Comscore Tracker

5 Alasan yang Membuat Orang Mengalami Disconnected dalam Hubungan

Bukan berpisah, tapi hatinya sudah tidak terhubung

Normalnya, sebuah hubungan akan memiliki koneksi yang mampu membuat orang tetap saling terhubung. Gak melulu tentang fisik, justru koneksi emosi memiliki pengaruh yang lebih besar dalam semua jenis hubungan, mulai dari keluarga, pertemanan, hingga percintaan. Saat jarak memisahkan tapi hati masih terhubung, hubungan pun akan tetap terjalin harmonis.

Sayangnya, terkadang dalam sebuah hubungan, koneksi emosi bisa mengalami gangguan hingga muncul perasaan tidak terhubung. Gak berpisah, tapi hati tidak terhubung, lima alasan berikut ini kerap jadi penyebab seseorang mengalami disconnected dalam hubungan.

1. Merasa tidak dipahami oleh orang lain

5 Alasan yang Membuat Orang Mengalami Disconnected dalam Hubunganilustrasi dua perempuan (pexels.com/Liza Summer)

Saat orang mulai merasa tidak ada yang memahami, biasanya koneksi emosi pun ikut menurun atau malah perlahan terkikis. Hal ini dikarenakan perasaan ingin didengar, diperhatikan, dan dimengerti tidak bisa terpenuhi dalam hubungan yang dijalani.

Kebutuhan emosi dan afeksi yang seharusnya terus terjaga justru kian pudar. Walhasil, tanpa sadar kedekatan jadi tidak terhubung karena nilai-nilai penting dalam hidup yang diharapkan tidak terpenuhi meski sebenarnya secara fisik masih bersama.

2. Enggan berbagi cerita karena khawatir dengan respons yang muncul

5 Alasan yang Membuat Orang Mengalami Disconnected dalam Hubunganilustrasi disconnected hubungan (pexels.com/cottonbro)

Terputusnya koneksi dalam hubungan juga bisa disebabkan oleh rasa enggan berbagi cerita satu sama lain. Di satu sisi orang merasa takut dan khawatir dengan respons yang muncul nantinya bila tidak sesuai harapan, seperti tampak tidak terlalu menaruh perhatian. 

Di sisi lain, bisa jadi orang lain memang merasa gak nyaman dijadikan tempat berbagi dan sikap ini tertangkap dengan jelas. Ujungnya, komunikasi seolah jadi tertahan hingga perlahan malah jadi penyebab terputusnya hubungan emosi yang seharusnya terus dibangun setiap waktu.

Baca Juga: 5 Sikap Low Key Jalin Hubungan, Privasi tapi Gak Dirahasiakan

3. Merasa lelah dengan hubungan yang dijalani

5 Alasan yang Membuat Orang Mengalami Disconnected dalam Hubunganilustrasi merasa lelah (pexels.com/cottonbro)

Imbas dari perasaan tidak dipahami dan munculnya respons yang tidak diharapakan membuat orang merasa lelah dengan hubungan yang sedang dijalani. Hidup seolah hanya berjuang seorang diri tanpa dukungan positif dari circle tempatmu menetap.

Kamu juga merasa sudah melakukan terlalu banyak hal untuk orang lain tapi tidak mendapat perilaku serupa. Rasa kecewa pun tumbuh kian besar hingga mampu memutuskan koneksi hati sekaligus mematahkan pondasi hubungan yang sebenernya memang sudah rapuh.

4. Terlalu fokus dan tenggelam dalam pekerjaan

5 Alasan yang Membuat Orang Mengalami Disconnected dalam Hubunganilustrasi bekerja (unsplash.com/Tran Mau Tri Tam)

Manjaga fokus pada pekerjaan memang penting demi meraih kesuksesan karier. Namun, jika terlalu tenggelam dalam pekerjaan, bisa-bisa keseimbangan hidupmu malah terganggu, lho. Salah satunya yang bisa kena dampak negatif dari kondisi ini adalah hubungan dengan orang terdekat.

Prioritasmu pada karier perlahan akan mengganggu keharmonisan hubungan personal yang dijalani. Meski hubungan tampak baik-baik saja dan masih terjalin, tapi kedekatan hati maupun emosi gak akan sama. Bahkan bisa jadi koneksi hati kalian sudah pudar tanpa kamu sadari hingga hubungan hanya sebatas status.

5. Terpisah jarak yang memutus komunikasi

5 Alasan yang Membuat Orang Mengalami Disconnected dalam Hubunganilustrasi memegang handphone (unsplash.com/Kev Costello)

Meski gak selamanya jarak akan memisahkan kedekatan hati, tapi perbedaan domisili memang mampu mendatangkan masalah. Orang seringkali meremehkan hubungan, terutama pertemanan, saat tidak ada kedekatan fisik lagi hingga merasa gak perlu menjaga komunikasi.

Hal inilah yang membuat orang lebih cepat kehilangan beberapa hubungan saat tidak berada dalam lokasi yang sama. Sudah berjauhan, masih ditambah komunikasi gak lancar, dijamin perasaan disconnected jadi cepat muncul dan sulit terhubung kembali meski sudah bertemu.

Terkadang, beberapa hubungan memang bisa terasa tidak terhubung lagi dengan latar belakang kelima alasan tadi. Namun, semua kembali pada komitmen masing-masing untuk menjaga hubungan tersebut, apa pun rintangannya.

Baca Juga: 5 Sebab Mengapa Hubungan Pertemanan Bisa Berubah Canggung 

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya