Comscore Tracker

6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!

Lebih cocok sih, tapi ada ruginya juga

Saat mencari pasangan, hal penting yang perlu kamu perhatikan dari calon pasanganmu selain sifat adalah karakter atau kepribadian. Umumnya, orang beranggapan bahwa memiliki pasangan yang berkarakter sama adalah ide bagus. Itu karena kepribadiannya sudah pasti cocok, sehingga lebih mudah menyesuaikan diri.

Tapi tentu gak ada hubungan yang tanpa masalah. Saat punya pasangan yang karakternya sama pun, akan tetap ada suka duka yang kamu rasakan. Misalnya apa? Enam hal ini adalah contohnya.

1. Pastinya nyambung satu sama lain

6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!pexels/fauxels

Salah satu keuntungan terbesar dari memiliki pasangan yang berkarakter sama tentu adalah kalian lebih mudah nyambung dalam berbagai hal. Saat ngobrol nyambung, sehingga setiap obrolan pasti jadi seru. Selera pun banyak yang sama, sehingga gampang menentukan mau nonton film apa, mau makan apa, dan sebagainya.

2. Tahu isi hati masing-masing sehingga minim konflik

6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!pexels/mentatdgt

Karena punya kepribadian yang sama, cara berpikir pun biasanya sama. Maka kamu dan pasangan bisa cukup mudah menebak isi hati satu sama lain saat berada di situasi tertentu. Kamu bisa tahu kapan dia senang, sedih, marah, dan sebagainya.

Hal itu tentu bagus karena konflik yang terjadi dalam hubungan bisa diminimalkan. Kamu tahu persis apa kesukaan dan kebencian pasangan, maka bisa lebih mudah membuatnya senang dan mencegahnya marah. Hubungan pun jadi jauh lebih harmonis dan langgeng.

3. Lebih mudah cocok dengan orang sekitar

6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!freepik/noxos

Kepribadian yang sama juga mempermudah kalian saat ingin memperkenalkan pasangan ke keluarga atau teman. Karena pasanganmu punya karakter sama, maka sebenarnya kamu seperti sedang memperkenalkan diri sendiri kepada keluarga dan teman-temanmu.

Tentu keluarga dan teman sudah menerima dirimu apa adanya selama ini. Maka seharusnya lebih mudah bagi mereka untuk menerima pasanganmu juga, karena karakternya menyerupai dirimu. Begitu pula sebaliknya, kamu sendiri pasti lebih mudah diterima oleh keluarga dan teman-teman pasangan.

Baca Juga: 6 Tipe Hubungan dalam Kehidupan Asmara, Kamu & Pacar yang Mana?

4. Kalau sudah berantem, lebih sulit damai

6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!pexels/Vera Arsic

Tapi jangan salah, punya pasangan berkarakter sama ada kerugiannya juga. Misalnya saat terjadi pertengkaran. Meski kalian mungkin jarang bertengkar karena kepribadian yang cocok, tapi justru sekalinya bertengkar bisa jauh lebih sulit untuk berdamai lho.

Kalau kebetulan kalian sama-sama berkarakter rendah hati dan cepat minta maaf sih bagus. Tapi kalau tidak? Jangan-jangan kadar ego kalian justru sama besarnya sehingga ogah minta maaf duluan. Atau kalian sama-sama cuek, sehingga masalah pun dibiarkan berlarut-larut begitu saja. Nah, akhirnya malah sulit damai kan?

5. Bisa cepat bosan

6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!freepik/Asier_relampagoestudio

Jangan pikir punya pasangan berkarakter sama itu pasti gak membosankan. Justru sebaliknya, terkadang itu malah bisa membuat kalian cepat bosan. Karakter pasangan sama denganmu, sehingga bisa dibilang kamu gak menemukan hal baru dalam dirinya. Jarang ada sisi karakter pasangan yang bisa membuatmu terkejut dan excited.

Minim konflik pun malah bisa bikin bosan lho. Berkonflik memang gak menyenangkan, tapi konflik juga bisa jadi bumbu dalam hubungan. Akhirnya ibarat masakan kurang bumbu, hubunganmu dan pasangan jadi cenderung hambar.

6. Kepribadian kalian jadi gak seimbang

6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!freepik/rawpixels

Bagi masing-masing kalian secara pribadi, hubungan kalian juga bisa membuat kepribadian kalian gak seimbang. Misalnya kamu seorang yang cenderung matre, dan pasanganmu juga seperti itu. Akhirnya sifat matre kalian berdua malah semakin berkembang dan merugikan diri kalian.

Atau sebaliknya, kamu dan pasangan sama-sama orang yang hemat. Hubungan kalian bisa membuat sifat hemat kalian semakin terasah dan akhirnya malah jadi pelit. Yap, karakter yang sama justru membuat kepribadian kalian masing-masing jadi sulit untuk seimbang.

Itulah 6 suka duka punya pasangan berkarakter sama. Ternyata gak selalu menyenangkan bukan? Jadi gimana, masih mau cari pasangan yang karakternya sama denganmu? Coba pertimbangkan dulu baik-baik!

Baca Juga: 8 Gaya Kencan Jika Kamu dan Pasangan Sama-Sama Introver

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya