Comscore Tracker

5 Fase Cinta yang Bakal Dilalui Setiap Pasangan, Kamu di Tahap Mana?  

Pastikan kamu bisa melewati setiap fasenya dengan baik

Menemukan pasangan yang tepat bukan hal yang mudah dan instan. Ada beberapa fase  yang perlu kamu lewati sebelum memutuskan bahwa dia benar-benar cinta sejatimu. Dari cinta pandangan pertama hingga siap berkomitmen, fase-fase cinta ini pasti dialami oleh setiap pasangan.

Jika kamu berhasil melewati semua fase ini, kamu dinyatakan lulus ujian cinta. Berikut beberapa fase-fase dalam percintaan yang perlu dipahami dengan baik. 

1. Fase cinta saling mengagumi

5 Fase Cinta yang Bakal Dilalui Setiap Pasangan, Kamu di Tahap Mana?  Pexels.com/Jcarter

Di awal hubungan, hatimu akan bersemi saat bertemu orang yang dianggap istimewa. Pada fase awal ini, hatimu dipenuhi bunga-bunga dan masih merasakan manisnya hubunganmu. Sikapmu masih terlihat canggung dan penuh kehati-hatian.

Pada awal hubungan ini, cintamu masih dalam tahap mengagumi dan memuji pasanganmu.

2. Fase cinta mulai memberikan kenyamanan

5 Fase Cinta yang Bakal Dilalui Setiap Pasangan, Kamu di Tahap Mana?  Pixabay.com/Free Photos

Setelah berbulan-bulan berlalu, cintamu akan menghadapi fase kenyamanan. Dalam fase ini, kedua pasangan saling merasa nyaman dan mulai mengerti satu sama lain. Meskipun belum sepenuhnya terbuka, komunikasi di antara kamu mulai didasari kejujuran.

Kamu merasakan hubungan yang lebih sering tertawa dan terjalin semakin kompak. Mulai berbagi pikiran dan perasaan satu sama lain. Untuk menjaga hubungan tetap baik, diperlukan quality time sesering mungkin. 

Baca Juga: 4 Karakter Seseorang dalam Percintaan Berdasarkan Urutan Kelahirannya

3. Fase cinta mulai dibumbui pertengkaran

5 Fase Cinta yang Bakal Dilalui Setiap Pasangan, Kamu di Tahap Mana?  rolograma.com

Semakin kuat perasaan, semakin kuat pula tantangan yang perlu kamu hadapi dalam hubungan. Menginjak setahun, hubunganmu akan dibumbui dengan pertengkaran. Satu sama lain mulai mengeluh dan menuntut untuk diperhatikan.

Rutinitas pekerjaan sehari-hari sering kali membuat pasanganmu cemburu hingga memunculkan percikan api kemarahan. Dalam fase ini, kamu mulai dituntut mengerti tentang kehidupan yang dijalani pasanganmu. Sebaiknya, satu sama lain saling mengerti tentang kesibukan masing-masing. 

4. Fase cinta merekat semakin kuat

5 Fase Cinta yang Bakal Dilalui Setiap Pasangan, Kamu di Tahap Mana?  Pexels.com/Orione Conceicao

Setelah berhasil melewati tahun pertama, satu sama lain bisa saling memahami diri pasangannya. Perjalanan cinta yang dilalu selama ini membuat cintamu semakin merekat kuat. Pada fase ini, kamu sudah memikirkan bahwa dia sangat berarti bagi hidupmu.

Terkadang hal konyol dan kenangan masa lalu menambah kekuatan cinta kalian. Kamu melewati banyak kebahagiaan hingga kesedihan, sehingga kamu yakin akan hubungan dengan dia. Waktu membuat cintamu semakin hebat. 

5. Fase cinta siap berkomitmen

5 Fase Cinta yang Bakal Dilalui Setiap Pasangan, Kamu di Tahap Mana?  Pixabay.com/Pingophotoseeventos

Setelah melewati keempat fase tersebut, tibalah dalam fase cinta siap berkomitmen. Kalian berhasil menjadi satu tim yang didasari oleh cinta. Kenyamanan mulai menguat dan perasaan tidak bisa hidup tanpanya memenuhi hati masing-masing.

Kamu bisa menerima dia apa adanya dan menerima banyak pengorbanan cinta. Di tahap ini, setiap pasangan siap untuk berkomitmen dengan melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Kamu bisa menganggapnya orang paling berarti dalam hidup. 

Nah, beberapa fase ini akan dilalui oleh setiap pasangan yang menjalin hubungan. Tidak ada cinta datang tiba-tiba, cinta yang sejati butuh perjuangan dan pengorbanan satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Tanda Logis Bahwa Kamu Sudah Dewasa dalam Menjalani Sebuah Hubungan

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya