Comscore Tracker

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Mencintai Seorang Psikopat

Tetap hati-hati dan sifatnya dengan baik

Psikopat merupakan hal yang masih dianggap menakutkan dalam kehidupan. Kita bahkan penasaran bagaimana seorang psikopat bisa jatuh cinta. Jika kamu mengetahui bahwa pasanganmu seorang psikopat, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Meskipun para ahli psikologis menyebutkan bahwa seorang psikopat bisa jatuh cinta, namun ada perbedaan cara mereka berkomunikasi. Cara seorang psikopat mengutarakan cinta, bersedih hingga empati mungkin itu dianggap penting. Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mencintai seorang psikopat. 

1. Psikopat bisa mencintai orang lain

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Mencintai Seorang PsikopatPixabay.com/Pexels2013

Dalam ilmu psikologi, ada beberapa tingkatan yang membuat seseorang dianggap psikopat parah atau ringan. Namun, mereka juga bisa merasakan jatuh cinta. Sama seperti orang yang normal, psikopat bisa merasakan kesedihan dan memiliki rasa ingin dicintai.

Perbedaannya ada pada cara mereka mengkomunikasikan perasaan. Sulit sekali untuk membangun sebuah hubungan, sedangkan mereka tidak cukup kuat untuk memiliki ikatan emosional dan perasaan empati. Bahkan mereka memiliki kesulitan untuk terbuka dengan perasaannya. 

2. Hubungan didasari oleh kepercayaan

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Mencintai Seorang PsikopatPexels.com/JasmineWalaceC

Setiap penderita psikopat yang jatuh cinta, berjuang keras membangun ikatan emosional yang kuat dengan pasangannya. Mereka mendasari sebuah hubungan atas dasar kepercayaan. Mereka percaya pada orang yang dicintainya, tetapi jika kamu mematahkan kepercayaannya, kamu perlu hati-hati. Seorang psikopat akan bersifat egois dan mementingkan diri sendiri. Mereka bisa memanipulasi dirimu hingga keinginan mereka tercapai. 

3. Jangan berharap dukungan emosional

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Mencintai Seorang PsikopatPixabay.com/Takmeomeo

Seorang psikopat cenderung memiliki perasaan yang datar. Dia tidak pernah merasa takut bahkan tertekan. Jika kamu mengharapkan dukungan emosional dan empati pada pasanganmu, hal ini tak akan kamu dapat dari seorang psikopat. Mereka tidak memiliki empati bahkan tidak merasakan emosi sendiri. Mereka akan melakukan hal yang hanya diinginkan, bukan karena ikatan emosional ataupun empati. 

Baca Juga: 5 Ciri Pasanganmu Merupakan Seorang Psikopat, Hati-hati Ya!

4. Lebih suka hubungan jangka pendek

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Mencintai Seorang PsikopatPexels.com/Burst

Menjalin hubungan jangka pendek? Inilah yang harus kamu waspadai. Seorang psikopat cenderung tidak tertarik untuk melanjutkan hubungan dalam jangka panjang hingga berakhir di pelaminan. Mereka lebih mementingkan diri sendiri dan terlalu memikirkan risiko. Hal inilah yang menyebabkan seorang psikopat sulit sekali menemukan pasangan yang cocok. 

5. Dia pandai membaca pikiranmu

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Mencintai Seorang Psikopatpexels.com/trinity kubassek

Membaca pikiran orang lain merupakan hal yang mudah bagi seorang psikopat. Mereka juga bisa membaca niat seseorang hingga lebih waspada. Kamu mudah sekali dimanipulasi oleh pasanganmu jika dia seorang psikopat. Mereka pandai menarik seseorang hingga percaya sepenuhnya terhadap mereka. Dalam mencapai yang diinginkan, mereka mengabaikan dampaknya pada orang lain. 

6. Perasaan dia bisa berubah dengan cinta

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Mencintai Seorang Psikopatpexels.com/artem

Keajaiban cinta dapat mengubah segalanya, bahkan berlaku pula untuk seorang psikopat. Kamu bisa mengubah perilaku pasangan psikopatmu selama kamu memotivasinya. Cinta dan kasih sayang yang kamu miliki bisa membuat pasangan psikopatmu merasakan empati. Dengan komunikasi yang positif, kamu bisa mengajarkannya berinteraksi dengan orang lain. Kamu harus berusaha agar cinta yang kamu berikan membuat dia lebih baik. 

Nah, beberapa hal ini harus kamu pahami dengan baik sebelum memutuskan mencintai seorang psikopat. Jika kamu memiliki niat tulus dan keyakinan yang kuat, kamu bisa mengubah perilakunya. Namun, tetap hati-hati dan pahami sifatnya, ya. 

Baca Juga: 6 Tanda-tanda Kamu Pacaran Dengan Seorang Psikopat 

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You