Comscore Tracker

5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

Pengalaman buruk bisa memberimu pelajaran bagus

Dalam menjalin hubungan cinta dengan orang lain, kadang kita akan mengalami kegagalan. Putus hubungan merupakan hal yang wajar dan sering kali harus disyukuri karena memang ia bukan orang yang terbaik untuk kita. Namun, kalau kegagalan itu terjadi berulang kali, mungkin kita akan merasa sedih dan khawatir.

Wajar untuk merasa begitu. Kalau mengalaminya, mungkin kamu bahkan jadi bertanya-tanya apakah kamu memang gak punya kemampuan untuk mempertahankan hubungan. Bisa juga timbul rasa cemas bahwa kamu mungkin gak akan bisa menemukan orang yang tepat buatmu.

Meskipun begitu, jangan putus asa. Mengalami kegagalan cinta berulang kali gak harus membuatmu menyerah, kok. Malah sebenarnya, kamu bisa mengambil hikmah positif dari hal itu, misalnya lima hikmah berikut ini.

1. Kamu sadar bahwa mencari cinta sejati itu gak mudah

5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!pexels/Rosie Ann

Dengan berkali-kali mengalami kegagalan cinta, kamu bisa belajar bahwa mencari cinta sejati memang gak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu harus mau berjuang untuk menemukannya plus tentunya kesabaran ekstra.

Dari pengalaman itu, kamu akan belajar untuk selalu memaksimalkan kesempatan yang ada. Ketika menemukan cinta sejati nanti, kamu pasti akan sangat mensyukuri dan menjaganya karena mengingat betapa panjang perjalananmu untuk mendapatkannya.

2. Kamu belajar bahwa pasangan yang baik saja tidak cukup

5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!pexels/cottonbro

Dari semua orang yang pernah menjalin hubungan denganmu, pasti kebanyakan di antaranya ialah orang yang baik. Namun, pada akhirnya, kamu tetap gak bisa terus bersama dan harus kehilangannya karena berbagai alasan.

Hal itu mengajarkanmu untuk bisa benar-benar berjodoh. Itu karena sekadar baik saja tidak cukup. Ada banyak hal lain yang mesti kamu perhatikan, misalnya kecocokan dan restu dari keluarga.

Dari situ, kamu akan belajar bahwa di masa depan, kamu harus membuat pertimbangan yang lebih matang sebelum memutuskan untuk berhubungan dengan lawan jenis.

Baca Juga: 5 Kerugian Terlalu Gampang Memutuskan Hubungan, Awas Menyesal!

3. Kamu terdorong untuk terus memperbaiki diri

5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!pexels/bruce mars

Kegagalan cinta juga bisa disebabkan oleh karena kelemahan dan kekuranganmu sendiri. Makanya, jika gagal berkali-kali, kamu jadi sadar bahwa memang banyak sisi dari dirimu yang harus kamu perbaiki. Jangan puas menjadi orang yang begitu-begitu saja, tapi teruslah perbaiki diri supaya bisa cepat menemukan cinta sejati.

4. Kamu jadi tahu siapa orang-orang yang paling berarti dalam hidupmu

5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!freepik/pch.vector

Kamu mungkin sudah berkali-kali kehilangan pasangan, tapi pasti selalu ada orang-orang terdekat yang terus setia menemanimu selama ini. Keluargamu mungkin termasuk di antaranya. Teman-teman dan sahabatmu juga bisa termasuk.

Meskipun kamu sulit mempertahankan hubungan dan kerap patah hati, mereka selalu ada di sisimu dan gak pernah meninggalkanmu, kan? Hal itu mengajarkanmu bahwa bukan pasanganmu, tapi merekalah orang-orang yang paling berarti dalam hidupmu. Jangan lupa untuk menghargai kesetiaan mereka, ya!

5. Kamu terlatih untuk jadi pribadi yang lebih tangguh

5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!pexels/Ursula Maradiaga

Pengalaman buruk memang menyakitkan, tapi itu juga bisa membuat kita jadi lebih kuat. Makanya, jika kamu menyikapinya dengan benar, pengalaman putus cinta berulang kali harusnya membuatmu jadi pribadi yang tangguh dan semakin tangguh.

Kamu sendiri mungkin merasakan bahwa setelah berkali-kali putus, caramu menyikapi kegagalan cinta jadi lebih baik dan lebih dewasa. Jika dulu kamu mengurung diri dan mogok makan gara-gara putus, sekarang kamu belajar untuk bersikap lebih rasional dan gak menyiksa diri. Memang begitulah seharusnya sikap kita saat gagal menjalin cinta.

Ingat juga bahwa kegagalan cinta bukanlah satu-satunya jenis kegagalan yang akan kamu rasakan dalam hidup. Sebagai manusia gak sempurna, kamu akan mendapat sejumlah kegagalan lagi di masa depan.

Nah, dengan belajar menghadapi kegagalan cinta saat ini, kamu pun terlatih untuk tetap tegar dan kuat menghadapi berbagai kegagalan tersebut nantinya.

Itulah lima hikmah yang bisa kita ambil dari pengalaman berkali-kali gagal dalam percintaan. Intinya, saat mengalami hal buruk, jangan biarkan dirimu putus asa dan menyerah, tapi ambillah pelajaran positif yang justru bisa membuatmu jadi lebih bahagia!

Baca Juga: 6 Kalimat Penenang untuk Teman yang Putus Cinta, Bikin Semangat Balik!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya