Comscore Tracker

Dapat Kabar Pacar Selingkuh? Ini 5 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan 

Tetap tenang dan berpikiran jernih 

Dalam menjalani hubungan, butuh yang namanya komitmen agar bisa berhasil. Salah satunya adalah berkaitan dengan kesetiaan. Gak jarang pasangan yang sudah menjalin hubungan lama, akhirnya berpisah akibat perselingkuhan. Apa pun alasan di balik pengkhianatan tersebut, akan tetap ada pihak yang tersakiti. Komitmen yang selama ini disepakati pun seketika hancur.

Saat menghadapi kabar perselingkuhan, perlu ada tindakan yang harus dilakukan sebelum mengambil keputusan akhir. Berikut beberapa tindakan yang penting untuk dilakukan saat memergoki pacar yang selingkuh. 

1. Pastikan dulu tentang kebenaran kabar perselingkuhan itu 

Dapat Kabar Pacar Selingkuh? Ini 5 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Pexels.com/Ivan Samkov

Kabar perselingkuhan seringkali akan mendatangkan amarah di awal hingga kita akan terkesan ingin segera membuat penghakiman. Padahal itu baru kabar, bukan fakta yang terkonfirmasi.

Saat mendapati kabar semacam ini, akan lebih bijak jika kita mencari tahu kebenarannya lebih dulu. Apakah pacarmu memang benar sudah berbuat curang atau hanya sekadar asumsi orang yang disampaikan pada kita. Selidiki dan pastikan dulu, ya. 

2. Ajak pacarmu bicara empat mata 

Dapat Kabar Pacar Selingkuh? Ini 5 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Pexels.com/Polina Zimmerman

Setelah mengetahui fakta yang sebenarnya, ajaklah pasangan untuk bicara empat mata. Konfirmasi dengannya terkait kabar yang sudah kamu dengar, termasuk fakta yang sudah diselediki. Jika memang dia berselingkuh, gak ada salahnya menanyakan alasan di balik perbuatannya tersebut.

Namun, jika tidak terjadi perselingkuhan, pastikan juga kenapa bisa berhembus kabar seperti itu. Dengan berbicara dari hati ke hati, kalian akan lebih bisa memutuskan kelanjutan hubungan ini.

3. Cari tahu apakah hubungan ini masih bisa diselamatkan 

Dapat Kabar Pacar Selingkuh? Ini 5 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Pexels.com/Vera Arsic

Kebenaran kabar peselingkuhan gak jarang akan berujung pada putusnya hubungan. Wajar saja, sebab pengkhianatan yang dilakukan sudah pasti menciptakan luka yang dalam di hati. Namun, terkadang keputusan tersebut kebanykan terjadi karena dipengaruhi emosi.

Ada baiknya untuk ambil waktu untuk menenangkan pikiran dan dinginkan kepalamu. Cari tahu juga apakah ada alasan yang tepat untuk menyelamatkan hubungan kalian. Pertimbangkan juga lama hubungan yang sudah kalian jalani. Memaafkan memang masih mungkin terjadi. 

Baca Juga: Selain Perselingkuhan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Kandasnya Hubunganmu

4. Tanya pada dirimu sendiri apakah masih bisa percaya 

Dapat Kabar Pacar Selingkuh? Ini 5 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Pexels.com/RODNAE Productions

Memaafkan bisa jadi hal yang masih sangat mungkin terjadi usai fakta perselingkuhan. Terlebih setelah dia minta maaf dan berjanji tidak akan mengulang kesalahan tersebut. Namun, hal yang lebih penting justru kepercayaan diantara kalian.

Apakah masih bisa saling percaya lagi? Apakah benar sudah tidak ada rasa sakit akibat perbuatannya? Atau malah kamu jadi selalu curiga kalau dia mungkin akan mengulang perselingkuhan kembali? Tanyakan semua pada dirimu, agar jika kembali ke pelukannya sudah tidak ada pikiran negatif yang tersisa.

5. Saatnya mengambil keputusan akhir 

Dapat Kabar Pacar Selingkuh? Ini 5 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Pexels.com/Masha Raymers

Keputusan akhir sudah pasti ada pada kalian, sebab keberhasilan hubungan dapat terjadi karena dua orang yang berjuang. Meski bagi sebagian orang selingkuh itu tak termaafkan, tapi bisa jadi hubungan ini masih bisa diselamatkan. Atau bisa juga sebaliknya, kesalahan tersebut tidak akan membuat hubungan kembali seperti semula.

Dengan berbagai pertimbangan, ambil keputusan yang dirasa akan membawa kebaikan bagi kalian. Memaafkan dan kembali tidak selamanya baik. Namun, mengakhiri hubungan saat itu juga bisa saja berbuah penyesalan di masa depan. Jadi, ambil keputusan akhir setelah berpikir dengan jernih, ya.

Selingkuh seringkali meninggalkan luka dan trauma dalam hati yang terkadang sulit sembuh. Saat mengalaminya sendiri, kelima tindakan di atas bisa jadi pertimbangan sikap selanjutnya. 

Baca Juga: Sedang Jenuh? 5 Pengingat agar Kamu Terhindar dari Perselingkuhan

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya