Comscore Tracker

Saatnya Resolusi Hati, Ini 5 Cara Logis Membunuh Perasaan pada Mantan

Jangan kelamaan berkabung, move on yuk! 

Hubungan yang putus membuat kebanyakan orang seakan mati rasa. Harapan hidup bagaikan sirna seiring dengan kehilangan pasangan. Secara logis, kamu sebenarnya tidak perlu mendramatisir kesedihan ini. Kamu perlu move on dari mantan agar bisa melanjutkan masa depanmu.

Saatnya kamu meresolusi hati agar perasaanmu menjadi lebih stabil. Berikut beberapa cara logis yang perlu dilakukan untuk membunuh perasaan dan melupakan kenangan mantan. Simak yuk! 

1. Beri otakmu waktu untuk berkabung

Saatnya Resolusi Hati, Ini 5 Cara Logis Membunuh Perasaan pada MantanPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Jangan pernah memaksakan perasaan, otakmu butuh waktu untuk berkabung. Secara logis, perpisahan mempengaruhi otakmu hingga berdampak pada beban pikiran. Penderitaan psikologis oleh pasangan lebih memicu stres dari pada ditinggalkan oleh teman atau keluarga.

Kamu perlu waktu untuk bisa menerima semuanya. Tak perlu menghilangkan ingatan agar kamu lupa akan rasa sakit, biarkan waktu membantumu menyembuhkan rasa sakit.

2. Stop menangisi masa lalu, mulai perbaiki diri

Saatnya Resolusi Hati, Ini 5 Cara Logis Membunuh Perasaan pada MantanPexels.com/Austin Guevara

Kamu akan merasa kehilangan ketika kamu lebih banyak mengingat masa lalu. Sebaiknya, jangan meromantisasi kesedihanmu dengan membiarkan pikiranmu dihantui rasa kehilangan. Lebih baik kamu mengingat kesalahan apa yang membuat hubunganmu gagal.

Buat list penyebab kegagalanmu, lalu jadikan semua pelajaran di hubungan yang baru nanti. Sibukkanlah dirimu dengan memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas diri sendiri.

Baca Juga: Move On, Ini 5 Tips Dapatkan Pengganti Mantan yang Jauh Lebih Baik

3. Tolak kesempatan berteman dengan mantan

Saatnya Resolusi Hati, Ini 5 Cara Logis Membunuh Perasaan pada MantanPixabay.com/Free Photos

Biasanya, mantan akan tetap menghubungimu dengan alasan tetap menjaga silaturahmi. Secara logis, pikiran dan hatimu belum stabil. Lebih baik jika kamu menolak pertemanan itu dengan alasan apapun.

Jangan menipu diri sendiri dengan harapan yang mungkin saja kamu tanamkan dalam hubungan pertemanan. Menjalin hubungan dengan mantan setelah putus akan memberikan lebih banyak rasa sakit. 

4. Stabilkan kekacauan emosional dan perasaan

Saatnya Resolusi Hati, Ini 5 Cara Logis Membunuh Perasaan pada MantanPexels.com/Free Stock

Kamu perlu membereskan kekacauan emosional dan perasaan dengan kegiatan produktif. Terlebih dahulu, hapus segala kenangan apapun, mulai dari chat hingga foto romantis. Setelah itu, pergi sejenak untuk menjalankan hobi. 

Kamu bisa menghibur diri dengan liburan bersama teman atau ikut komunitas yang sesuai passion-mu. Dengan begitu, kesibukanmu akan meminimalisir risiko melamun. Kamu perlu tahu bahwa menikmati hobi adalah cara untuk menikmati hidup. 

5. Mulai menentukan gairah hidup baru

Saatnya Resolusi Hati, Ini 5 Cara Logis Membunuh Perasaan pada MantanPexels.com/Kha Ruxury

Langkah terakhir, kamu perlu melanjutkan hidupmu. Kamu butuh gairah baru untuk masa depan cintamu. Belajarlah terbuka untuk menerima orang lain. Jangan tutup hatimu, akan lebih baik jika kamu mulai menemukan orang yang memiliki tujuan yang sama.

Sadarlah bahwa mantanmu bukan satu-satunya pasangan terbaik. Ada banyak pasang mata yang mungkin saja dia itu jodoh yang sesungguhnya. Hidup itu perjalanan, jadi temukan orang yang tepat untukmu. 

Mulai sekarang, lupakan mantan dan belajarlah move on. Hidup tak usah banyak drama, tak perlu juga diromantisasi. Temukan dia yang benar-benar milikmu. 

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Polemik yang Bikin Hubungan Rusak di 1 Tahun Hubungan

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya