Usia

Jangan ambil pusing perkataan orang lain!  

Dalam menjalin hubungan asmara, perbedaan usia kadang selalu menjadi bahan pertimbangan. Terlebih lagi jika perbedaannya terpaut jauh. Meskipun usia gak menentukan tingkat dewasa seseorang, tapi gak jarang juga memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam hubungan.

Alhasil penting bagi kamu mempersiapkan berbagai hal sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki perbedaan usia cukup jauh, bisa lebih muda atau sebaliknya. Nah, kamu bisa simak informasi berikut untuk tipsnya!

1. Pastikan komunikasi berjalan baik dan bersiap untuk komentar orang lain  

Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Memutuskan Menjalin Hubungan Beda UsiaIlustrasi pasangan (Pexels.com/daniyal ghanavati)

Perbedaan usia seringkali memengaruhi hubungan. Ketika kamu dan pasanganmu terpaut usia yang cukup jauh, maka harus siap menerima bahwa kehidupan kalian cukup berbeda. Selain itu, kamu juga harus siap dengan respon orang-orang sekitar. Dilansir dari Verywellmind, Mialauni Griggs, ALMFT, seorang rational therapist, mencatat bahwa, terdapat banyak pertanyaan besar yang kerap muncul dari orang-orang dalam hubungan beda usia tersebut.

Griggs menekankan pentingnya untuk memperkuat komunikasi antar pasangan. Misalnya, percakapan yang berkelanjutan mengenai prioritas dan harapan yang diambil, serta tetap terbuka untuk mendengarkan satu sama lain.

Kamu dan pasangan perlu untuk gak melupakan jalur masing-masing yang bisa memengaruhi hubungan kalian. Sehingga, komunikasi yang berjalan baik sangatlah penting, agar gak salah paham dan bisa saling menguatkan.

2. Pastikan kalian memiliki tujuan yang sama  

Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Memutuskan Menjalin Hubungan Beda Usiailustrasi jari bertautan (pexels.com/jasmine carter)

Sebelum kamu memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki perbandingan usia cukup jauh, maka harus memantapkan diri dengan menanyakan berbagai hal terlebih dahulu. Tanyakan pada dirimu terkait tujuan di masa depan, bagaimana cara memperkenalkannya dengan teman dan orangtua, dan sebagainya.

“Jika kamu ingin hubungan jangka panjang, maka pastikan nilai, moral, serta tujuan hidup sesuai,” ujar Laura Bilotta, seorang pakar kencan dan hubungan, dikutip dari INSIDER.

Bilotta juga menambahkan bahwa, kamu perlu mempertimbangkan akan seperti apa hubungan nantinya. Terlebih lagi jika kamu memiliki rentang usia yang terpaut sangat jauh dengan pasangan. Jika kalian sudah setuju dengan hal-hal besar, maka untuk hal kecil lainnya bukan menjadi sesuatu yang perlu dipikirkan.

3. Ketahui cara mengatasi perbedaan minat  

Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Memutuskan Menjalin Hubungan Beda Usiailustrasi perbedaan minat (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Gak bisa dipungkiri bahwa perbedaan usia yang cukup jauh akan berpengaruh pada minat seseorang. Sehingga, gak jarang akan sedikit menimbulkan percekcokan. Misalnya, kamu dan pasangan memiliki selera musik yang berbeda dan kalian gak bisa mengerti satu sama lain. Dilansir dari INSIDER, Jill A. Murray, seorang psikoterapis menyebutkan bahwa, untuk mengatasi perbedaan tersebut, sebaiknya kalian memiliki teman yang memiliki minat serupa.

Meskipun terlihat sederhana, tapi hal tersebut juga patut diperhatikan agar kalian bisa lebih nyaman. Pasalnya, jika dibiarkan akan ada sesuatu yang mengganjal dan cukup mengganggu hubungan. Sehingga, penting untuk saling menghargai dan memahami satu sama lain.

Baca Juga: 5 Keunggulan Zodiak Taurus di Hubungan Asmara, Komitmen Tingkat Tinggi

4. Pastikan dinamika hubungan setara  

Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Memutuskan Menjalin Hubungan Beda Usiailustrasi pasangan bahagia (pexels.com/J Carter)

Perbedaan usia yang terpaut jauh kerap kali menciptakan hubungan yang kurang baik. Sosok yang lebih tua cenderung ingin memiliki kekuasaan lebih bagi pasangannya. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan memberikan dampak kurang baik untuk hubungan. 

Murray menyebutkan bahwa, penting bagi setiap pasangan untuk menghindari menjadi ‘ibu’ bagi yang lain, terlepas dari siapa yang lebih tua. Sebaiknya, sosok yang lebih tua berusaha untuk mencoba menahan diri, karena secara gak sadar seringkali suka memegang kekuasaan atas pasangan yang lebih muda.

5. Jangan jadikan perbandingan usia jadi fokus utama  

Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Memutuskan Menjalin Hubungan Beda Usiailustrasi pasangan saling menyayangi (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Terlalu fokus pada perbandingan usia yang terpaut jauh akan memengaruhi hubunganmu. Dilansir dari INSIDER, Lauren Schumacker, seorang penulis untuk topik kesehatan dan hubungan menyebutkan bahwa, mempertimbangkan perbedaan usia dalam suatu hubungan adalah hal yang baik. Namun, hal tersebut akan jadi buruk jika itu bukan jadi suatu permasalahan.

Artinya, kamu boleh saja mempertimbangkan hal tersebut, jika terdapat permasalahan yang cukup mengganggu dan berpengaruh pada hubungan. Tetapi, jangan sampai perbedaan usia menjadi fokus utama hingga kamu lupa hal lain yang jauh lebih penting. Misalnya, mengenai tujuan menjalin hubungan, rencana di masa depan, dan sebagainya.

Menjalin hubungan asmara dengan seseorang yang memiliki perbedaan usia cukup jauh, mungkin akan terasa cukup berat. Sehingga, perlu melakukan persiapan yang matang agar bisa berhasil. Namun perlu diingat bahwa, kunci utama dari keberhasilan suatu hubungan adalah kerja sama yang baik antara kamu dan pasangan, jadi jangan terlalu fokus pada perbedaan tersebut, ya!

Baca Juga: 5 Keunggulan Pisces dalam Hubungan Asmara, Romantis dan Berkomitmen

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya