Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!

Menjaga hubungan persahabatan itu susah susah gampang

Memiliki sahabat yang baik adalah anugerah yang harganya tidak terkira. Sahabat yang baik akan menemanimu mengarungi suka duka kehidupan. Terkadang bahkan sahabat bisa jadi lebih akrab dan lebih setia daripada saudara kandung.

Maka jika kamu punya seorang sahabat, kamu pasti sangat bersyukur. Tapi hati-hati, hubungan persahabatan bukan hubungan yang pasti langgeng selamanya. Ada beberapa kesalahan yang bisa membuatmu kehilangan sahabat. Misalnya lima hal berikut ini, yang wajib kamu hindari kalau kamu gak mau kehilangan sahabatmu.

1. Meremehkan kesalahan

5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!elitedaily.com

Sebagai manusia, wajar jika kamu berbuat kesalahan pada sahabatmu, bahkan mungkin menyakiti hatinya. Kesalahan seperti itu gak akan membuat hubungan kalian rusak kalau kamu segera meminta maaf dan gak mengulanginya lagi. Tapi kalau kamu malah menganggap remeh kesalahanmu, jangan heran kalau sahabatmu mulai menjauhimu.

Maka jangan pernah berpikir bahwa sahabatmu gak akan mempermasalahkan kesalahan yang kamu buat. Meskipun kalian sudah akrab, itu bukan alasan untuk berbuat seenaknya. Jadi, kamu harus tetap tahu diri ya.

2. Prioritas yang kurang tepat

5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!pexels/Afta Putta Gunawan

Selain sahabatmu, kamu juga pasti harus berurusan dengan banyak orang lain di sekitarmu. Dan itu gak ada salahnya. Namun jangan sampai kamu jadi lebih memprioritaskan orang-orang lain yang gak seharusnya kamu dahulukan dibanding sahabatmu.

Misalnya, apakah gara-gara punya banyak teman baru, kamu jadi mulai jarang kontak dengan sahabatmu dan menyediakan waktu untuknya? Sahabatmu pasti ikut senang kalau kamu dapat teman baru, tapi kalau itu membuatmu mulai melupakan dirinya, pasti ia sedih bukan?

Bahkan memiliki kekasih pun bukan alasan bagimu untuk menjauh dari sahabatmu. Sahabat yang baik pasti akan mendukung hubunganmu. Pun begitu dengan kekasih yang baik, pasti ia gak akan melarangmu untuk punya sahabat. Maka tetapkanlah prioritas yang tepat dalam hubunganmu dengan orang-orang sekitarmu.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Lebih Mudah Memaafkan Musuh daripada Sahabat Sendiri!

3. Rasa iri dan cemburu

5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!pexels/Engin Akyurt

Di sisi lain, mungkin yang terjadi adalah sebaliknya. Sahabatmu punya orang-orang baru dalam hidupnya, dan kamu jadi cemburu dengan keberadaan orang baru itu. Padahal sahabatmu tetap sama sekali gak menjauhimu, tapi sikap posesif membuatmu jadi marah dan menjauh.

Atau mungkin kamu mulai iri dengan pencapaian dan prestasi yang telah diraih sahabatmu, sementara kamu sendiri merasa belum meraih apa-apa. Hal-hal itu bisa merusak persahabatan yang selama ini kamu jalin dengannya. Maka jangan biarkan rasa iri dan cemburu berkembang di dalam hatimu!

4. Gak mendukung di saat susah

5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!pexels/Startup Stock Photos

Hubungan persahabatan juga bisa terancam kalau kamu gak mendukung sahabatmu di saat dia mengalami masalah. Memang, kamu sendiri juga pasti sibuk bekerja dan melakukan hal lain. Atau mungkin kamu gak punya kemampuan untuk memberikan bantuan apa pun. Tapi pasti tetap ada yang bisa kamu lakukan.

Apa itu? Memberikan perhatian dan dukungan. Sekadar chat singkat berisi dukungan dan semangat bisa berarti besar jika berasal dari seorang sahabat. Jadi pastikan kamu menyisihkan waktu untuk memberi perhatian saat sahabatmu kesusahan. Sahabatmu pasti senang kalau kamu melakukan itu!

5. Gak menerima perubahan

5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!pexels/fauxels

Setiap orang pasti senantiasa berubah sepanjang hidupnya. Entah secara fisik atau mental, entah besar atau kecil, perubahan adalah hal yang mutlak terjadi. Maka wajar kalau suatu saat sahabatmu akan berubah. Misalnya, mungkin dulu kalian punya cara pandang yang sama akan suatu hal, tapi lalu cara pandang sahabatmu berubah jadi berlawanan denganmu.

Kalau itu terjadi, sebenarnya tidak ada masalah. Selama sahabatmu menjaga sifat-sifatnya tetap baik, perubahan pandangan gak perlu membuat persahabatan kalian merenggang. Tapi hubungan kalian bisa rusak kalau kamu gak mau menerima perubahan tersebut. Jadi, hargailah perbedaan supaya kamu gak kehilangan sahabatmu.

Itulah lima hal yang bisa membuatmu kehilangan sahabat. Kamu butuh kehadiran sahabat dalam hidupmu, maka jangan biarkan hal-hal tersebut merusak hubunganmu dengan sahabatmu!

Baca Juga: 5 Cara Baikan sama Sahabat saat Berantem, Kamu Pilih yang Mana?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya