Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik, Gak Perlu Emosi!

Biar tetap nyaman bareng si dia

Hal yang lumrah ketika orang memberikan semacam penilaian terhadap segala sesuatu di sekitar. Sekadar memberi saran dn sesekali saja, tentu bakal jadi sikap yang mendatangkan kebaikan. Namun, lain cerita kalau penilaian yang diberikan justru mengarah pada kritik tajam yang terus menerus. Sayangnya, sikap semacam ini juga kerap ditunjukkan ke pasangan hingga muncul perasaan gak nyaman. 

Buat kalian yang pasangannya hobi mengkritik, bisa banget nih ikuti beberapa tips ampuh untuk menghadapi si dia berikut ini biar sama-sama nyaman menjalani hubungan. 

1. Pahami alasan pasanganmu lebih dulu

5 Tips Ampuh Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik, Gak Perlu Emosi!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Meski kerap menyebalkan, tapi orang yang suka melontarkan kritikan tentu punya alasan di balik sikapnya tersebut. Beberapa mungkin melakukan hal tersebut karena kerap dijadikan target kritik hingga sikapnya semacam jadi ajang balas dendam. 

Atau mungkin saja sikapnya ini memang bagian dari karakter pasanganmu untuk menutupi rasa tidak percaya diri. Perlahan pastikan alasan di balik sikap mengkritiknya yang seolah gak pernah habis tadi. Kedekatan hubungan memungkinkan kita untuk melihat lebih dalam dan menggali setiap detail alasannya.

2. Tetaplah bersikap tenang saat si dia mulai 'beraksi'

5 Tips Ampuh Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik, Gak Perlu Emosi!Unsplash.com/Christin Hume

Setelah mencoba mencari tahu alasan pasanganmu dan memahaminya, kini giliranmu untuk mengambil. Alih-alih menunjukkan ketidaknyamanan dn mengkritik balik, jauh lebih bijak jika kita tetap bersikap tenang saat kritik dari pasangan mulai mampir. 

Cara paling sederhana untuk menghadapi si dia adalah mengucapkan terima kasih atas kritikan yang diberikan dan sebisa mungkin melupakan ketidaknyamanan yang sempat diasakan. Jangan sampai kritikan tadi jadi sesuatu yang personal hingga memberi jarak pada hubungan kalian. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Mengalami Kebosanan Akut dalam Hubungan Bersama Pasangan 

3. Bersikap objektif dan mencari fakta yang ada

5 Tips Ampuh Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik, Gak Perlu Emosi!Unsplash.com/Misunderstood Whiskey

Setelah memahami alasan dan mampu bersikap lebih tenang, kamu akan jauh lebih netral saat mendapat kritikan dari si dia. Dengan begitu, saat mendengar setiap kritikan, kamu akan mampu melihatnya dengan lebih objektif. Setelahnya, cek fakta yang ada. 

Boleh jadi kritikan yang pasanganmu sampaikan memang demi kebaikanmu dan cukup berguna untuk kemajuan hubungan kalian. Sikap tenang dan netral akan membuatmu mampu memilah kritikan mana yang seharusnya kamu terima dan mana yang tidak. Kamu juga tidak perlu mendendam padanya.

4. Gak kalah penting, ekspresikan juga perasaanmu

5 Tips Ampuh Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik, Gak Perlu Emosi!Unsplash.com/Milan Popovic

Saat kritikan yang dilontarkan pasanganmu mulai menyakiti dirimu dan berdampak buruk pada hubungan kalian, jangan ragu untuk angkat bicara. Setelah mendengar pemikiran si dia di balik kritikan tadi, lanjutkan dengan mengekspresikan perasaanmu deminsituasi yang lebih baik. 

Namun, penting juga untuk memperhatikan pilihan kata yang kamu gunakan. Jangan sampai ada kalimat yang justru berpotensi merendahkan dirinya atau balik melukai perasaannya. Kuncinya ada pad kejujuran menyampaikan perasaanmu dan ungkapkan pula niatmu untuk membawa hubungan kalian menjadi lebih baik.

5. Cari bantuan saat kamu merasa gak mampu lagi menghadapinya

5 Tips Ampuh Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik, Gak Perlu Emosi!Unsplash.com/cottonbro

Gak ada salahnya dengan mencari bantuan dari luar ketika kamu sudah merasa gak mampu menghadapi hobi mengkritiknya tadi. Meski bersabar bisa jadi solusi, tapi gak selamanya kamu bisa bertahan. Akan ada satu titik saat rasa jenuh dan ketidaknyamanan yang menumpuk membuatmu lelah hingga mengubahnya jadi hal yang berat. 

Datang ke konseling rasanya bukan hal yang berlebihan. Pasalnya, gak jarang orang yang hobi mengkritik sebenarnya memiliki banyak hal yang disembunyikan hingga mancari bantuan ahli bisa jadi langkah yang tepat. Namun hal ini perlu didiskusikan lebih dulu agar pasangan tidak merasa tersinggung. 

Pada dasarnya, sebuah kritik juga bisa berdampak positif ketika disampaikan dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan. Termasuk pada pasangan, jangan sampai lontaran kritik dan cara menghadapinya malah merusak hubungan kalian. 

Baca Juga: Tak Perlu Ragu, 5 Tanda Bahwa Pasangan Tulus Berkomitmen denganmu

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya