Comscore Tracker

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacar

Yang masih suka kepo, baca yuk

Rasa ingin tahu pada masa lalu pacar terkadang bisa muncul sangat berlebihan. Tanpa sadar kita justru jadi kepo dan berusaha mencari tahu banyak hal. Padahal sebenarnya hal semacam ini tidak perlu kita cari tahu apalagi sampai kelewat kepo pada pacar.

Berikut ini tujuh alasan logis yang bisa jadi pertimbangan kenapa kita gak perlu kepo dengan masa lalu pacar.

1. Masa lalu itu sudah berlalu

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacarpexels.com/Flo Maderebner

Alasan logis pertama yang paling sederhana adalah bahwa masa lalu pasanganmu sudah berlalu. Dengan siapa pun dan bagaimana dia menjalani kisah cintanya dulu, bukan lagi hal yang penting untuk dibawa di masa sekarang. Mereka sudah selesai dan sekarang dia bersamamu. Akan lebih bermanfaat jika membicarakan hubungan kalian saat ini saja.

2. Wujud dari caramu menghargai privasinya

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacarpexels.com/Tan Danh

Mencari tahu masa lalu pacar, apalagi tanpa sepengetahuannya, bisa jadi akan membuat dia gak nyaman. Meski kalian sudah bersama dan menjalin hubungan, bukan berarti tidak ada privasi yang harus dijaga. Kecuali jika dia memberitahukannya sendiri, akan beda cerita. Namun, jika dia tidak pernah bercerita, bukan berarti masih menyimpan rasa pada mantan, lho. Bisa jadi baginya masa lalu memang sudah tidak penting lagi untuk dibahas di masa sekarang.

3. Menghindari pertengkaran dengan pasangan

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacarpexels.com/Vera Arsic

Gak jarang saat membahas masa lalu justru akan memicu pertengkaran di antara kalian. Saat mendengar cerita masa lalu, sangat mungkin jika kamu akan terbawa perasaan alias baper. Bahkan bisa saja muncul rasa cemburu yang memicu asumsi berlebihan terhadap pasangan. Alhasil, bukannya jadi lega karena sudah tahu karena pacarmu mau bercerita, tapi justru timbul konflik baru di antara kalian yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kamu Gak Perlu Kepo Berlebihan pada Kehidupan Gebetan

4. Boleh jadi bertanya masa lalu justru akan membangkitkan kenangan lama

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacarpexels.com/Polina Zimmerman

Sangat masuk akal saat menceritakan sesuatu dari masa lalu akan berisiko dapat membangkitkan kenangan lama. Dia seolah kamu ajak untuk menggali kisah lama yang seharusnya tidak lagi diungkit. Dari sisi pasanganmu, bisa saja dia yang jadi baper karena malah teringat pada mantan. Berat, nih risiko yang harus kamu tanggung. Yakin bakal kuat?

5. Menghabiskan waktu

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacarpexels.com/pixabay

Gak menutup kemungkinan saat tahu sesuatu, kamu justru akan jadi semakin ingin tahu pada hal-hal lainnya. Tanpa sadar, kamu malah membahas banyak cerita dari masa lalunya yang tidak ada kaitannya dengan hubungan dijalani saat ini. Hal semacam ini pada akhirnya hanya akan menghabiskan waktu tanpa memberi manfaat positif pada hubungan kalian.

6. Fokus di masa sekarang akan jauh lebih baik

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacarpexels.com/Andrea Piacquadio

Selain menghabiskan waktu, membahas masa lalu membuat fokus hubungan kalian di masa sekarang jadi teralihkan. Akan jauh lebih baik dan bijak jika waktu yang ada digunakan untuk saling mengenal pribadi masing-masing atau membahas masa depan. Berfokus pada masa sekarang akan berpotensi menciptakan masa depan yang lebih baik bagi hubungan kalian.

7. Menjaga keharmonisan hubungan

7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacarpexels.com/Helena Lopes

Melihat pada risiko negatif yang didapat jika membahas masa lalu, pada akhirnya keharmonisan hubungan kakalianlah yang akan jadi taruhannya. Dibanding menuruti keinginan untuk mengorek kisah lama, lebih baik jika kalian saling berusaha untuk menciptakan kebahagiaan bersama. Sebab keharmonisan hubungan kalian saat ini jauh lebih berharga untuk dijaga demi masa depan yang lebih indah.

Pada dasarnya, mengetahui kisah masa lalu pacar tidak akan banyak memberi dampak positif, baik untukmu pribadi maupun hubungan kalian saat ini. Jadi, biarlah masa lalu tetap menjadi sejarah tanpa harus digali kembali atau dikaitkan dengan masa sekarang.

Baca Juga: Kerap Disebut Kepo, 5 Zodiak Ini Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya