Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Melakukan PDKT, Beranikan Dirimu! 

Ternyata manfaatnya banyak lho 

Melakukan PDKT alias pendekatan adalah langkah yang biasanya dilakukan ketika kita merasa tertarik pada seseorang. PDKT adalah pengalaman yang menyenangkan, tapi juga sekaligus menegangkan. Bahkan bagi beberapa orang, mendekati lawan jenis itu terdengar menakutkan. Akhirnya, mereka pun lebih memilih untuk memendam perasaannya pada lawan jenis.

Apakah kamu pernah mengalami hal itu? Kalau ya, itu wajar. Memang melakukan PDKT gak selalu mudah, dan hasilnya pun gak selalu sesuai harapan. Tapi sadarilah bahwa daripada memendam perasaan, melakukan PDKT biasanya adalah pilihan yang jauh lebih baik. Kenapa? Ini dia lima alasan kenapa kamu seharusnya gak perlu ragu untuk mendekati lawan jenis yang kamu suka.

1. Supaya bisa jadian dengannya 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Melakukan PDKT, Beranikan Dirimu! pexels/freestocks.org

Alasan pertama dan terutama tentu adalah supaya kamu punya peluang untuk jadian dengan gebetanmu itu. Kalau kamu gak PDKT, jangankan jadian, bisa jadi gebetanmu gak tahu sama sekali kalau kamu tertarik padanya. Kamu pun akan selamanya dianggap teman biasa yang gak istimewa, sehingga kesempatan untuk jadian dengannya hanya akan jadi angan-anganmu saja.

Ada pula orang yang memilih untuk gak melakukan PDKT, tapi langsung saja menyatakan perasaan pada gebetan. Hal itu memang gak salah, dan terkadang bisa berhasil. Tapi secara umum, lawan jenis biasanya akan lebih mudah menerima perasaan cinta pada orang yang memang sudah dekat dengannya. Kalau dekat saja belum, gimana mau memutuskan menjalin hubungan?

2. Supaya bisa saling kenal 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Melakukan PDKT, Beranikan Dirimu! freepik/nensuria

Tujuan PDKT bukan hanya sekadar supaya bisa jadian dengan gebetan. Bisa jadi pada saat pendekatan, kamu melihat sesuatu dari kepribadian gebetan yang ternyata gak cocok denganmu, atau bahkan membuatmu ilfeel. Artinya, dari PDKT kamu bisa lebih kenal dirinya yang sebenarnya.

Itu tentu jauh lebih baik daripada tiba-tiba memutuskan jadian tanpa tahu banyak tentang dirinya. Memang, kadang kepribadian gebetan pun gak terungkap semua saat PDKT. Tapi setidaknya kalian bisa saling mengenal dan bisa memutuskan apakah mau saling berkomitmen atau tidak.

Baca Juga: 5 Pantangan yang Gak Boleh Dilakukan Saat PDKT, Bisa Auto Bubar

3. Untuk menunjukkan bahwa kamu memang tertarik padanya 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Melakukan PDKT, Beranikan Dirimu! freepik.com/freepik

Seperti disebut tadi, tanpa melakukan PDKT, kemungkinan besar gebetanmu gak akan tahu bahwa kamu punya perasaan padanya. Padahal, bisa jadi sebenarnya diam-diam ia juga punya perasaan padamu lho. Tapi karena melihat kamu seolah ogah mendekatinya, ia pun jadi kecewa karena mengira cintanya gak berbalas.

Maka melakukan PDKT bisa menghilangkan kemungkinan itu. Cepat atau lambat, gebetanmu pasti sadar bahwa kamu sedang mendekatinya karena tertarik padanya. Kalau kebetulan ia juga suka padamu, itu jadi lampu hijau baginya untuk turut mendekat. Pasti kamu senang kan kalau itu terjadi?

4. Paham caranya melakukan PDKT yang benar  

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Melakukan PDKT, Beranikan Dirimu! pexels/Kaboompics .com

Bagaimana caranya melakukan PDKT dengan benar? Gak ada standar mutlaknya, karena itu sangat bergantung pada kepribadianmu dan kepribadian gebetanmu. Ada beberapa prinsip umum PDKT yang bisa kamu pelajari dari berbagai sumber, misalnya dari IDN Times. Tapi tanpa praktik, apa gunanya mempelajari semua itu?

Ingat bahwa melakukan PDKT dengan benar adalah kemampuan yang mungkin akan berguna untukmu gak hanya sekarang, tapi juga di masa depan. Bisa jadi PDKT-mu kali ini gagal. Atau mungkin berhasil tapi suatu saat kamu putus hubungan. Artinya, kamu harus melakukan PDKT pada orang lain lagi.

Maka jangan ragu untuk mendekati orang yang kamu suka, karena itu akan melatihmu untuk melakukan PDKT dengan benar. Kalau kamu gak mampu melakukan itu, kamu bisa sulit dapat pasangan. Bukan karena kamu orang yang tidak baik, tapi karena gak mampu mendekati lawan jenis dengan baik. Sayang kan kalau itu terjadi?

5. Melatih mental dan keberanian 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Melakukan PDKT, Beranikan Dirimu! freepik/alessandrobiascioli

Sekali lagi, terkadang melakukan PDKT itu gak mudah. Selain butuh keterampilan, kamu juga butuh mental dan keberanian. Maka kalau kamu berani melakukan PDKT, mentalmu akan terlatih. Lalu setelah mental dan keberanianmu terlatih, kamu pasti akan banyak dapat manfaat. Bukan hanya dalam soal asmara saja, tapi juga dalam berbagai aspek lain di hidupmu!

Itulah lima alasan mengapa kamu gak perlu ragu melakukan PDKT pada orang yang kamu suka. Jadi gimana, sudah siap untuk mulai mendekati gebetanmu?

Baca Juga: 5 Kode Penolakan yang Harusnya Kamu Pahami saat PDKT

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya