Comscore Tracker

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubungan

Jangan gegabah sebelum memutuskannya

Setiap pasangan pasti selalu berusaha menjaga komitmen satu sama lain tanpa mengharapkan kata perpisahan. Kenyataannya, memang tak ada hubungan yang selalu berjalan dengan mulus. Perselisihan karena perbedaan pendapat ataupun perbedaan kepribadian mungkin menjadi hal yang paling sering membuat pasangan mulai berpikir untuk mengakhirinya. 

Namun, mengakhiri hubungan tanpa keputusan yang bijak akan membuat penyesalan kedepannya. Untuk menghindarinya, ini 7 pertanyaan yang sebaiknya kamu tanyakan pada dirimu sendiri sebelum mengakhirinya.

1. Apakah kamu masih mencintainya?

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubunganunsplash.com/@davidsthephotographer

Cinta tak hanya tentang perasaan, namun juga komitmen. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk meninggalkannya, tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu masih mencintainya? Apakah kamu masih merasa bahagia saat dengannya? Jika iya, sebaiknya kamu harus memikirkannya dengan bijak sebelum kamu menyesal melepaskannya.

2. Apakah dia masih mencintaimu?

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubunganunsplash.com/@rcjphoto

Di sisi yang lain kamu juga harus memastikan apakah dia juga masih mencintaimu? Apakah dia masih memperlakukanmu seperti pertama kamu memulai hubungan dengannya? Namun jika kamu merasa dia sudah berbeda, itu pertanda jika kamu harus melepaskannya.

3. Apakah hubunganmu memberikan efek positif pada hidupmu?

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubunganunsplash.com/@evertonvila

Coba kamu ingat kembali, apakah selama ini dia memberikan dampak positif pada hidupmu? Jika iya, kamu harus berpikir kembali untuk meninggalkan seseorang yang bisa membuat hidupmu lebih baik. Namun jika sebaliknya, dia bukan orang yang pantas untuk kamu pertahankan.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Boleh Dipaksakan pada Pasangan, Bahaya Hubungan Putus

4. Apakah kamu masih merasa bahagia saat bersama dengannya?

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubunganunsplash.com/@priscilladupreez

Di dalam suatu hubungan, tentunya berada dengannya merupakan waktu-waktu yang paling membahagiakan, bahkan kamu akan mencari berbagai cara untuk bisa bertemu dengannya. Jadi, apakah kamu masih merasa senang saat dengannya? 

5. Mengapa kamu ingin mengakhiri hubunganmu?

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubunganthemodernman.com

Hal yang paling penting sebelum kamu mengakhiri hubunganmu yaitu alasan mengapa kamu ingin mengakhirinya. Jika kamu ingin mengakhirinya hanya karena perkelahian kecil, sebaiknya kamu mencoba untuk saling introspeksi diri daripada menyesal karena mengakhirinya. Buatlah keputusan saat kamu tidak dalam emosi yang masih tinggi.

6. Coba ingat kembali mengapa kamu menerimanya atau memilihnya saat itu?

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubunganunsplash.com/@alvinmahmudov

Boys, apa yang membuatmu memilihnya untuk menjadi pasanganmu? Sebaliknya girls, apa yang membuatmu menerimanya untuk menjadi pasanganmu? Sebelum kalian ingin mengakhirinya coba untuk mengingat kembali alasan itu. Mungkin dengan mengingat betapa besar kalian saling mencintai, bisa membuat hubunganmu menjadi kuat kembali tanpa harus menyesal karena mengakhirinya.

7. Apakah kamu siap melihat dia pergi?

7 Pertanyaan untuk Dirimu Sendiri Sebelum Mengakhiri Hubunganunsplash.com/@kalvisuals

Pertanyaan terakhir yang paling penting yaitu, apakah kamu sanggup  dan siap untuk merelakannya pergi dari hidupmu, bahkan untuk selamanya? Karena ketika sekali kamu melepaskannya, belum tentu dia akan menerimamu kembali pada hidupnya.

Itulah pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu kamu lontarkan pada dirimu sendiri sebelum kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan. Jawablah semua pertanyaan di atas dengan tulus dan jujur agar kamu tak menyesal nantinya.

Baca Juga: 5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira Normal

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You