Comscore Tracker

Meski Cinta, 5 Hal Ini Gak Mungkin Bisa Kamu Lakukan pada Pasangan

Gak perlu kecil hati kalau kamu gak bisa melakukannya 

Saat menjalin hubungan asmara, semua orang pasti ingin mendapatkan pasangan yang baik. Tapi tak hanya itu, setiap orang juga pasti ingin menjadi pasangan yang baik. Tentu kamu pun demikian. Kamu pasti ingin jadi pasangan terbaik bagi orang yang kamu cintai, bukan?

Tapi kamu tentu juga sadar bahwa kita tetap adalah manusia yang penuh keterbatasan. Maka ada banyak hal yang tidak bisa kita lakukan meskipun sangat ingin. Dalam konteks hubungan asmara, inilah 5 hal yang tidak mungkin bisa kita lakukan pada pasangan, tak peduli seberapa besar rasa cinta kita padanya.

1. Tidak pernah menyakiti pasangan 

Meski Cinta, 5 Hal Ini Gak Mungkin Bisa Kamu Lakukan pada Pasanganpexels/Polina Zimmerman

Mana ada sih orang yang mau menyakiti orang yang dicintainya? Kamu pasti tidak ingin melakukan atau mengatakan apapun yang membuat pasanganmu tersakiti. Tapi, realistis saja, hal itu mustahil karena kamu bukan orang yang sempurna, bukan pula malaikat. Jadi sangat wajar kalau kadang kata-kata atau tindakanmu membuat pasanganmu terluka.

Karena itu adalah hal yang wajar, gak perlu merasa sebagai orang yang jahat kalau sesekali kamu menyakiti pasanganmu. Yang penting kamu gak melakukannya dengan sengaja, bersedia meminta maaf, dan berusaha untuk gak mengulanginya lagi. Selama kamu melakukan itu, kamu sudah menjadi pasangan yang baik untuk dirinya.

2. Selalu membahagiakan pasangan  

Meski Cinta, 5 Hal Ini Gak Mungkin Bisa Kamu Lakukan pada PasanganPexels/thiszun

Orang yang mencintai pasangannya sepenuh hati juga pasti ingin selalu membahagiakan pasangannya. Ia akan melakukan segala cara untuk melihat pasangannya tersenyum bahagia. Tapi lagi-lagi, kita adalah manusia gak sempurna. Maka segala usaha yang kita lakukan pasti terbatas oleh ketidaksempurnaan kita.

Maka ada kalanya kita mungkin gak tahu harus melakukan apa untuk membuat pasangan bahagia. Atau mungkin kita tahu, tapi pada saat itu sedang tidak bisa melakukannya. Hal itu sangat wajar, dan kamu gak perlu merasa bersalah karenanya. Kalau pasanganmu orang yang baik, ia pasti bisa memahami hal itu, kok.

3. Selalu ada saat pasangan membutuhkan 

Meski Cinta, 5 Hal Ini Gak Mungkin Bisa Kamu Lakukan pada Pasanganpexels.com/duong nhan

Setiap manusia pasti kerap memiliki permasalahan dalam hidupnya. Tak terkecuali pasanganmu. Ia bisa mengalami masalah keluarga, kesehatan, keuangan,dan sebagainya. Nah, pada saat itu, kamu pasti ingin ada di sisinya dan menghadapi masalahnya bersama-sama. Tapi tentu, hal itu gak selalu bisa kamu lakukan.

Sebabnya sederhana, yaitu karena kamu sendiri kadang juga punya masalah. Maka pada saat-saat tertentu kamu gak bisa ada bagi pasanganmu saat ia menghadapi masalah, karena kamu pun sedang menghadapi masalahmu sendiri. Hal itu wajar, dan gak harus merusak hubungan kalian asalkan kalian saling berusaha memahami kondisi masing-masing.

Baca Juga: 5 Tips Perbaiki Hubungan Asmara saat Kamu Sudah Mulai Merasa Bosan

4. Mengubah pasanganmu jadi orang yang lebih baik 

Meski Cinta, 5 Hal Ini Gak Mungkin Bisa Kamu Lakukan pada Pasanganthecoupleconnection.net

Karena sayang pada pasanganmu, kamu pasti ingin melihat dia terus berubah jadi lebih baik dan lebih baik lagi. Kamu ingin pasanganmu membuang kebiasaan yang buruk, dan mulai melakukan kebiasaan yang baik. Tapi sekeras apapun upayamu, sadarilah bahwa kamu gak bisa mengubah dirinya.

Kenapa? Karena tidak ada orang yang bisa mengubah seseorang kecuali dirinya sendiri. Kamu gak bisa mengubah pasanganmu jadi orang yang lebih baik kalau dia sendiri gak bertekad dan berusaha berubah. Maka kalau pasanganmu memang gak berubah jadi lebih baik, gak perlu menyalahkan dirimu, karena itu adalah pilihannya sendiri.

5. Membuat pasanganmu setia padamu 

Meski Cinta, 5 Hal Ini Gak Mungkin Bisa Kamu Lakukan pada Pasanganpexels.com/juan pablo serrano arenas

Terakhir, sadarilah bahwa kamu gak bisa membuat pasanganmu setia padamu. Kamu memang bisa membuatnya jatuh cinta dan menyayangimu. Tapi untuk jadi setia, itu lain soal. Pernah dengar cerita tentang orang yang sangat baik tapi tetap diselingkuhi pasangannya? Itu membuktikan bahwa kesetiaan seseorang bergantung pada dirinya sendiri, bukan pasangannya.

Maka kalau amit-amit suatu saat pasanganmu selingkuh, jangan menyalahkan dirimu. Itu tidak berarti kamu bukan pasangan yang baik, tapi itu berarti dia orang yang gak setia. Gak ada yang bisa mengubah wataknya itu kecuali dirinya sendiri. Kamu hanya bertanggung jawab untuk kesetiaanmu sendiri, sedangkan kesetiaan pasanganmu sepenuhnya tanggung jawabnya.

Lima poin di atas adalah hal-hal yang secara realistis tidak mungkin bisa kita lakukan pada pasangan, meskipun kita sangat mencintainya. So, kalau kamu tidak bisa melakukan hal-hal itu, gak perlu berkecil hati karena hal itu memang sangat wajar. Selama kamu terus berusaha, kamu tetap bisa kok jadi yang terbaik bagi pasanganmu meski gak sempurna!

Baca Juga: 7 Tips Membangun Kesan Positif saat Pertama Bertemu Orangtua Pasangan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya