Comscore Tracker

Pedoman Cari Pacar di Usia yang Tidak Lagi Muda, Catat Ya!

Gak bisa asal-asalan!

Mencari pacar atau pasangan memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika usia sudah tak lagi muda. Tentu lebih sulit lagi untuk mencari pacar di saat semua teman-teman dan rekan kerja sudah memiliki pasangan hidup dan bahkan telah dikaruniai momongan. Rasanya campur aduk pastinya: antara sedih, khawatir, kesal, dan bahkan mungkin iri.

Banyak orang berpendapat bahwa perempuan memang tidak disarankan untuk bertindak secara aktif dalam menemukan pasangan hidup dengan mencari pacar. Banyak sekali yang beranggapan perempuan itu dicari dan bukannya mencari. Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya benar, karena baik perempuan maupun laki-laki punya pilihan untuk menemukan pasangannya. Apalagi, di kala usia sudah tidak muda lagi, ada baiknya untuk mulai aktif mencari. Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan nih!

1. Kamu wajib kembangkan dirimu terlebih dahulu

Pedoman Cari Pacar di Usia yang Tidak Lagi Muda, Catat Ya!unsplash.com/Brooke Cagle

Menemukan pasangan bukan berarti kamu harus sibuk ‘menawarkan’ dirimu begitu saja pada semua laki-laki. Cara mencari pacar paling jitu untuk para perempuan justru adalah dengan terlebih dahulu membuat para laki-laki terpikat dan tertarik pada kamu. Salah satu caranya adalah dengan menjadi perempuan yang hebat dalam banyak hal, baik dalam penampilan, dalam kehidupan, maupun dalam sifat dan sikapnya.

2. Responsif dalam bersosialisasi dengan lawan jenis 

Pedoman Cari Pacar di Usia yang Tidak Lagi Muda, Catat Ya!unsplash.com/freestocks

Jangan menutup diri dan bersikap terlalu jual mahal karena dengan demikian kamu akan sulit menemukan pacar dan jodoh. Sudah sepatutnya kamu bersikap membuka diri pada teman atau bahkan orang baru yang ingin lebih mengenalmu. Namun, jangan juga terlalu responsif pada semua laki-laki, ya. Tentu saja kamu berhak dan bahkan wajib menentukan batasan-batasan atau syarat-syarat untuk bisa membuka diri pada lawan jenis.

3. Berusaha untuk tetap bersikap realistis 

Pedoman Cari Pacar di Usia yang Tidak Lagi Muda, Catat Ya!unsplash.com/Angello Pro

Tidak ada manusia yang sempurna. Jika kamu pun tak sempurna, mengapa mencari kesempurnaan dalam diri seorang laki-laki? Cari saja laki-laki dengan kelebihan yang dapat menutupi kekurangan kamu, dan dengan kekurangan yang bisa kamu tutupi dengan kelebihanmu. Dengan demikian, kamu dan dia bisa jadi pasangan yang pas dan saling melengkapi.

Pasalnya, pasangan yang sempurna kemungkinan besar hanya akan ada dalam angan-anganmu saja. Semakin kamu berusaha kamu mencari kesempurnaan pada diri orang lain, maka semakin kamu akan merasakan kekecewaan dan bisa jadi menjadi putus asa.

Baca Juga: Apakah Kamu Termasuk Pacar yang Posesif? Cari Tahu di Sini!

4. Jangan terburu-buru dalam memilih

Pedoman Cari Pacar di Usia yang Tidak Lagi Muda, Catat Ya!unsplash.com/Jamie

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan tidak terburu-buru dalam menentukan pilihan. Jangan terburu-buru dalam menentukan apakah seorang laki-laki itu cocok untuk kamu atau tidak. Meskipun telah disarankan untuk tidak mencari kesempurnaan dengan bersikap realistis, bukan berarti kamu harus menerima siapa pun yang datang dalam kehidupanmu. Tetap kamu harus melakukan seleksi dan pengamatan terlebih dahulu. Jangan sampai kamu menyesal menjalani suatu hubungan percintaan dengan laki-laki yang kamu pilih dengan terburu-buru.

Selain itu, jangan terburu-buru menyerah dalam melakukan pencarian cinta. Jika cinta belum datang, don’t give up and keep going!

5. Jangan ragu untuk meminta bantuan 

Pedoman Cari Pacar di Usia yang Tidak Lagi Muda, Catat Ya!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Berinteraksi, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan banyak orang memang sangat menguntungkan. Mengapa? Karena dengan demikian ada banyak orang yang dapat kamu maintain bantuan, dalam hal mencari pasangan tentu saja. Namun, kamu tidak boleh sembarangan dalam meminta bantuan pada semua orang yang kamu kenal. Ingat, kamu masih memiliki harga diri yang perlu dijaga dengan baik.

Minta saja saran dari sahabat atau saudara atau orang-orang yang paling dekat dengan kamu. Ceritakan masalah dan uneg-uneg tentang cinta pada orang-orang ini. Siapa tahu mereka dapat membantu, memberikan tips atau bahkan memperkenalkan kamu pada beberapa laki-laki yang juga sedang dalam pencarian cinta yang sama. Meminta bantuan sebagai salah satu cara yang mungkin bisa kamu lakukan setelah kamu merasa sedikit putus asa karena cara-cara lain sudah kamu lakukan namun belum membuahkan hasil.

Dengan melakukan beberapa tips dan pedoman cara cari pacar di atas, semoga kamu bisa menjadi lebih mudah menemukan pasangan meski usia tak lagi muda. Nah, selamat mencoba dan teruslah berusaha menemukan belahan jiwamu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Logis 'Lelah Bekerja' Lebih Baik daripada 'Lelah Cari Kerja'

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya