Comscore Tracker

5 Hal Ini Bukan Tanda Pasanganmu Gak Setia, Stop Mikir Negatif!

Cari tahu faktanya lebih dalam lagi, yuk

Setiap orang yang sedang menjalin hubungan asmara pasti ingin agar pasangannya terus setia. Namun, dengan makin maraknya kasus perselingkuhan, wajar jika kamu mulai merasa khawatir. Bisa jadi, kini kamu makin jeli memerhatikan gerak-gerik pasangan untuk mencari tahu apakah ada tanda-tanda ketidaksetiaan atau tidak dalam diri pasangan kamu.

Sebenarnya waspada memang boleh-boleh saja. Namun, kewaspadaan yang berlebihan bisa berubah jadi kecurigaan. Sadarilah bahwa tidak semua tindakan pasangan harus diartikan sebagai tanda ketidaksetiaan. 

Langsung aja simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Mulai kurang perhatian

5 Hal Ini Bukan Tanda Pasanganmu Gak Setia, Stop Mikir Negatif!ilustrasi pasangan (pexels.com/budgeron bach)

Ketika pasangan tampaknya mulai kurang perhatian padamu, kamu pasti bertanya-tanya apa alasannya. Bisa jadi, kamu berpikir bahwa alasannya adalah karena ia mulai tertarik pada orang lain. Pikiran seperti itu memang bisa saja muncul. Tetapi, sebaiknya kamu lawan karena kamu belum memiliki dasar yang valid.

Ada begitu banyak alasan mengapa seseorang bisa mulai kurang perhatian pada pasangannya. Misalnya, bisa jadi ia sedang punya masalah berat sehingga sebagian besar perhatiannya tercurah pada masalah tersebut. Atau, jangan-jangan ia jadi kurang perhatian karena selama ini kamu tidak membalas perhatian yang ia berikan padamu.

Maka, tentu langkah terbaik yang bisa kamu ambil adalah komunikasi. Sampaikan padanya bahwa kamu merasa perhatian darinya mulai berkurang. Intinya, jangan buru-buru mencurigainya tidak setia hanya karena ia mulai kurang perhatian.

2. Mulai bosan pada hubungan kalian

5 Hal Ini Bukan Tanda Pasanganmu Gak Setia, Stop Mikir Negatif!ilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Production)

Perasaan bosan juga bisa muncul saat menjalin hubungan. Ada banyak kemungkinan penyebab pasangan merasa bosan. Misalnya, karena topik obrolan yang itu-itu saja. Atau, mungkin ia merasa tidak ada kemajuan dalam hubungan tersebut ke arah yang lebih serius.

Kebosanan semacam itu adalah hal yang wajar dan itu tidak ada hubungannya dengan ketidaksetiaan. Seseorang baru bisa disebut tidak setia kalau ia mencoba berpaling pada orang lain saat merasa bosan. Namun, kalau ia tetap bertahan meskipun bosan, artinya ia orang yang setia.

Maka, ketika pasangan tampak mulai bosan, jangan langsung berpikiran negatif. Lihat dulu apa yang ia lakukan untuk menghadapi kebosanan tersebut. Apakah ia tetap mempertahankan hubungan dan berusaha mengatasi kebosanannya? Kalau iya, berarti kamu tidak ada alasan untuk mencurigainya.

Baca Juga: Gak Melulu Selingkuh, Ini 5 Alasan Pacarmu yang Cerewet Jadi Pendiam

3. Memuji lawan jenis lain

5 Hal Ini Bukan Tanda Pasanganmu Gak Setia, Stop Mikir Negatif!ilustrasi pasangan (pexels.com/keira burton)

Orang yang sudah punya pasangan tentu tidak otomatis jadi buta terhadap daya tarik lawan jenis lain. Maka, sangat wajar kalau pasanganmu masih bisa menganggap sosok orang lain menarik. Mungkin hal itu lalu ia ungkapkan melalui kata-kata pujian kepada orang tersebut.

Namun, itu tentu gak berarti bahwa pasanganmu mulai menunjukkan tanda-tanda gak setia. Itu hanya sekadar kata-kata pujian saja. Apalagi kalau kamu sendiri yang menanyakan pendapatnya soal orang tersebut. Tentu aneh kalau kamu meminta pendapat, lalu malah marah ketika pasanganmu menyampaikan opininya.

Orang yang setia bukanlah orang yang tak pernah tertarik pada orang lain. Orang yang setia adalah orang yang tetap mempertahankan cintanya pada pasangan meski pernah tertarik pada orang lain. Kalau pasanganmu melakukan itu, maka kamu gak perlu khawatir. Ia benar-benar orang yang setia, kok.

4. Mulai suka mencari-cari masalah

5 Hal Ini Bukan Tanda Pasanganmu Gak Setia, Stop Mikir Negatif!ilustrasi pasangan (pexels.com/polina zimmerman)

Bagaimana kalau pasangan mendadak suka mencari-cari masalah denganmu? Mungkin ia mulai mempermasalahkan kekurangan sepele yang kamu miliki, padahal sebelumnya tidak pernah. Bisa jadi, kamu berpikir bahwa ia mencari masalah supaya bisa putus denganmu dan berpaling pada orang lain yang dia sukai.

Namun, pemikiran seperti itu pun belum tentu benar. Ada kemungkinan alasan lain mengapa pasangan melakukan itu. Misalnya, ia mungkin merasa bosan dengan hubungan yang terasa datar-datar saja. Maka, ia coba mencari masalah supaya hubungan kalian jadi lebih "seru".

Kemungkinan lain adalah ia merasa kamu kurang perhatian padanya sehingga ia mencari perhatian darimu dengan membuat-buat masalah. Atau, mungkin ia hanya sedang stres. Sehingga tanpa sadar ia jadi lebih sensitif dan lebih gampang marah karena hal-hal sepele.

Memang mencari-cari masalah bukanlah sikap yang bijak. Pasanganmu tidak seharusnya melakukan itu apapun alasannya. Namun, yang jelas sikap tersebut bukan tanda mutlak bahwa ia tidak setia. Coba bicarakan baik-baik dengannya supaya kamu tahu alasan sebenarnya mengapa ia melakukan hal itu.

5. Kadang sulit dihubungi

5 Hal Ini Bukan Tanda Pasanganmu Gak Setia, Stop Mikir Negatif!ilustrasi orang menunggu kabar pasangan (pexels.com/mikoto.raw photographer)

Poin yang satu ini juga sering jadi penyebab muncul pikiran-pikiran negatif. Saat pasangan sulit dihubungi di luar jam kesibukannya, bisa jadi kamu mulai berpikir macam-macam. Salah satu pikiran negatif yang bisa muncul adalah kecurigaan bahwa pasangan selingkuh.

Padahal, kamu tentu sadar bahwa ada banyak kemungkinan lain pasangan sulit dihubungi. Misalnya ia tertidur, ada kesibukan lain yang mendadak, ada masalah dengan sinyal, sedang tidak memegang smartphone, dan lain sebagainya.

Kalau kamu keburu curiga, bisa-bisa kamu akan menginterogasi pasangan dengan pertanyaan bernada menuduh ketika akhirnya bisa dihubungi. Akibatnya, pasanganmu bisa merasa kesal. Maka, singkirkan kecurigaan dan tanyakan baik-baik kenapa ia sulit dihubungi. Kalau alasannya masuk akal, gak ada dasar bagimu untuk curiga, bukan?

Melawan pikiran negatif memang terkadang sulit diakukan. Namun, kamu perlu belajar melakukannya. Terus-terusan curiga pada pasangan malah bisa membuatnya tidak nyaman berhubungan denganmu, lho. Berikanlah kepercayaan yang sepatutnya pada pasangan supaya ia makin sayang dan ingin terus setia padamu.

Baca Juga: 7 Trik Elegan Hadapi Suami yang Selingkuh ala Kinan Layangan Putus

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya