Comscore Tracker

5 Kerugian Terlalu Gampang Memutuskan Hubungan, Awas Menyesal!

Sabar dan pikir dulu baik-baik sebelum memutuskan

Setiap orang yang menjalani hubungan pacaran pasti berharap supaya hubungannya bisa terus langgeng. Bahkan kalau bisa sampai menikah dan hidup bersama seumur hidup. Namun kamu juga tentu sadar bahwa itu gak selalu bisa terjadi. Ada kalanya sebuah hubungan memang harus diakhiri. Dan terkadang, kitalah yang harus bertindak mengakhiri hubungan tersebut.

Meski menyakitkan, memutuskan hubungan dengan kekasih bisa sangat bermanfaat bagi kita. Tapi ingat, memutuskan hubungan buat suatu keputusan sepele. Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan itu. Kalau kamu terlalu gampang memutuskan hubungan dengan kekasih, kamu malah bisa mendapat kerugian ini lho.

1. Hanya dikuasai emosi sesaat, kamu bisa menyesal nantinya

5 Kerugian Terlalu Gampang Memutuskan Hubungan, Awas Menyesal!unsplash.com/noah silliman

Memutuskan hubungan hendaknya didasari alasan yang kuat, dan alasan tersebut harus dipertimbangkan dengan pikiran yang jernih. Maka memutuskan hubungan seharusnya gak dilakukan jika sedang marah atau sedih, karena itu hanya luapan emosi sesaat yang bisa segera hilang.

Jika kamu keburu memutuskan hubungan hanya karena dikuasai emosi sesaat, kemungkinan besar kamu akan merasakan penyesalan ketika emosimu stabil lagi nantinya. Dengan pikiran jernih mungkin kamu akan sadar bahwa sebenarnya masalahnya gak seburuk itu dan masih bisa diselesaikan dengan baik.

"Ya kalau begitu tinggal minta balikan saja," begitu mungkin pikirmu. Jangan salah, belum tentu keadaan bisa diubah semudah itu. Bisa jadi kekasihmu keburu kecewa karena diputuskan dengan gampang olehmu, sehingga ia jadi ogah balikan. Kamu pun kehilangan orang yang potensial jadi teman hidup, semua hanya karena emosi sesaat. Pasti nyesel deh!

2. Kamu bisa kehilangan orang yang sebenarnya terbaik untukmu

5 Kerugian Terlalu Gampang Memutuskan Hubungan, Awas Menyesal!freepik/ruslangaliullin

Kesalahan atau sifat buruk pasangan memang bisa memunculkan pikiran untuk putus hubungan. Tapi kalau kamu langsung mengiyakan pikiran itu tanpa pertimbangan, ada kemungkinan kamu akan kehilangan orang yang sebenarnya terbaik untukmu.

Hanya karena pasangan melakukan kesalahan atau punya sifat buruk, bukan berarti dia bukan orang yang tepat bagimu. Sedikit kesalahan gak bisa mendefinisikan seseorang secara keseluruhan. Lagipula selalu ada kemungkinan dia bisa berubah. Bukankah jauh lebih baik bersabar dan beri dia kesempatan untuk memperbaiki diri?

Baca Juga: Baru Putus, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Jalani Hubungan Baru

3. Kamu jadi terbiasa untuk lari dari masalah, bukan menyelesaikan

5 Kerugian Terlalu Gampang Memutuskan Hubungan, Awas Menyesal!freepik/yanalya

Saat ada masalah dalam hubungan, putus hubungan seringkali bukan jawaban yang tepat. Masalah hanya akan selesai kalau kamu mencoba menyelesaikannya, bukan justru lari darinya. Jika kamu selalu lari setiap kali menghadapi masalah dalam hubungan, maka kamu gak akan pernah punya hubungan yang langgeng, karena tidak ada hubungan yang bebas masalah.

Parahnya lagi, kebiasaan itu bisa terbawa ke berbagai bidang kehidupanmu, bukan hanya percintaan saja. Misalnya ketika ada masalah di kantor, kamu gak mencoba mengatasinya tapi malah keluar dari pekerjaanmu. Cepat atau lambat, sikap mudah menyerah seperti itu pasti akan merugikan dirimu sendiri.

4. Kamu dapat reputasi buruk di mata orang lain

5 Kerugian Terlalu Gampang Memutuskan Hubungan, Awas Menyesal!freepik/peoplecreations

Jika kamu terkenal sebagai orang yang suka dengan mudahnya memutuskan hubungan, pasti reputasi buruk akan melekat padamu. Kamu bisa dianggap sebagai orang yang suka gonta-ganti pasangan. Minimal, kamu akan dinilai sebagai orang yang kekanak-kanakan, karena seolah menganggap hubungan pacaran itu untuk main-main belaka. Gak mau kan dapat reputasi begitu?

5. Kamu bakal sulit dapat jodoh

5 Kerugian Terlalu Gampang Memutuskan Hubungan, Awas Menyesal!unsplash.com/@wflwong

Pada akhirnya, terlalu gampang memutuskan hubungan tentu akan membuatmu sulit mendapat jodoh. Reputasi burukmu bisa membuat lawan jenis ragu untuk berhubungan denganmu. Lalu ketika kamu berhasil menjalin hubungan pun, kamu dengan mudahnya memutuskan hubungan sehingga batal lagi mendapatkan calon teman hidup.

Makanya, kalau tidak mau mengalami semua kerugian di atas, jangan terlalu gampang memutuskan hubungan dengan kekasih. Boleh saja memutuskan hubungan, tapi pastikan kamu punya alasan yang kuat dan sudah mempertimbangkan situasinya dengan saksama. Dan tentu saja, sebisa mungkin pertahankanlah hubungan yang kamu punya supaya bisa langgeng dan bahagia!

Baca Juga: 5 Hal yang Dipikirkan Seseorang Saat Ingin Putus dari Hubungan Asmara

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya