Comscore Tracker

Jangan Nethink! 5 Kelakuan Pasangan Ini Gak Perlu Membuatmu Curiga 

Jangan langsung curiga tanpa dasar yang kuat 

Kesetiaan adalah hal paling utama yang perlu dimiliki oleh orang yang menjalin hubungan asmara. Tanpa kesetiaan, tidak ada fondasi kuat yang mendasari hubungan sehingga hubungan itu bisa hancur. Makanya, kalau punya pasangan, pasti kamu mengharapkan kesetiaan darinya.

Namun, pernahkah kamu merasakan kecurigaan atau nethink (negative thinking) bahwa pasanganmu gak setia? Merasa curiga memang sah-sah saja, tapi jangan sampai kamu langsung merasa curiga hanya karena perilaku pasangan yang sebenarnya bisa jadi gak berarti apa-apa. Ini lima contoh kelakuan pasangan yang seharusnya gak perlu membuatmu langsung curiga.

1. Gak mau posting foto kalian berdua di media sosial

Jangan Nethink! 5 Kelakuan Pasangan Ini Gak Perlu Membuatmu Curiga Freepik/bearfotos

Kalau pasanganmu enggan untuk posting fotomu atau foto kalian berdua di media sosialnya, gak perlu langsung curiga bahwa dia berniat gak setia. Jangan langsung berpikir bahwa dia punya "hati yang ingin dijaga". Ada banyak kemungkinan alasan lain kok yang sama sekali gak salah.

Mungkin pasanganmu memang tipe orang yang beranggapan bahwa hubungan asmara cukup jadi konsumsi pribadi saja, misalnya, sehingga gak perlu diumbar ke mana-mana. Mungkin dia pernah punya pengalaman buruk di masa lalu karena mengumbar kemesraan hubungan di media sosial. Intinya, terlalu naif jika kamu curiga hanya karena masalah sepele, seperti soal posting foto semata.

2. Gak mengizinkanmu mengecek isi HP miliknya

Jangan Nethink! 5 Kelakuan Pasangan Ini Gak Perlu Membuatmu Curiga Unsplash/anne hoang

Ada juga orang yang jadi curiga karena gak pernah diizinkan untuk mengecek isi HP pasangannya. Apakah kamu juga seperti itu? Kalau ya, ketahuilah bahwa kecurigaan seperti itu gak perlu. HP adalah barang pribadi sehingga tidak ada yang aneh dari menjaga barang pribadi supaya hanya digunakan diri sendiri saja.

Belum lagi, kalau yang ingin kamu cek adalah isi chat pribadi pasanganmu dengan orang lain, itu malah lebih privat lagi. Bisa jadi, ada percakapan tentang pekerjaan atau keluarganya yang bersifat rahasia. Jadi sangat wajar kalau dia gak ingin siapa pun yang gak berkepentingan melihatnya, termasuk kamu.

"Tapi temanku ada kok yang ngebolehin pasangannya ngecek HP-nya. Kenapa pasanganku enggak?" Sekali lagi, HP adalah barang pribadi. Jadi, setiap orang bebas memutuskan apakah mau meminjamkannya atau tidak. Kalau pasanganmu termasuk yang tidak mengizinkan, kamu harus menghormati keputusannya.

"Tapi kalau pasanganku benaran sayang, harusnya dia mau mengizinkan aku mengecek HP-nya." Nah, sebenarnya itu logika yang salah. Mengumbar privasi bukanlah cara yang tepat untuk mengungkapkan rasa sayang. Justru, kalau benar-benar sayang padanya, harusnya kamu membuktikannya dengan cara menghormati privasinya.

Baca Juga: Bak Masih Pacaran, 10 Pemotretan Pasangan Seleb yang Punya Banyak Anak

3. Lama balas chat

Jangan Nethink! 5 Kelakuan Pasangan Ini Gak Perlu Membuatmu Curiga freepik/freepik

Kecurigaan juga bisa timbul kalau pasangan sering lama dalam membalas chat. Karena capek menunggu, bisa jadi kamu mulai berpikir, "Jangan-jangan, dia lagi macam-macam dengan orang lain." Pemikiran seperti itu manusiawi, tapi sebenarnya perlu kamu lawan.

Ada begitu banyak kemungkinan penyebab seseorang lama balas chat, seperti sibuk bekerja, sedang di jalan, sedang tidak memegang HP, baterai HP menipis, ketiduran, dan sebagainya. Dari semua kemungkinan itu, kenapa kamu malah memikirkan kemungkinan yang terburuk?

Ibarat menyetir mobil, kamu gak akan berani menyetir jauh kalau kamu selalu memikirkan kemungkinan kecelakaan. Hubunganmu pun begitu, gak akan sampai ke mana-mana kalau kamu selalu memikirkan kemungkinan terburuk. Makanya, supaya itu gak terjadi, singkirkanlah pikiran buruk yang gak berdasar dari dalam hatimu.

4. Gak suka ketika ditanya sedang apa dan sedang di mana

Jangan Nethink! 5 Kelakuan Pasangan Ini Gak Perlu Membuatmu Curiga Freepik/freepik

Pertanyaan "lagi di mana" atau "lagi apa" sebenarnya adalah pertanyaan yang wajar dalam hubungan. Makanya, kalau pasanganmu malah tampak gak nyaman ketika kamu bertanya itu, bisa jadi kamu berpikiran bahwa ia sedang menyembunyikan sesuatu. Namun, sebelum berpikiran buruk, coba introspeksi dulu kebiasaanmu dalam bertanya seperti itu.

Apakah kamu terlalu sering menanyakan hal itu? Definisi "terlalu sering" memang subjektif, tapi kalau kamu bertanya seperti itu sampai berkali-kali dalam sehari, sebenarnya wajar kalau pasangan jadi gak nyaman.

Meskipun mungkin kamu hanya sekadar bertanya, bisa jadi pasangan merasa seolah kamu terus menyelidik tingkah lakunya seolah ia adalah tersangka. Mungkin ia jadi terganggu karena harus terus-menerus menjawab pertanyaanmu itu. Apa pun sebabnya, wajar ia merasa gak nyaman kalau kamu terlalu sering bertanya. Makanya, sebenarnya kamu gak perlu curiga.

5. Mulai berubah jadi cuek 

Jangan Nethink! 5 Kelakuan Pasangan Ini Gak Perlu Membuatmu Curiga pexels/pixabay

Lalu, bagaimana kalau pasanganmu sekarang berubah jadi cuek? Padahal, dulu ketika PDKT dan awal jadian, ia sangat perhatian. Namun, sekarang sikapnya berubah 180 derajat. Apakah itu dasar yang tepat untuk curiga bahwa ia sudah mulai mendua?

Tidak, itu karena alasan pasangan berubah cuek pun ada banyak. Bisa jadi pasanganmu sebenarnya memang adalah tipe orang yang cuek. Namun, saat PDKT, ia terlihat gak cuek karena sedang berusaha mendapatkan hatimu. Makanya, sebenarnya sekarang ia bukan "berubah" jadi cuek. Kamu hanya mulai melihat sifat aslinya saja.

Kemungkinan lain adalah pikirannya sedang tercurah pada hal lain, misalnya masalah pekerjaan atau masalah keluarga sehingga perhatiannya padamu jadi berkurang. Apa pun itu, jangan langsung curiga macam-macam pada pasangan hanya karena ia cuek karena kemungkinan penyebabnya ada banyak.

Itulah lima contoh kelakuan pasangan yang gak perlu membuatmu langsung curiga. Seperti bisa kamu lihat, ada banyak kemungkinan kenapa pasangan melakukan itu. Makanya, gak perlu langsung berpikiran negatif bahwa dia gak setia. Dicurigai itu gak enak, lho. Jadi, jangan sampai kamu malah kehilangan pasangan yang sebenarnya setia karena kecurigaanmu yang berlebihan.

Baca Juga: Sadarlah! 5 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan pada Pasangan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya