Comscore Tracker

Jangan Bicarakan 5 Topik Ini saat First Date, Bisa Gagal PDKT!

Ketahui biar berhasil merebut hatinya

First date atau kencan pertama adalah langkah awal untuk berkenalan dengan pasangan. Pada momen tersebut, kamu harus menunjukkan pribadi terbaik untuk memberikan kesan yang gak terlupakan.

Sayangnya, banyak orang yang gagal dalam hubungannya karena kesan saat kencan pertama yang buruk. Biar kamu gak gagal PDKT juga, yuk simak lima topik yang sebaiknya kamu gak bicarakan pada momen first date di bawah ini.

1. Jangan bahas tentang mantan

Jangan Bicarakan 5 Topik Ini saat First Date, Bisa Gagal PDKT!Ilustrasi berbincang dengan pasangan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Larangan keras buat kamu di first date buat membahas mantan. Dikutip DatingAdvice, Hunt Ethridge, seorang co-founder dan CMO dari MatchmakingAcademy.com, menyebutkan bahwa membicarakan mantan dalam kencan pertama itu termasuk red flag. Hal tersebut menunjukkan jika kamu belum siap untuk menjalin hubungan baru dan masih belum move on dari si mantan.

Bahas mantan di kencan pertama juga hanya akan membuat kamu terlihat cinta mati sama dia dan gak bisa lupain dia. Alih-alih membicarakan mantan, lebih baik kamu mencari topik baru untuk lebih mengenal teman kencan kamu.

2. Jangan bahas hari-hari buruk kamu

Jangan Bicarakan 5 Topik Ini saat First Date, Bisa Gagal PDKT!Ilustrasi berbincang dengan pasangan (unsplash.com/Brooke Cagle)

Membicarakan hari-hari buruk yang kamu lalui hanya akan membawa mood dan suasana yang buruk pula. Dilansir ScienceofPeople, Vanessa Van Edwards, seorang Lead Investigator, mengungkapkan bahwa dengan membicarakan hari-hari buruk yang kamu alami di tempat kerja, akan membuat teman kencanmu menangkap hal-hal negatif dan merasa kesal.

Perlu diingat, first date itu buat memulai sesuatu yang baru dan sudah seharusnya kamu merasa bersemangat. Daripada harus menceritakan hari-hari burukmu, lebih baik kamu bertanya tentang apa saja kegiatan yang dilakukan oleh teman kencanmu.

Setelah itu, kamu bisa menimpalinya dengan sesuatu yang membangun dan positif, seperti pertanyaan, apa hal yang dia sukai terkait dengan pekerjaannya. Kemudian, kamu bisa memberikan apresiasi serta reaksi positif terhadap hal-hal yang dia lakukan tersebut.

3. Jangan bertanya sesuatu yang terlalu pribadi

Jangan Bicarakan 5 Topik Ini saat First Date, Bisa Gagal PDKT!Ilustrasi berbincang dengan pasangan (unsplash.com/JD Mason)

Hal yang wajar, jika kamu merasa penasaran dengan teman kencanmu. Namun, sebaiknya hindari untuk bertanya sesuatu yang terlalu pribadi ketika first date. Hunt Ethridge menyebutkan bahwa tujuan dari first date itu sangat sederhana, yakni untuk bisa melakukan kencan kedua.

Sehingga, sebaiknya hindari untuk menginterogasinya dengan berbagai pertanyaan yang terlalu personal. Untuk dapat tercipta sebuah kencan kedua, maka kamu harus bisa menunjukkan pribadi yang baik dan berkesan.

Jangan terlalu cepat ingin tahu banyak tentang teman kencamu. Lakukanlah secara perlahan di kencan-kencan berikutnya, ketika dia merasa nyaman dengan kamu. Jadi, kamu gak usah bertanya terlalu jauh tentang hal tersebut.

Baca Juga: 5 Ide Kencan saat Malam Hari di Rumah, Sederhana dan Menyenangkan

4. Hindari pembahasan mengenai sosial media pasanganmu

Jangan Bicarakan 5 Topik Ini saat First Date, Bisa Gagal PDKT!Ilustrasi dating dengan pasangan (unsplash.com/René Ranisch)

Media sosial mungkin merupakan platform yang memperkenalkan kamu dengan dia. Namun, ketika first date sebaiknya hindari membahas atau membandingkan teman kencanmu ketika di media sosial.

Dikutip MensHealth, Jorn Kaspuhl dan Steve Calechman mengatakan untuk jangan bertanya mengenai segala hal yang terlihat dan yang dia lakukan di media sosial sebelum dia menyebutkannya sendiri. Hal lain yang perlu dihindari, jangan pernah membandingkan fisiknya dengan apa yang kamu lihat di sosial media, karena itu tidak sopan.

Daripada harus membahas media sosial teman kencanmu, akan lebih baik jika kamu mengabadikan momen bersamanya. Namun, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu dan jangan buat dia merasa gak nyaman, ya!

5. Jangan bahas status

Jangan Bicarakan 5 Topik Ini saat First Date, Bisa Gagal PDKT!Ilustrasi dating dengan pasangan (unsplash.com/DocuSign)

Hal terakhir yang mungkin masih banyak yang gak sadar yaitu, jangan pernah bertanya alasan kenapa teman kencanmu masih single. Hunt Ethridge menyampaikan, bahwa bertanya status kepada teman kencanmu sama dengan bertanya kepada dokter "kenapa kamu gak sehat".

Kamu gak tahu hal apa yang dialami oleh teman kencanmu. Mungkin saja dia pernah mengalami hal buruk dan menjadikannya enggan untuk berhubungan selama beberapa waktu, kan? Dengan bertanya masalah status, kamu hanya akan membuka luka lamanya dan membuat pandangan dia terhadapmu jadi terlihat buruk.

Itulah beberapa topik pembicaraan yang sebaiknya dihindari ketika first date. Kunci utama suksesnya kencan pertama adalah memastikan kamu dan teman kencanmu merasa nyaman satu sama lain.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Kencan meski Jadwalmu Padat dan Sibuk

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Masuk Sastra Inggris gara-gara suka Zayn Malik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya