Comscore Tracker

Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu 

Gak perlu berpikiran negatif dulu

Curhat alias mencurahkan isi hati adalah kebutuhan setiap orang. Biasanya, kita akan curhat kepada orang yang bisa dipercaya, misalnya teman atau sahabat. Kamu pasti pernah curhat pada temanmu, dan begitu pula sebaliknya. Bahkan saling curhat adalah salah satu cara mempererat hubungan pertemanan.

Tapi bagaimana jika suatu saat kamu menyadari bahwa temanmu sedang ada masalah, tapi ia enggan untuk curhat padamu? Mungkin kamu pernah mengalami itu dan jadi bertanya-tanya, apakah jangan-jangan dia gak percaya lagi padaku? Nah, sebenarnya belum tentu, loh. Ada beberapa kemungkinan alasan lain mengapa temanmu enggan curhat padamu. Ini lima di antaranya.

1. Merasa bisa menyelesaikan masalahnya sendiri 

Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu pexels.com/chinmay singh

Kemungkinan pertama adalah temanmu merasa bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, jadi ia merasa tak perlu curhat padamu. Bukan berarti ia gak suka kalau kamu coba membantu, tapi mungkin ia ingin jadi lebih mandiri dan tak bergantung pada orang lain. Tentu, kamu perlu menghargai niat baiknya itu, bahkan memberinya dukungan.

Atau bisa jadi ia merasa bahwa masalahnya itu memang tidak terlalu sulit. Jadi ia percaya diri bisa menyelesaikannya sendiri tanpa harus cerita ke orang lain termasuk kamu. Jika memang benar demikian, tentu kamu sangat senang karena itu artinya temanmu tidak sedang berada dalam masalah besar.

2. Gak mau menyusahkan orang lain  

Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu pexels.com/pixabay

Ada pula orang yang sebenarnya merasa tidak yakin bisa mengatasi masalahnya sendiri, tapi ia enggan untuk curhat karena gak mau menyusahkan orang lain. Beberapa orang memang punya sifat mudah sungkan seperti itu, dan mungkin temanmu salah satunya. Bahkan meskipun kalian sudah berteman akrab, bisa jadi perasaan sungkan itu tetap sulit ia hilangkan.

Maka yang bisa kamu lakukan adalah meyakinkan dirinya bahwa kamu akan dengan senang hati mendengarkan curhatnya. Kamu gak merasa dirugikan sama sekali, bahkan malah senang karena bisa membantu. Kalau kamu bisa meyakinkannya, pastilah ia gak akan segan lagi untuk curhat padamu.

Baca Juga: 5 Tips Mendekatkan Diri dengan Teman-teman yang Lama Tak Bertemu

3. Segan karena sudah sering curhat padamu 

Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu pexels.com/andrea piacquadio

Bagaimana kalau biasanya temanmu gak pernah ragu untuk curhat padamu, tapi sekarang tiba-tiba ia enggan? Padahal sebelumnya ia sudah berkali-kali curhat padamu tanpa merasa sungkan. Nah, bisa jadi alasannya adalah ia segan karena merasa sudah terlalu sering curhat padamu.

Ia takut kamu merasa terbebani kalau terus-terusan dijadikan tempat curhat. Jika itu kendalanya, kamu pun bisa coba meyakinkannya bahwa gak masalah jika ia sering curhat padamu. Selain itu, sesekali kamu pun bisa curhat padanya supaya ia merasa bisa membalas budi sehingga gak sungkan lagi.

4. Bingung untuk mengungkapkan perasaannya 

Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu pexels.com/edmond dantes

Curhat adalah curahan hati, artinya seseorang yang melakukan curhat sedang mengungkapkan perasaannya pada orang lain. Tapi mengungkapkan isi hati kadang gak mudah, dan mungkin itu yang sedang dirasakan temanmu. Ia sebenarnya mau curhat padamu, tapi ia sendiri bingung bagaimana cara mengungkapkan perasaannya.

Hal itu bisa terjadi kalau masalah yang ia hadapi terbilang rumit. Jangankan untuk mencurahkan isi hatinya, untuk menceritakan duduk perkaranya saja mungkin ia pusing. Dalam situasi seperti itu, kamu gak perlu memaksanya untuk cerita. Cukup hadir untuknya dan beri dukungan moril supaya ia bisa melewati masalahnya yang rumit itu.

5. Belum siap untuk bercerita 

Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu pexels/thiszun

Last but not least, kemungkinan alasan temanmu enggan curhat padamu adalah ia hanya belum siap saja. Ia sebenarnya mau cerita padamu, dan ia juga tahu bagaimana cara menceritakannya. Tapi saat ini ia belum siap, mungkin karena pikirannya masih terlalu kalut dan ia ingin menenangkan diri dulu.

Kamu tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti itu, bukan? Yap, kamu perlu bersabar. Jangan mendesaknya untuk segera cerita karena itu malah bisa membebaninya. Beri dia waktu, dan mungkin kamu bahkan perlu membiarkannya sendiri dulu. Tapi yakinkan dia bahwa kapanpun ia siap untuk cerita, kamu juga siap untuk mendengarkan.

Lima poin di atas bisa jadi kemungkinan alasan mengapa temanmu enggan untuk curhat padamu. Jelas bahwa alasannya gak selalu karena ia gak percaya padamu. Bisa jadi alasannya gak seburuk yang kamu kira. So, jangan keburu berpikiran negatif ya, hubungan kalian masih baik-baik saja kok!

Baca Juga: 5 Cara Menolak Curhat Temanmu tanpa Menyakitinya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya