Comscore Tracker

5 Situasi Kamu Harus Menolak Lawan Jenis yang Mendekatimu

Daripada menyesal nantinya, lebih baik tolak dari awal

Disukai dan didekati oleh lawan jenis adalah pengalaman yang menyenangkan. Minimal, pasti ada perasaan tersanjung yang kamu rasakan jika itu terjadi padamu. Apalagi kalau orang yang mendekatimu memang punya kualitas mumpuni dalam penampilan, sifat, karier, dan sebagainya.

Tapi awas, jangan sampai perasaan senang dan tersanjung itu terlalu menguasaimu hingga kamu langsung setuju didekati lawan jenis tanpa pikir panjang. Terkadang, ada situasi dimana kamu harus dengan tegas menolak bahkan meskipun orang yang mendekatimu bisa disebut sebagai sosok pasangan idaman.

Dalam situasi apa saja kamu harus melakukan itu? Ini dia 5 situasi di antaranya.

1. Jika kamu sudah punya pasangan

5 Situasi Kamu Harus Menolak Lawan Jenis yang Mendekatimupexels/Andrea Piacquadio

Mungkin kamu berpikir bahwa tentu saja kamu bisa dengan mudah menolak didekati orang lain kalau kamu sudah punya pasangan. Tapi ketahuilah bahwa kondisinya kadang gak sesederhana itu. Bisa jadi hubunganmu dengan pasangan sedang renggang atau mulai membosankan, hingga kehadiran orang ketiga jadi sulit kamu tolak.

Namun tentu itu bukan alasan bagimu untuk tetap membiarkan orang lain mendekatimu. Mungkin kamu gak berniat selingkuh, tapi ingat bahwa kebanyakan orang yang selingkuh pun awalnya gak punya niat untuk itu. Mereka tergoda karena membiarkan dirinya dekat dengan orang lain, dan itu pun bisa terjadi padamu.

Gak ada orang yang kebal dengan perselingkuhan. Merasa diri kuat justru bisa membuatmu lengah dan akhirnya jatuh ke dalam godaan berselingkuh. Maka jelas, kamu harus dengan tegas menolak didekati lawan jenis jika kamu sudah punya pasangan.

2. Jika orang yang mendekatimu sudah punya pasangan

5 Situasi Kamu Harus Menolak Lawan Jenis yang Mendekatimufreepik/viewapart

Di sisi lain, bisa jadi situasinya terbalik. Kamu belum punya pasangan, tapi orang yang mendekatimu ternyata sudah menjalin hubungan dengan orang lain. Sekali lagi, sadari bahwa godaan seperti itu gak selalu mudah untuk diatasi. Kalau kamu lengah, kamu bisa tergoda untuk jadi perusak hubungan orang.

Maka apa yang bisa membantumu menolak? Dengan mengingat bahwa jika seseorang mendekatimu padahal dia sudah punya pasangan, itu artinya dia gak setia. Memangnya kamu mau didekati oleh orang yang jelas-jelas gak setia dalam hubungannya? Pasti tidak, kan? Makanya tolak mentah-mentah orang seperti itu!

3. Jika kamu memang belum berniat menjalin hubungan

5 Situasi Kamu Harus Menolak Lawan Jenis yang Mendekatimupexels/Immortal Shots

Sebuah hubungan seharusnya dijalin berdasarkan kesepakatan dan niat dari kedua belah pihak. Maka jika kamu memang belum berniat menjalin hubungan dengan lawan jenis, lebih baik kamu katakan terus terang pada orang yang mendekatimu.

Kamu pasti punya alasan tertentu kenapa belum mau menjalin hubungan dengan siapa pun. Misalnya, mungkin kamu menunda mencari pasangan karena ingin lebih dulu mengejar karier. Maka sebaiknya kamu tetap berkomitmen pada rencanamu itu. Jangan biarkan cita-citamu gak tercapai hanya karena godaan dari lawan jenis.

Selain itu, mencoba menjalin hubungan pada saat kamu sebenarnya gak punya niat bisa merugikan pasanganmu nantinya. Sementara dia mati-matian memperjuangkanmu, kamu malah menjalani hubungan dengan setengah hati. Kasihan dia kan? Maka sebaiknya kamu menolak didekati lawan jenis kalau memang belum berniat menjalin hubungan.

Baca Juga: 6 Renungan Jika Kamu Sudah Menikah tapi Jatuh Cinta pada yang Lain

4. Jika situasimu dan situasinya memang gak bisa disatukan

5 Situasi Kamu Harus Menolak Lawan Jenis yang Mendekatimupexels/thiszun

Bahkan saat kamu memang berniat mencari pasangan pun kamu perlu tetap selektif saat didekati lawan jenis. Jika situasimu dan orang yang mendekatimu sangat sulit bahkan mustahil disatukan, bisa jadi langkah terbaik adalah segera menolak sejak awal.

Contohnya adalah jika kamu dan dia memiliki latar belakang agama yang berbeda. Ada banyak pergolakan yang bakal muncul jika kalian memaksakan diri tetap menjalin hubungan. Diperjuangkan seperti apa pun, bisa jadi kalian tetap sulit bersatu. Maka sebelum kalian jadi terlalu dekat dan sulit melepaskan, mungkin langkah terbaik adalah segera menolaknya.

5. Jika visi misimu dan dia memang gak cocok

5 Situasi Kamu Harus Menolak Lawan Jenis yang Mendekatimupexels/Jopwell

Bahkan jika orang yang mendekatimu punya banyak sifat baik dan latar belakangnya sama denganmu, kamu perlu tetap mempertimbangkan kecocokan di antara kalian. Sama-sama memiliki sifat baik bukan berarti pasti cocok. Perbedaan visi misi bisa menyulitkan kalian menjalin hubungan yang harmonis dan bahagia nantinya.

Maka jika sejak awal kamu menyadari bahwa kamu dan dia memiliki perbedaan visi misi, mungkin lebih baik untuk segera menolaknya mendekatimu lebih jauh. Tapi tentu kalian masih bisa berteman baik. Sementara itu, carilah orang lain yang juga baik dan punya visi misi sama denganmu supaya bisa menjalin hubungan yang bahagia.

Merasa senang saat didekati lawan jenis adalah hal yang wajar. Tapi kendalikanlah perasaan tersebut supaya bisa mengambil sikap yang benar, termasuk menolak jika situasinya memang gak memungkinkanmu untuk menjalin hubungan. Jika kamu bisa melakukannya, kamu akan terhindar dari hubungan yang berpotensi membuatmu gak bahagia.

Baca Juga: 5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh Cinta, Bangga atau Khawatir?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya