Comscore Tracker

Ingin Pertemanan Awet? Coba 5 Tips Sederhana Ini

Walau hal kecil tapi bermakna besar, lho #IDNTimesLife

Kehidupan seorang manusia rasanya sangatlah hambar bila tak ada sosok teman. Dunia pertemanan pun nyatanya tak semudah yang dipikirkan, ada manis pahit yang harus dilalui selama menjalin hubungan.

Untuk menjaga selalu hubungan pertemanan, dibutuhkan berbagai sikap yang harus diterapkan agar pertemanan selalu terjaga. Semakin dewasa seseorang, semakin sadar pula betapa pentingnya kehadiran sosok teman tersebut.

Nah, untuk menjaganya selalu, berikut lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan kapan saja untuk menjaga hubungan pertemananmu. Simak baik-baik, ya!

1. Menanyakan kabar hari ini

Ingin Pertemanan Awet? Coba 5 Tips Sederhana Iniilustrasi menanyakan kabar (unsplash.com/@freestocks)

Terdengar sepele dan mungkin masih jarang orang yang melakukannya. Namun, menanyakan kabar adalah suatu hal yang begitu penting. Kesampingkan ego dan rasa gengsi, cobalah sekali-kali menghubungi teman dan menanyakan bagaimana kabarnya hari ini. Pertanyaan-pertanyaan singkat seperti ini bisa memberikan arti bahwa kamu adalah orang yang peduli terhadapnya. Dengan begitu, ia akan merasa lebih dihargai olehmu.

Dengan keadaan yang begitu terbatas di masa pandemik ini, kamu pun tetap bisa melakukannya dengan berkontak melalui sosial media. Hal sederhana tapi memiliki efek panjang bagi hubunganmu bersama teman, lho.

2. Selalu mendukungnya, apapun hal yang ia lakukan

Ingin Pertemanan Awet? Coba 5 Tips Sederhana Iniilustrasi menyemangati (unsplash.com/@priscilladupreez)

Bukan hanya menanyakan kabarnya, tetapi memberi dukungan kepada teman juga merupakan ide yang baik dalam menjaga hubungan pertemanan. Kalimat dukungan yang kamu tujukan padanya bisa bermakna besar padanya. Misalnya, ia yang tadinya sedang lelah, namun setelah kamu memberinya dukungan berupa kalimat-kalimat penyemangat, perasaan lelah pasti akan hilang begitu saja.

Tak hanya itu, bentuk penyemangat yang kamu berikan padanya bisa menjadi hal yang akan selalu ia ingat sepanjang masa. Ia tak akan merasa sendiri di dunia ini karena ada kamu yang selalu memperhatikannya. Manis sekali, kan?

Baca Juga: 5 Tanda Sahabat yang Wajib Kamu Pertahankan, Sudah Ketemu?

3. Memberi hadiah

Ingin Pertemanan Awet? Coba 5 Tips Sederhana Iniilustrasi memberikan hadiah (unsplash.com/@kadh)

Memberikan hadiah adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap teman. Gak butuh hadiah yang besar, bahkan sekadar barang yang membantunya bekerja sehari-hari sangatlah berdampak baik padanya.

Misalnya dia yang sangat suka menulis, coba hadiahkan sebuah buku catatan dan pulpen agar ia rajin menulis. Sekecil apapun hadiah pastinya akan tetap terasa istimewa bagi penerimanya. Tentunya dengan begini temanmu akan merasa kamu mempedulikannya.

Adanya pemberian hadiah ini juga menjadi bukti bahwa kamu mendukungnya terhadap apapun yang ia lakukan. Sebagai teman yang baik, tentu ini ide yang baik, bukan?

4. Mengajaknya menghabiskan waktu di suatu tempat

Ingin Pertemanan Awet? Coba 5 Tips Sederhana Iniilustrasi liburan (unsplash.com/@priscilladudepreez)

Bila ingin mencari suasana yang baru, mengajak teman ke suatu tempat juga bukanlah ide yang buruk. Setelah seharian menghabiskan waktu dengan pekerjaan masing-masing, dengan berpergian bersama tentunya akan jadi momen melepas lelah sekaligus momen untuk merekatkan hubungan dengan teman.

Waktu kalian akan habis dengan tak sia-sia. Kamu bisa seru-seruan bersama temanmu. Mungkin hanya sekadar minum kopi, berdiskusi tentang suatu hal, atau bahkan menonton bersama, terdengar seru sekali, kan?

5. Membelikan makanan atau minuman kesukaannya

Ingin Pertemanan Awet? Coba 5 Tips Sederhana Iniilustrasi membelikan makanan (unsplash.com/@alexhaney)

Last but not least, membelikannya makanan atau minuman kesukaannya juga merupakan ide yang sangat bagus mengingat semua orang pasti memiliki makanan atau minuman kesukaan. Cobalah ingat sekali lagi, apa yang menjadi kesukaannya. Bisa jadi seperti donat, burger, kopi, atau yang lainnya. Hal sederhana ini bisa menandakan perlakuanmu padanya yang begitu berarti.

Ia yang menerima perlakuanmu tentunya akan paham bahwa kamu betul-betul menyayanginya sebagai seorang teman. Suatu waktu, ia juga akan melakukan hal yang sama kepadamu. Tentunya hubungan kalian pun akan semakin akrab dan harmonis.

Tak dapat dipungkiri bahwasanya hubungan pertemanan memang tak semudah yang dibayangkan. Perbedaan yang terjadi biasanya memberikan efek terhadap hubungan pertemanan. Nah, untuk menjaganya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah sederhana di atas. Tak perlu melakukan sesuatu yang mewah, apapun itu pasti akan selalu terasa spesial bagi temanmu. Semangat, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman SMA adalah Teman Seumur Hidupmu

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

lifelong learner, cats and everything about chocolate.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya