Comscore Tracker

Kamu Terjebak dalam Hubungan Gak Sehat kalau 5 Tanda Ini Mulai Muncul

Kalau sudah begitu, mau tetap bertahan atau sudahi saja?

Menjalin hubungan bersama orang yang jelas-jelas memiliki perbedaan karakter dan kepribadian tentu bukan hal yang mudah. Gak heran kalau beberapa hubungan kerap diwarnai perdebatan, perselisihan, dan kesalahpahaman. Namun, terkadang hal ini justru membuat pasangan mampu saling mengenal satu sama lain demi komitmen di masa depan.

Sayangnya, beberapa kerumitan antara pasangan justru berujung pada hubungan yang tidak sehat alias toksik. Kalau mulai muncul lima tanda berikut ini, artinya kalian sudah terjebak dalam hubungan tidak sehat. Harus segera ambil ketegasan, nih!

1. Ada upaya untuk mengubah perilaku demi penerimaan

Kamu Terjebak dalam Hubungan Gak Sehat kalau 5 Tanda Ini Mulai Munculilustrasi pasangan (unsplash.com/JD Mason)

Perubahan perilaku di antara pasangan yang menjalin hubungan cinta memang kerap jadi toleransi yang dilakukan demi tetap bisa bersama. Sayangnya, saat perubahan yang ada adalah buah dari tuntutan demi sebuah penerimaan sepihak, rasanya kondisi ini perlu diwaspadai.

Berubah ke arah yang lebih baik boleh saja, tapi jika sudah mengarah pada sifat dasar, ada potensi kalau hubungan kalian cenderung tidak sehat. Apalagi jika ada keterpaksaan demi diterima pacar yang berujung pada rasa tidak nyaman, fix hubunganmu sudah mengarah jadi toksik.

2. Gak muncul sikap saling menghargai dan mendukung

Kamu Terjebak dalam Hubungan Gak Sehat kalau 5 Tanda Ini Mulai Munculilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau dia pacar yang berkomitmen pada hubungan yang sehat, biasanya akan muncul sikap menghargai kamu sebagai pasangan. Sebaliknya, hubungan yang tidak sehat juga kerap teridentifikasi dari tidak adanya sikap menghargai pasangan, seperti menyela pembicaraan saat sedang menyampaikan pendapat.

Kalian pun kurang bisa menunjukkan sikap saling mendukung, baik dalam hal pendidikan, karier, atau impian yang ingin dicapai. Hubungan toksik justru lebih sering memperlihatkan sikap meremehkan hingga gak jarang pasangan akan merasa rendah diri dan kehilangan rasa percaya dirinya.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Terlalu Bergantung ke Pasangan, Tanda Hubungan Gak Sehat!

3. Kalau bertengkar sering minta putus

Kamu Terjebak dalam Hubungan Gak Sehat kalau 5 Tanda Ini Mulai Munculilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Vera Arsic)

Namanya juga hubungan toksik, gak heran kalau ancaman kerap mewarnai perdebatan dan pertengkaran dalam hubungan. Alih-alih fokus pada masalah dan mencari solusi bersama, setiap bertengkar justru lebih sering diwarnai dengan adu kalimat kebencian yang cenderung kasar.

Emosi negatif sudah terlalu banyak berkuasa hingga kalian pun kerap mengakhiri pertengkaran dengan kalimat, "kita putus aja". Meski gak benar-benar putus, tapi kalau terbiasa mengucapkannya malah jadi gak nyaman dan merasa hidup dalam hubungan penuh ancaman.

4. Sering saling curiga pada kesetiaan

Kamu Terjebak dalam Hubungan Gak Sehat kalau 5 Tanda Ini Mulai Munculilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Seharusnya, sebuah hubungan dibangun dengan pondasi kepercayaan untuk saling menjaga kesetiaan, baik saat dekat maupun harus terpisah jarak. Namun, hubungan bisa mulai jadi tidak sehat saat kalian sudah saling curiga dan kehilangan kepercayaan atas janji setia yang telah terikrar.

Apalagi jika didasari kebiasaan pasangan yang memang suka berbohong, kecurigaan yang ada pun akan semakin besar. Kalian akan sama-sama jadi gak nyaman dengan hubungan ini akibat salah satu terus merasa diawasi dan lainnya merasa harus mengawasi karena sudah terlanjur curiga.

5. Bukan bahagia, tapi malah sering tertekan

Kamu Terjebak dalam Hubungan Gak Sehat kalau 5 Tanda Ini Mulai MunculIlustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Alex Green)

Dampak yang paling kentara adalah muncul rasa tidak bahagia ketika bertahan dalam hubungan ini. Ada tekanan dan beban dalam hati yang makin hari justru makin terasa berat. Sadar atau tidak, saat bersama dengan dia, kamu malah jadi stres karena sudah merasa tidak nyaman lagi. 

Kalau sudah begini, bertahan akan terasa melelahkan seolah kebahagiaan sudah bukan menjadi tujuan yang bisa diraih bersama. Terus bertahan dalam hubungan yang sudah tidak sehat lagi seperti ini pun hanya akan melahirkan banyak tekanan bagi mentalmu.

Menjalin sebuah hubungan idealnya adalah untuk mendatangkan kebaikan, salah satunya kebahagiaan bersama. Namun, jika justru kelima tanda tadi yang mulai kamu alami dan rasakan, artinya hubunganmu sudah gak sehat lagi. Segera ambil tindakan tegas, lepaskan sekarang juga atau kestabilan mentalmu yang bakal jadi taruhannya.

Baca Juga: 5 Sebab Mengapa Seseorang Gak Mau Putus, Meski Tahu Hubungan Gak Sehat

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya