Comscore Tracker

5 Sifat Jelek Pasangan yang Suka Cemburu Berlebihan

#AdaCinta Tanda cinta gak harus ditunjukkan lewat cemburu yang berlebihan

Kata orang, cemburu adalah tanda cinta. Kalau dalam sebuah hubungan, tidak pernah ada yang namanya cemburu berarti cintanya perlu dipertanyakan lagi. Tapi cemburu yang merupakan tanda cinta hanya berlaku jika cemburunya dalam batas kewajaran.

Kalau berlebihan, sampai sekadar ngobrol dengan lawan jenis saja dicemburui, kamu perlu waspada. Cemburu berlebihan dapat mengindikasikan ada yang salah dengan pasanganmu. Kalau pasanganmu terlalu cemburuan, bisa jadi karena dia punya sifat jelek di bawah ini.

1. Egois

5 Sifat Jelek Pasangan yang Suka Cemburu Berlebihanhttp://kenh14.vn

Kalau berteman dengan lawan jenis membuat pacarmu cemburu padahal pertemanan kalian biasa saja, mungkin karena pacarmu egois. Alih-alih ia membela diri dengan mengatakan takut kehilanganmu, padahal sebenarnya ia sedang memaksakan egonya padamu.

Dia ingin memuaskan egonya sendiri, ia ingin membuat posisinya aman sebagai pacarmu dengan melarangmu berteman dengan lawan jenis. Padahal seharusnya dia tahu kalau kamu juga punya kehidupan sendiri bahkan sebelum bersama dia. Kalau kamu terlalu menurutinya, bisa-bisa dia akan memaksakan hal yang lain lagi.

2. Belum dewasa

5 Sifat Jelek Pasangan yang Suka Cemburu Berlebihanhttp://www.kstreetmanila.com

Yup. Cemburu berlebihan adalah tanda bahwa pasanganmu belum dewasa. Kalau pacarmu sudah dewasa, ia akan mencoba mengerti bahwa kamu memiliki kehidupan pribadi. Dibandingkan marah atau melarang karena kamu punya teman lain, dia akan berusaha untuk akrab dengan temanmu.

Jika pasanganmu sudah dewasa, ia juga akan merasa malu untuk bersikap cemburu berlebihan tanpa alasan. Ingat, tanda bahwa seseorang sudah dewasa adalah ia harus tahu alasan dari setiap perbuatannya.

3. Tidak bisa berkomitmen

5 Sifat Jelek Pasangan yang Suka Cemburu Berlebihanhttps://www.inquisitr.com

Kalau dia bilang bahwa ia sudah sangat mencintaimu, serius dengan hubungan kalian dan ingin berkomitmen sama kamu makanya cemburu berlebihan, jangan percaya. Justru karena dia sudah berkomitmen sama kamu, dia harusnya sudah percaya padamu.

Kamu hanya bisa berkomitmen dalam sebuah hubungan jika sudah sama-sama percaya juga mengerti kebutuhan masing-masing. Kalau dia cemburu berlebihan dan mencari pembenaran karena sebuah komitmen, sebenarnya ia sedang memaksakan kamu untuk membuatnya merasa aman, karena dia merasa ‘belum aman’ denganmu dan hubungan kalian.

4. Terlalu posesif

5 Sifat Jelek Pasangan yang Suka Cemburu Berlebihanhttp://www.kpopchannel.tv

Cemburu berlebihan bukan tanda cinta ya. Cemburu hanya karena kamu punya teman atau mengobrol dengan lawan jenis, cemburu setiap kamu pergi dengan sahabat karena merasa dianggap tidak penting bukan hal yang wajar.

Ketika kamu memilih untuk menjalin hubungan sebuah hubungan, kamu harus sadar bahwa kalian dua orang yang berbeda dan memiliki kehidupan masing-masing. Kalau setelah pacaran dia jadi mengaturmu, juga tidak membiarkanmu bergaul dengan lingkungan sekitar karena itu membuatnya cemburu, kamu harus hati-hati.

Cemburu berlebihan bisa jadi tanda kalau pasanganmu terlalu posesif yang lama-kelamaan akan membuatmu merasa tertekan. Kalau kamu turuti, bisa-bisa kehidupan sosialmu malah jadi kacau.

5. Tidak percaya diri

5 Sifat Jelek Pasangan yang Suka Cemburu Berlebihanhttps://www.pinterest.com

Tidak percaya diri sebenarnya bukan sifat yang benar-benar bisa dikatakan sifat jelek tapi jelas bahwa tidak percaya diri bukan sifat yang bagus. Bisa jadi pasanganmu cemburu karena ia takut kamu diambil orang lain karena dia selalu merasa tidak pantas untukmu.

Padahal sih menurutmu, dari awal kamu memilih dia karena punya sesuatu yang spesial. Yang menyebalkan dari pencemburu adalah kamu jadi harus terus-menerus meyakinkannya bahwa kamu tidak melakukan hal yang aneh.

Kamu juga tidak bisa menyalahkan rasa cemburunya dan merasa bersalah sekaligus. Hidupmu akan jadi lebih rumit untuk menjaga perasaannya.

Nah, semoga pasanganmu tidak seperti yang disebutkan di atas ya.

Ruuru Photo Community Writer Ruuru

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You