Comscore Tracker

Memang Sulit, 5 Hal Ini Harus Dilakukan demi Hubungan yang Langgeng

Sulit, tapi bisa dilakukan 

Pepatah mengatakan bahwa mempertahankan jauh lebih sulit daripada meraih. Hal itu berlaku dalam banyak hal, termasuk hubungan asmara. Seseorang mungkin bisa mendapatkan pasangan dengan relatif mudah, tapi untuk mempertahankan hubungan tersebut tetap langgeng pasti jauh lebih sulit.

Masalahnya, hal-hal yang harus kita lakukan supaya hubungan dengan pasangan bisa terus awet memang susah dilakukan. Meskipun susah, hal-hal tersebut tetap harus dilakukan demi hubungan yang langgeng. Apa saja sih contohnya? Ini dia lima hal di antaranya.

1. Selalu jujur 

Memang Sulit, 5 Hal Ini Harus Dilakukan demi Hubungan yang Langgengpexels.com/ketut subianto

Sebuah hubungan yang langgeng harus didasari rasa saling percaya. Makanya, kejujuran adalah hal yang sangat vital dalam hubungan. Namun, harus diakui bahwa jujur kepada pasangan gak selalu mudah dilakukan. Ada kalanya kita bisa merasa bahwa lebih baik gak jujur saja. Tujuannya pun mungkin baik, misalnya supaya pasangan gak sedih atau marah.

Masalahnya, kalau akhirnya ketidakjujuran itu ketahuan, pasangan justru bisa jauh lebih sedih atau marah dibanding jika kita langsung berterus terang dari awal. Selain itu, kepercayaannya juga bisa mulai terkikis, apalagi kalau kita sering melakukan itu. Makanya, meski susah, selalu jujur adalah langkah terbaik yang bisa kita ambil.

2. Melawan godaan orang ketiga

Memang Sulit, 5 Hal Ini Harus Dilakukan demi Hubungan yang Langgengpexels.com/andrea piacquadio

Selain kejujuran, kesetiaan juga sudah pasti jadi harga mati dalam hubungan. Namun, menjadi setia pun sama sekali gak mudah. Ada banyak godaan untuk menjadi gak setia di dunia ini. Godaan itu bisa datang dari diri sendiri atau dari orang-orang di sekitar kita.

Gimana cara melawannya? Pertama dengan mengakui bahwa melawan godaan itu gak mudah. Jangan remehkan godaan karena itu justru bisa membuatmu lengah dan jatuh. Langkah terbaik dengan berusaha menghindarinya sama sekali, bahkan hal-hal kecil yang bisa mengarah ke sana pun perlu dihindari sebelum menjadi sulit ditolak.

Memperkuat hubungan dengan pasangan juga sangat penting. Kalau hubunganmu gak kuat, bakal lebih sulit untuk menolak godaan yang datang. Ketika ada godaan yang muncul, cobalah ceritakan secara terbuka pada pasangan supaya kalian bisa menghadapinya bersama-sama.

Baca Juga: Rawan Putus, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Egois dalam Hubungan

3. Mengendalikan emosi 

Memang Sulit, 5 Hal Ini Harus Dilakukan demi Hubungan yang Langgengpexels.com/vera arsic

Kemampuan mengendalikan emosi adalah kemampuan yang sangat penting dalam hubungan dengan siapa pun, tak terkecuali dengan pasangan. Menjadi emosi boleh-boleh saja, tapi emosimu harus terkendali supaya gak menyakiti pasangan.

Tentu saja itu gak mudah, tapi kamu harus berlatih melakukannya supaya hubunganmu bisa langgeng. Emosi yang tak terkendali bisa membuatmu melukai pasangan secara fisik. Jangan lupa, kadang luka batin yang ditimbulkan bisa jauh lebih sakit dan awet daripada luka fisik. So, berlatihlah mengendalikan emosimu!

4. Mengendalikan rasa cemburu 

Memang Sulit, 5 Hal Ini Harus Dilakukan demi Hubungan yang Langgengpexels.com/duong nhan

Rasa cemburu juga wajar muncul dalam hubungan. Bahkan, sebenarnya rasa cemburu adalah salah satu tanda bahwa kita benar-benar gak mau kehilangan pasangan. Namun, rasa cemburu yang berlebihan justru bisa berefek sebaliknya. Pasangan bisa gerah dan akhirnya malah jadi ingin meninggalkanmu karena merasa terkekang.

Supaya itu gak terjadi, kamu perlu berusaha mengendalikan rasa cemburu. Boleh saja cemburu, tapi jangan biarkan rasa cemburu itu membuatmu melarang-larang pasangan berteman dengan orang lain bahkan mengatur hidupnya. Belajarlah mengungkapkan rasa cemburu dengan elegan supaya pasangan tergerak untuk menyesuaikan diri demi membuatmu gak cemburu.

5. Mengusir rasa bosan 

Memang Sulit, 5 Hal Ini Harus Dilakukan demi Hubungan yang Langgengpexels.com/ketut subianto

Dalam sebuah hubungan, rasa bosan niscaya akan selalu ada. Hal itu normal, jadi kamu gak perlu merasa berdosa kalau mulai merasa bosan dengan hubungan. Mungkin itu karena kamu tipe orang yang mudah bosan. Namun, rasa bosan gak boleh jadi alasan tiba-tiba memutuskan hubungan, apalagi selingkuh. Makanya, kamu perlu mengusir rasa bosan tersebut.

Mengusir rasa bosan kadang gak mudah, tapi wajib kamu lakukan. Ada banyak cara yang bisa kamu coba, misalnya mencoba melakukan hal-hal baru dengan pasangan. Apa pun caranya, segeralah usir rasa bosan tersebut supaya kamu bisa menikmati hubungan lagi. Yang terpenting, tujuannya supaya kamu gak tergoda untuk mendua.

Mempertahankan hubungan tetap langgeng adalah hal yang sulit, tapi bisa dilakukan. Semoga usahamu melakukan lima hal di atas berhasil sehingga hubunganmu bisa terus langgeng, ya!

Baca Juga: Jangan Jadikan 5 Hal Ini Landasan Memulai Hubungan Baru

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya