Comscore Tracker

5 Cara Menghormati Hubungan Teman, Jangan Jadi Perusak!

Terapkan supaya hubunganmu juga dihormati oleh temanmu

Saat menjalin hubungan asmara, kamu pasti berharap agar hubunganmu bisa langgeng dan bahagia. Kamu juga pasti akan berusaha agar tidak terjadi masalah pelik yang bisa merusak hubungan kalian. Termasuk gangguan dari orang lain, misalnya temanmu sendiri.

Ya, terkadang sebuah hubungan bisa dirongrong justru oleh orang yang dekat dengan kita. Kamu tentu akan marah kalau ada teman yang gak menghormati hubunganmu hingga pada akhirnya membuat hubunganmu terancam, bukan? Kalau begitu, kamu sendiri pun harus menghormati hubungan asmara teman-temanmu. Berikut 5 cara untuk melakukannya.

1. Bersikap biasa pada pasangan temanmu

5 Cara Menghormati Hubungan Teman, Jangan Jadi Perusak!pexels/Alexy Almond

Sebagai teman, tentu wajar kalau kamu kenal pada pasangan temanmu. Bahkan mungkin kamu cukup sering bertemu dan mengobrol dengannya. Tapi untuk menghormati hubungan temanmu, pastikan kamu bersikap biasa saja pada pasangannya.

Jika ingin memberikan perhatian atau kebaikan, lakukan dengan sewajarnya saja. Jangan sampai pasangan temanmu jadi baper padamu karena perlakuanmu yang berlebihan. Selain itu, kamu sendiri pun bisa mulai jatuh hati padanya kalau terlalu akrab. Maka ketahuilah batasan yang tepat dan bersikap biasa saja padanya.

2. Jangan menggoda pasangan temanmu, meski hanya bercanda

5 Cara Menghormati Hubungan Teman, Jangan Jadi Perusak!pexels/Juliano Ferreira

Menggoda teman lawan jenis sekadar untuk lucu-lucuan adalah kebiasaan yang harus kamu hindari, terutama kepada orang yang sudah punya pasangan. Meski niatmu hanya bercanda, kamu gak pernah tahu apa efeknya pada orang yang kamu goda. Jangan permainkan perasaan orang lain, apalagi pasangan temanmu sendiri!

3. Sebisa mungkin, batasi komunikasi berdua dengan pasangan temanmu

5 Cara Menghormati Hubungan Teman, Jangan Jadi Perusak!pexels/Andrea Piacquadio

Mungkin kamu dan pasangan temanmu kebetulan punya urusan pribadi, misalnya dalam pekerjaan. Tentu hal itu membuatmu wajib untuk berkomunikasi berdua dengannya, entah secara langsung atau lewat chat. Gak ada yang salah dengan itu, asalkan kamu membatasi komunikasi dengannya.

Artinya, pada saat komunikasi berdua, usahakan batasi pembicaraan kalian hanya pada urusan yang harus diselesaikan. Jangan sampai komunikasi menjadi terlalu intim, karena kamu atau dia bisa mulai terbawa perasaan. Jangan khawatir dianggap sombong atau kaku, karena itu adalah untuk kebaikan hubungannya sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Pacarmu Enggan Ikut Hangout Bareng Teman-teman Dekatmu

4. Jangan mengungkapkan aib temanmu di depan pasangannya

5 Cara Menghormati Hubungan Teman, Jangan Jadi Perusak!freepik/beststudio

Kamu juga bisa menunjukkan respek pada hubungan teman dengan berusaha membantunya mempertahankan hubungan. Jangan malah melakukan hal yang bisa membuat pasangan temanmu ilfeel padanya, misalnya mengungkapkan aibnya di depan pasangannya. Bukan berarti kamu harus berbohong, tapi tahan dirimu untuk tidak mengatakan hal yang gak perlu.

Tapi hal itu tentu tidak berlaku kalau temanmu memang punya kelakuan buruk yang bisa membahayakan diri pasangannya. Misalnya kalau temanmu pernah melakukan kekerasan pada mantannya dulu, kamu perlu memberitahu pasangannya supaya dia bisa tahu resiko yang mungkin menimpanya. Hal itu penting karena mungkin bisa menyelamatkan hidupnya kelak.

5. Jangan membanding-bandingkan hubunganmu dengan hubungan temanmu

5 Cara Menghormati Hubungan Teman, Jangan Jadi Perusak!pexels/mentatdgt

Jika kamu sendiri sudah punya pasangan, hormatilah hubungan temanmu dengan tidak membanding-bandingkannya dengan hubungannya. Meskipun kamu merasa hubunganmu lebih harmonis atau lebih bahagia daripada temanmu, itu bukan alasan bagimu untuk pamer, bukan?

Misalnya pasanganmu mengajakmu candle light dinner yang sangat romantis. Sementara kamu tahu bahwa temanmu belum pernah mendapat perlakuan seperti itu dari pasangannya. Kalau begitu, lebih baik kamu gak usah bercerita soal itu padanya karena hal itu bisa membuatnya iri.

Bermula dari iri, temanmu lalu bisa merasa kesal pada pasangannya karena gak bisa bertindak romantis. Akhirnya mereka jadi bertengkar, bahkan mungkin berpisah. Semuanya gara-gara kamu memamerkan hubunganmu padanya. Jangan sampai keegoisanmu menyebabkan itu terjadi ya!

Itulah 5 cara menunjukkan hormat pada hubungan temanmu. Kalau kamu mau hubunganmu dengan pasangan dihormati oleh teman-temanmu, maka kamu harus menghormati hubungan mereka juga ya.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Jika Akrab dengan Teman-teman Pasangan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya