Comscore Tracker

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!

Pastikan dulu kalau kamu sudah siap

Hubungan pacaran merupakan hubungan yang menyenangkan untuk dinikmati. Namun, bukan hanya menyenangkan, hubungan tersebut juga memberimu sejumlah tanggung jawab. Berpacaran seharusnya bukanlah sesuatu yang dilakukan untuk main-main. Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk berpacaran.

Kadang, ada beberapa keadaan yang seharusnya mencegahmu untuk berpacaran, setidaknya untuk sementara waktu. Apa saja itu? Ini dia tujuh hal yang seharusnya membuatmu menunda dulu keinginan untuk berpacaran.

1. Belum punya tujuan yang benar

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!freepik/freepik

Yang pertama, kamu perlu memastikan dulu apa tujuanmu berpacaran. Jujurlah pada diri sendiri. Apakah kamu berpacaran untuk sekadar bersenang-senang saja? Atau mungkin hanya karena kamu kesepian? Bosan diejek jomlo oleh teman-teman? Atau yang lebih parah, supaya bisa memanfaatkan pacarmu?

Tujuan berpacaran seharusnya ialah saling mengenal dan menentukan apakah kalian bisa menjadi sepasang suami istri kelak. Jadi, kalau tujuan itu belum ada di benakmu, sebaiknya tunda dulu niatmu untuk berpacaran.

2. Belum menjadi pribadi yang baik

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!freepik/mindandi

Berikutnya, pastikan dulu bahwa kamu sudah menjadi pribadi yang cukup baik untuk bisa punya pacar. Apakah kamu sudah punya sifat-sifat baik yang dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan? Apakah kamu sudah setia, jujur, bertanggung jawab, pemaaf, dan sebagainya?

Namun, bukan berarti kamu harus jadi sempurna dulu baru boleh cari pacar. Setidaknya, perbaikilah kekurangan-kekuranganmu dulu. Jika sifat-sifat burukmu masih banyak, kemungkinan besar hubunganmu nantinya gak akan bahagia dan malah menyakitkan, khususnya buat pacarmu. Jangan sampai itu terjadi.

3. Belum bisa mengendalikan diri

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!freepik/jcomp

Ada banyak hal dari diri kita yang perlu dikendalikan, misalnya ego, emosi, hasrat seksual yang salah, dan sebagainya. Semua itu seharusnya kamu kendalikan dulu sebelum memutuskan untuk berpacaran. Itu karena saat berpacaran, pengendalian dirimu akan sangat diuji.

Pengendalian diri bisa dilatih, tapi tidak mudah. Belum lagi kalau kamu memang punya karakter sulit mengendalikan diri. Jadi, daripada timbul masalah besar nantinya gara-gara kamu gak bisa mengendalikan diri, lebih baik tunda keinginan berpacaran sampai kamu bisa melakukannya.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakan

4. Belum dapat izin dari orang tua

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!freepik/freepik

Jika di bawah umur, jelas kamu perlu dapat izin orangtua dulu sebelum bisa berpacaran. Bahkan, jika sudah dewasa pun, kamu perlu meminta pendapat dari orang tuamu, lho. Coba tanyakan apakah menurut mereka kamu sudah siap berpacaran?

Kalau menurut mereka belum, jangan remehkan pendapat mereka. Bisa jadi, mereka melihat bahwa kamu punya kekurangan yang bisa membuat hubunganmu berantakan. Jadi, daripada mengabaikan begitu saja saran dari orangtuamu, coba tanyakan alasannya. Bersedialah memperbaiki diri jika memang dibutuhkan.

5. Belum bisa membagi waktu

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!freepik/pressfoto

Manajemen waktu yang baik juga sangat penting dimiliki saat berpacaran. Kamu tentu punya banyak kesibukan. Lalu, saat berpacaran, kamu juga harus menyediakan waktu untuk jalan dengan pacarmu, teleponan, chat, dan sebagainya. Yakin, kamu bisa membagi waktumu dengan baik?

Kalau kamu belum bisa melakukannya, pada akhirnya, akan ada salah satu hal penting yang terabaikan. Beberapa contohnya, kamu jadi jarang berkumpul dengan keluarga, beribadah, atau mengurus diri sendiri. Pastikan kamu melatih manajemen waktumu sebelum mulai berpacaran, ya.

6. Belum move on

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!pexels/Tess Emily Seymour

Yang ini juga pastinya sangat penting. Kalau kamu belum bisa move on dari hubunganmu yang dulu, sebaiknya tunda dulu keinginan untuk mencari pacar baru. Kasihan pacarmu karena harus berpacaran dengan orang yang masih memikirkan mantannya. Kamu pun rugi karena jadi menjalani hubungan dengan setengah hati. Pastinya gak enak, kan?

7. Belum menemukan orang yang tepat

7 Hal yang Membuatmu Harus Menunda Berpacaran, Jangan Dipaksakan!pexels/Immortal shots

Setelah memastikan lima hal di atas bukan masalah buatmu, bukan berarti kamu bisa langsung pacaran begitu saja. Pastikan dulu bahwa kamu sudah menemukan orang yang tepat. Kalau sudah dekat dengan seseorang, apakah kamu sudah yakin bahwa dia orang yang tepat untukmu?

Memastikan hal itu butuh waktu. Untuk itu, bersabarlah. Jangan sampai kamu terburu-buru berpacaran, tapi belakangan menyesal karena ternyata dia bukan orang yang baik. So, pastikan dulu, ya.

Itulah enam hal yang seharusnya membuat kamu menunda dulu keinginan untuk berpacaran. Ingat, berpacaran bukanlah permainan, jadi pastikan kamu memang sudah siap supaya hubunganmu nantinya bisa langgeng dan bahagia.

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Polemik yang Bikin Hubungan Rusak di 1 Tahun Hubungan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya