Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Bikin Hubungan Gak Berkembang, Ayo Koreksi! 

Supaya bisa bahagia, kamu dan pasangan harus berkembang 

Sepasang kekasih yang menjalin hubungan pasti ingin hubungannya bahagia. Namun karena tidak sempurna, mereka berdua tentu sama-sama memiliki kekurangan yang bisa menghambat kebahagiaan itu. Maka untuk bisa meraihnya, mereka perlu sama-sama berkembang sebagai pasangan.

Tapi tentu untuk berkembang sebagai pasangan pun butuh perjuangan. Ada beberapa kesalahan yang bisa membuat sepasang kekasih gak berkembang, sehingga akhirnya jadi gak bahagia. Maka kalau kamu dan pasangan ingin bahagia, kamu perlu menghindari 5 kesalahan berikut ini.

1. Selalu menghindari debat

5 Kesalahan yang Bikin Hubungan Gak Berkembang, Ayo Koreksi! freepik/shisuka

Apakah kamu dan pasangan selama ini terbilang sering berdebat bahkan sampai bertengkar? Kalau ya, gak perlu berkecil hati karena itu bisa jadi tanda bahwa kalian sedang proses perkembangan sebagai pasangan. Meskipun perdebatan dan pertengkaran bisa membuat hubungan merenggang, itu juga bisa membawa banyak manfaat lho.

Misalnya kalian belajar untuk saling jujur dengan pendapat sendiri dan gak ikut-ikutan pendapat pasangan. Kalian juga bisa belajar untuk berani menyampaikan pendapat tersebut meskipun ada resiko ditentang oleh pasangan.

Dan jika kalian masih tetap bersama meski sering berdebat, itu bukti bahwa kalian berusaha tetap setia meski banyak rintangan. Maka sebenarnya perdebatan dengan pasangan tidak perlu selalu dihindari. Asalkan kalian terus belajar cara berdebat yang baik, perdebatan yang terjadi malah bisa membuat kalian semakin berkembang sebagai pasangan lho.

2. Terlalu menerima pasangan apa adanya 

5 Kesalahan yang Bikin Hubungan Gak Berkembang, Ayo Koreksi! freepik/wavebreakmedia

Sebagai pasangan, saling menerima apa adanya satu sama lain adalah kewajiban. Kalau kamu bisa menerima semua kelebihan pasangan, maka tentu kamu juga harus mau menerima kekurangannya. Tapi menerima kekurangan itu gak berarti kamu membiarkannya begitu saja.

Menerima kekurangan pasangan artinya kamu bersabar terhadap kekurangan itu, tapi tetap membantunya memperbaiki diri. Kalau kamu terima begitu saja, bisa jadi pasanganmu merasa gak perlu memperbaiki diri, dan akhirnya dia sendiri yang rugi. Maka jangan terlalu menerima pasangan apa adanya, tapi bantulah dia untuk memperbaiki dirinya.

3. Enggan mengkritik pasangan 

5 Kesalahan yang Bikin Hubungan Gak Berkembang, Ayo Koreksi! Freepik/wavebreakmedia

Bahkan kamu juga perlu mengkritik kekurangan pasangan lho, terutama kalau ia tampak gak sadar pada kekurangannya itu. Gak perlu takut pasanganmu marah atau kecewa. Asalkan niat dan cara mengkritikmu baik, pasti ia paham bahwa itu untuk kebaikannya sendiri. Dan tentu kamu sendiri pun perlu menerima kritikan dari pasangan supaya bisa terus berkembang.

Baca Juga: 5 Kesalahan Terbesar dalam Hubungan yang Sangat Sulit Dimaafkan

4. Gak belajar dari pasangan lain yang lebih berpengalaman 

5 Kesalahan yang Bikin Hubungan Gak Berkembang, Ayo Koreksi! freepik/williamperugini

Kalau kamu mau menjadi lebih baik dalam suatu bidang, kamu perlu belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman. Gak terkecuali dalam hubungan asmara. Pasti banyak pasangan lain di sekitarmu yang lebih berpengalaman dari kalian. Cobalah belajar dari mereka, misalnya tentang cara mengatasi kebosanan dalam hubungan.

Contoh terbaik biasanya adalah orang tua kalian. Atau bisa juga teman-teman kalian yang sudah lebih lama menjalin hubungan. Jangan malu mengakui bahwa mereka lebih unggul dalam hal pengalaman. Kalau kalian rendah hati, pasti banyak yang bisa dipelajari dari orang lain demi kemajuan hubungan kalian sendiri.

5. Merasa gak ada yang perlu diperbaiki 

5 Kesalahan yang Bikin Hubungan Gak Berkembang, Ayo Koreksi! freepik/freepik

Last but not least, buanglah pikiran bahwa kamu dan pasangan sudah cukup baik sehingga gak ada yang perlu diperbaiki lagi. Gak ada manusia yang sempurna, maka pasti selalu ada yang bisa kalian perbaiki lagi.

Salah satu aspek yang selalu bisa diperbaiki adalah komunikasi. Bahkan pasangan suami istri yang sudah puluhan tahun berumah tangga saja masih bisa salah paham saat berkomunikasi. Maka kalau kalian ingin terus berkembang sebagai pasangan, jangan pernah merasa gak perlu memperbaiki diri lagi.

Itulah 5 kesalahan yang bisa membuat hubunganmu dan pasangan gak berkembang. Koreksilah kesalahan-kesalahan tersebut supaya kamu dan pasangan bisa terus berkembang dan bisa bahagia!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasangan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya