Comscore Tracker

Meski Saling Setia, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Gak Nyaman

Bukannya bahagia, tapi malah tersiksa #IDNTimesLife

Saat menjalin hubungan asmara dengan seseorang, kita pasti berharap hubungan tersebut akan berjalan baik. Semua orang ingin hubungannya bahagia dan minim masalah. Pertengkaran dan perselingkuhan umumnya jadi masalah berat yang bisa membuat hubungan rusak. Karena itu, kamu pasti berharap hubunganmu gak diterpa masalah tersebut.

Meskipun sebuah hubungan gak mengalami masalah berat, kita tetap bisa merasa gak nyaman dalam hubungan tersebut. Penyebabnya bisa beragam, misalnya lima hal berikut ini. Jangan sampai hal-hal ini terjadi dalam hubunganmu karena kamu akan sulit menikmatinya.

1. Tidak bisa menjadi diri sendiri 

Meski Saling Setia, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Gak Nyamanunsplash/ Matheus Ferrero

Tak ada yang lebih melelahkan daripada berpura-pura menjadi orang lain. Kita harus berakting layaknya seorang aktor. Lebih parahnya lagi, kita harus terus berakting setiap hari tanpa henti. Itu yang bisa terjadi kalau kamu menjalin hubungan dengan orang yang gak mau menerima dirimu apa adanya.

Alhasil, kamu jadi harus berpura-pura jadi orang lain yang sesuai dengan keinginan dirinya. Cepat atau lambat, kamu pasti akan capek secara fisik dan mental. Makanya, jangan mau terjebak dalam hubungan seperti itu dan carilah pasangan yang benar-benar bisa menerima dirimu seutuhnya.

2. Minim kebebasan

Meski Saling Setia, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Gak Nyamanpexels.com/Polina Zimmerman

Salah satu hal paling berharga yang bisa kita miliki adalah kebebasan. Kebebasan untuk berinteraksi dengan orang lain, pergi ke mana pun, melakukan hal-hal yang disuka, dan lain-lain. Karena itu sangat berharga, jangan biarkan hubungan asmara membuatmu harus kehilangan semua itu.

Memang, kebebasan kita juga tetap harus ada batasnya. Namun, batas itu pun tidak boleh berlebihan. Kalau pasanganmu memberi terlalu banyak larangan, dijamin kamu akan merasa terkekang dan tidak nyaman. Hindarilah menjalin hubungan dengan pasangan semacam itu.

Baca Juga: Ini 5 Hal Bukti Kamu Mampu Jadi Sosok Dewasa bagi Kekasih

3. Terlalu bergantung pada pasangan 

Meski Saling Setia, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Gak Nyamanpexels.com/andrea piacquadio

Hubungan juga akan menjadi tidak nyaman kalau ada ketergantungan di antara kamu dan pasangan. Kalau terlalu bergantung pada pasangan, kamu bisa mendapat masalah besar jika dia sedang tidak bisa ada untukmu.

Sebaliknya, kalau pasangan terlalu tergantung padamu, kamu juga gak akan merasa nyaman karena harus terus-terusan mengurus dirinya. Supaya itu tak terjadi, pastikan kamu menjalin hubungan dengan pasangan yang sepadan denganmu. Dengan demikian, tidak akan ada yang menjadi terlalu dominan.

4. Kurang terbuka 

Meski Saling Setia, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Gak Nyamanpexels/Joshua Mcknight

Keterbukaan adalah salah satu kunci hubungan yang bahagia. Ketika merasa bahwa kamu bisa mengatakan apa pun pada pasangan tanpa ragu atau takut, kamu pasti sangat senang. Begitu pula sebaliknya, kamu bahagia melihat pasanganmu bisa bercerita apa pun padamu tanpa rasa khawatir.

Namun, kalau tidak demikian, pasti hubungan kalian akan terasa gak nyaman. Ini bisa terjadi kalau kamu berpasangan dengan orang yang temperamen atau suka menghakimi sehingga kamu jadi ragu untuk bersikap terbuka padanya. Itulah pentingnya menemukan pasangan yang sabar dan pengertian supaya kamu bisa lebih mudah untuk terbuka tentang segala hal.

5. Banyak perhitungan 

Meski Saling Setia, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Gak Nyamanpexels.com/vera arsic

Perhitungan yang dimaksud di sini adalah menghitung jumlah kebaikan dan keburukan yang dilakukan pada pasangan selama ini. Kamu pasti gak akan menikmati hubungan yang seperti itu. Seolah-olah, hubungan asmara tersebut adalah transaksi bisnis yang berpatokan bahwa pendapatan harus setara dengan modal yang sudah dikeluarkan.

Hubungan yang baik idealnya saling memberi tanpa saling memperhitungkan. Gak masalah siapa yang sudah melakukan lebih banyak kebaikan karena kamu dan dia sama-sama ikhlas melakukannya. Kejarlah hubungan dengan orang yang seperti itu, bukan dengan orang yang sukanya perhitungan.

Lima hal di atas bisa membuat hubungan jadi sangat tidak enak dijalani. Bahkan, meskipun kalian saling cinta dan saling setia, kamu tetap akan sulit merasa nyaman dalam hubungan semacam itu. Untuk itu, pastikan kamu menjalin hubungan dengan orang yang tepat supaya kamu bisa menikmati hubungan yang nyaman dan menyenangkan!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pasangan Kekasih yang LDR Rentan Lakukan Selingkuh

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya