Comscore Tracker

Jangan Tergoda, Ini 5 Fakta tentang Selingkuh yang Harus Kamu Camkan

Jomblo pun harus tahu!

Selingkuh, saat kamu mendengar kata tersebut, apa yang ada di benakmu? Gak perlu punya pasangan untuk menyadari bahwa perselingkuhan adalah momok yang menakutkan bagi banyak orang. Banyak hubungan yang tadinya bahagia akhirnya rusak dan kandas gara-gara selingkuh.

Karena efeknya luar biasa buruk, setiap orang perlu mencamkan 5 fakta tentang perselingkuhan berikut ini. Gak cuma kamu yang sudah punya pasangan, bahkan kamu yang jomblo pun perlu mencamkan fakta-fakta berikut ini lho.

1. Tidak ada orang yang kebal dari perselingkuhan

Jangan Tergoda, Ini 5 Fakta tentang Selingkuh yang Harus Kamu Camkanunsplash/Alexandru Zdrobău

Pertama, camkan bahwa gak ada orang yang kebal dari perselingkuhan. Kalau gak hati-hati, setiap orang bisa jadi pelaku selingkuh. Jangan pernah berpikir bahwa kamu orang yang setia sehingga gak mungkin selingkuh, karena pikiran semacam itu justru bisa membuatmu lengah dan jatuh ke dalam godaan untuk selingkuh.

2. Selingkuh pada umumnya gak diawali niat

Jangan Tergoda, Ini 5 Fakta tentang Selingkuh yang Harus Kamu Camkanunsplash/Christin Hume

Hampir tidak mungkin seseorang yang punya hubungan bahagia dengan pasangannya akan berpikir, "Aku mau seligkuh ah." Tapi faktanya banyak orang yang sudah menjalin hubungan harmonis dengan pasangan pun akhirnya berselingkuh.

Apa penyebabnya? Biasanya dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya, kamu mungkin berpikir bahwa sering curhat kepada teman lawan jenis gak ada salahnya. Tapi jika diteruskan, perlahan tapi pasti bisa timbul perasaan romantis di antara kalian yang akhirnya berujung pada perselingkuhan.

Selingkuh itu ibarat api. Api kecil biasanya kita anggap remeh karena kita berpikir api kecil itu gak akan bisa menyakiti kita. Tapi jika api tersebut kita biarkan, lama-lama ia bisa membesar dan gak bisa dikendalikan lagi. Maka langkah terbaik adalah memadamkan api itu saat masih kecil supaya jangan sampai kita dilukai olehnya.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Alasan Orang Selingkuh Berdasarkan Zodiaknya!

3. Korban perselingkuhan sama sekali gak salah

Jangan Tergoda, Ini 5 Fakta tentang Selingkuh yang Harus Kamu Camkanunsplash/Pablo Varela

Camkan juga bahwa jika seseorang berselingkuh, maka yang salah adalah dirinya, bukan pasangannya. Jika kamu pernah jadi korban selingkuh, ingatlah bahwa kesalahan sepenuhnya ada pada si pelaku, bukan pada dirimu. Sementara jika kamu pernah berselingkuh, berhenti membenarkan diri dan menyalahkan pasanganmu. Dia sama sekali gak salah, kamu yang salah.

"Tapi kan aku selingkuh karena pasanganku kurang perhatian," begitu mungkin pembelaanmu. Apakah dalih seperti itu tepat? Tidak. Kalau memang kamu ingin cari orang lain yang lebih perhatian, kenapa gak putuskan dulu pasanganmu? Kalau kamu sudah putus, kamu bebas berhubungan dengan siapapun. Tapi selama kamu belum putus, kamu gak berhak melakukan itu.

Bahkan jika pasanganmu sering menyakitimu sekalipun, itu tetap gak bisa jadi alasan. Karena sekali lagi, yang kamu lakukan harusnya memutuskan dulu hubungan dengan pasanganmu, baru cari orang lain. Gak ada istilah "terpaksa" selingkuh. Kalau kamu selingkuh, itu adalah karena pilihanmu sendiri dan itu artinya kesalahan sepenuhnya ada di pihakmu.

4. Kamu jomblo? Jangan mau diajak selingkuh karena kamu akan menderita

Jangan Tergoda, Ini 5 Fakta tentang Selingkuh yang Harus Kamu Camkanunsplash/Allef Vinicius

Kalau kamu jomblo, kamu memang gak mungkin selingkuh. Tapi ada kemungkinan seseorang yang sudah punya pasangan mengajakmu untuk jadi selingkuhannya. Jika itu terjadi, jangan pernah mau karena kamu akan menderita.

Bahkan walaupun dia berjanji untuk meninggalkan pasangannya demi kamu, jangan pernah mau. Ingat bahwa dengan mengajakmu berselingkuh, itu adalah bukti bahwa dia bukan orang yang setia. Ketika kelak dia menjadi pasanganmu, apa ada jaminan bahwa dia gak akan selingkuh dengan orang lain lagi? Jadi daripada menderita, tolak mentah-mentah ajakan tersebut!

5. Selingkuh gak akan membawa kebahagiaan

Jangan Tergoda, Ini 5 Fakta tentang Selingkuh yang Harus Kamu Camkanunsplash/Isaiah Rustad

Maka kesimpulannya, selingkuh adalah tindakan yang gak akan membawa kebahagiaan bagi siapapun. Si korban jelas gak bahagia karena sakit hati. Si pelaku pasti merasa bersalah, sedangkan orang yang jadi pasangan selingkuh juga was-was karena khawatir diselingkuhi pula. Maka teruslah jaga dirimu dari godaan selingkuh supaya kamu bisa bahagia.

Itulah 5 hal tentang perselingkuhan yang wajib kamu camkan. Entah kamu sudah punya pasangan atau belum, pupuklah tekad untuk menolak godaan selingkuh supaya kamu terhindar dari akibat-akibat buruknya.

Baca Juga: 5 Tips Menyemangati Diri untuk Jomblo yang Lelah Jalin Hubungan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You