Comscore Tracker

6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Drama

Ternyata ini lho rahasianya...

Setiap pasangan pastinya menginginkan hubungan yang langgeng atau bertahan lama. Itulah mengapa setiap pasangan akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan hubungan cintanya. Saling berkompromi, menyayangi dan memahami jadi cara-cara untuk memperjuangkan hubungan.

Tentu saja, usaha untuk mempertahankan hubungan perlu dilakukan agar kamu tidak perlu merasakan sedihnya kehilangan seseorang yang dicintai. Selain itu, ketika sudah berhasil mempertahakan hubungan dalam waktu yang lama, pastinya kamu juga ingin melangkah pada tingkat hubungan yang lebih serius. Namun, apa saja sih sebenarnya rahasia hubungan yang langgeng, bahagia, dan minim drama? Berikut ini ulasannya!

1. Komunikasi adalah kunci utama

6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Dramaunsplash.com/Andrew Ly

Komunikasi adalah hal utama dalam sebuah hubungan. Pertengkaran-pertengkaran yang terjadi biasanya disebabkan oleh hal-hal sepele. Komunikasi yang kurang lancar adalah yang biasanya menimbulkan salah paham di antara kedua belah pihak. Maka, utamakanlah komunikasi.

Meskipun kamu dan pasangan dalam keadaan sibuk, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk tidak menghubungi. Perkembangan alat komunikasi sekarang makin canggih dan memudahkan untuk bisa berkomunikasi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa menghubungi pasanganmu.

2. Hubungan harus didasari saling percaya

6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Dramaunsplash.com/Jonathan Borba

Kebiasaan untuk saling percaya juga merupakan kunci hubungan bisa bertahan lama. Kecurigaan dengan pasangan biasanya akan menimbulkan pertengkaran kecil, bahkan hebat. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi hubunganmu. Jangan biarkan pikiran buruk menguasai pikiranmu. Bangun kepercayaan antara pasangan dan hubungan kamu pun akan terasa bahagia dan minim drama.

3. Tak perlu membandingkan hubunganmu dengan pasangan lain

6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Dramaunsplash.com/Bin Thiều

Membanding-bandingkan hubungan yang kamu miliki dengan pasangan lain membuat hubungan yang kamu jalani menjadi tidak sehat. Rasa iri akan terus menyelimuti pikiranmu. Ingat, rumput tetangga selalu lebih hijau, tapi kamu tidak benar-benar tahu 'kan apa saja yang terjadi dalam hubungan orang lain?

Jadi, hentikan kebiasaan membanding-bandingkan hubunganmu dengan pasangan lain. Selain tidak baik untuk hubunganmu, juga terkesan jika kamu tidak bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Lebih parah lagi, kebiasaan buruk semacam ini bisa membuatmu kehilangan dia yang sebenarnya sudah sangat baik untukmu.

Baca Juga: Belum Pernah Pacaran dan Pengen Pacaran? Pahami Dulu 8 Konsekuensi Ini

4. Sadari bahwa usia hubungan yang lama menjadi tantangan tersendiri

6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Dramaunsplash.com/Relevante design

Usia berpacaran yang cukup lama memiliki tantangan tersendiri. Banyak pasangan yang merasa jika hubungan asmaranya sudah berjalan cukup lama, lalu membuat mereka memasuki zona nyaman. Padahal, hubungan yang sudah berjalan lama ini justru lebih banyak tantangannya lho.

Kamu dan pasangan yang sudah terlanjur merasa nyaman dengan hubungan yang ada lantas malas melakukan sedikit perubahan untuk memperbaharui kebiasaan yang sering dilakukan. Hal inilah yang seringkali membuat kamu dan pasangan pun merasa bosan. Rasa bosan ini juga dapat memperburuk hubunganmu. Meskipun kamu sudah memiliki hubungan yang lama, jangan lupa untuk selalu saling mengingatkan bahwa kamu dan pasangan saling mencintai. Berikan kejutan-kejutan kecil yang dapat mempererat keromantisan hubunganmu.

5. Jangan suka mengungkit masa lalu pasangan

6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Dramaunsplash.com/Brooke Cagle

Setiap manusia memiliki masa lalunya sendiri-sendiri. Entah itu buruk ataupun baik. Jangan sekali-kali mengungkit masa lalu pasangan yang buruk. Ini dapat memicu pertengkaran yang berakibat keretakan hubungan kalian. Tak perlu lagi bertanya atau merasa ingin tahu terhadap apa yang sudah dilalui pasangan bersama dengan mantan kekasihnya. Ingatkan dirimu bahwa saat ini kamu yang ada di masa sekarang dan masa depan pasangan.

6. Ingatkan diri sendiri untuk selalu bersyukur

6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Dramaunsplash.com/Clem Onojeghuo

Bersyukur adalah hal yang mungkin terdengar sederhana namun seringkali sangat sulit untuk dilakukan. Begitu juga jika kamu sedang dalam hubungan pacaran. Selalu bersyukur terhadap hubungan yang saat ini sedang dijalani merupakan kunci supaya kamu bisa selalu merasa berkecukupan dan tak pernah kekurangan. Bersyukurlah karena kamu dan pasangan sudah bisa bertahan sampai sekarang.

Nah gimana? Apakah kamu setuju dengan artikel ini? Itulah beberapa rahasia dalam menjaga hubungan agar tetap langgeng, bahagia, dan minim drama. Semoga hubungan yang kamu jalani bisa seperti itu, ya!

Baca Juga: Mau Cari Pacar Baru? 5 Pertanyaan Ini Harus Kamu Pikirkan Dulu

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya