Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Dapat Pasangan Gak Setia, Hindari! 

Kamu bisa kok dapat pasangan yang setia 

Setiap orang yang menjalin hubungan asmara pasti ingin mendapat pasangan yang setia. Sejumlah kriteria lain tentu juga menyertai, tapi kesetiaan biasanya dianggap sebagai syarat utama dan mutlak, gak bisa diganggu gugat. Mana ada sih orang yang mau punya pasangan yang suka mendua?

Sayangnya, gak semua orang bisa mendapatkan pasangan yang setia. Beberapa bernasib sial karena malah dipertemukan orang yang gak setia, bahkan hingga berkali-kali. Apakah kamu termasuk yang mengalami hal itu?

Tentu, ketidaksetiaan pasangan adalah salahnya sendiri, bukan salahmu. Namun, yang perlu kamu pikirkan adalah bagaimana caranya supaya kamu gak lagi menderita karena berhubungan dengan orang yang gak setia. Lima kesalahan berikut ini bisa jadi penyebab kamu gagal dapat pasangan yang setia. Ada yang pernah kamu lakukan?

1. Kurang banyak mencari tahu soal sifat gebetan saat PDKT 

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Dapat Pasangan Gak Setia, Hindari! pexels.com/cottonbro

Masa PDKT alias pendekatan seharusnya bukanlah masa yang hanya berisi bersenang-senang semata. Saat PDKT dengan gebetan, kamu harusnya juga mencari tahu soal dirinya sebanyak-banyaknya. Gak salah bersenang-senang saat PDKT, tapi jangan lupa sediakan waktu untuk pembicaraan mendalam supaya kamu tahu persis kepribadian dan sifatnya.

Kalau begitu, berapa lama jangka waktu yang paling tepat untuk PDKT? Gak ada batas mutlaknya, tapi yang jelas jangan terburu-buru. Beri cukup waktu sampai kamu sudah mengetahui cukup banyak tentang kepribadiannya. Baru dari situlah kamu bisa memutuskan apakah jadian dengannya adalah langkah yang bijak atau tidak.

2. Terlalu mementingkan penampilan  

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Dapat Pasangan Gak Setia, Hindari! pexels.com/andrea piacquadio

Gak ada yang salah dengan mencari pasangan yang penampilannya menarik sesuai seleramu. Siapa sih orang yang gak senang kalau punya pasangan yang good-looking? Namun, jangan terlalu mementingkan penampilan karena itu bisa mengaburkan penilaianmu tentang hal-hal yang lebih penting.

Apakah itu artinya lebih baik cari pasangan yang gak good-looking saja? Tentu tidak demikian. Kesetiaan seseorang gak ada hubungannya dengan penampilannya. Memang, orang yang penampilannya menarik kemungkinan besar akan lebih banyak dapat godaan dari orang ketiga. Namun, kalau dia memang setia, godaan sebanyak apa pun gak akan berpengaruh.

Intinya, gak masalah mendekati orang yang penampilannya menarik, tapi jangan biarkan penampilannya itu membuatmu jadi permisif terhadap sifat-sifat buruk yang ia miliki. Kalau ternyata sifat-sifatnya membuatmu ragu, jangan teruskan hubungan hanya karena kamu suka penampilannya.

3. Terlalu gampang percaya 

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Dapat Pasangan Gak Setia, Hindari! irishtimes.com

Ketidaksetiaan pasangan bukanlah salahmu, tapi kalau kamu sering tertipu pasangan yang tidak setia, kemungkinan itu salahmu. Misalnya kamu terlalu gampang percaya semua yang dikatakan pasangan. Saat ia pernah ketahuan berbohong, kamu tetap percaya begitu saja pada kata-katanya.

Kepercayaan adalah kunci sebuah hubungan yang bahagia. Namun, kepercayaan itu harus diberikan pada orang yang memang terbukti layak menerimanya. Kalau pasanganmu terbukti gak layak, gak ada salahnya kamu menaruh curiga, bahkan memintanya membuktikan kata-katanya.

Awas, gak percaya itu berbeda dengan menuduh, apalagi memfitnah. Meski kamu gak langsung percaya kata-kata pasangan, jangan melontarkan tuduhan. Cukup pastikan lagi kebenaran kata-katanya supaya kamu bisa terhindar dari kebohongan yang mungkin ia katakan.

4. Mengabaikan tanda bahaya 

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Dapat Pasangan Gak Setia, Hindari! pexels.com/andrea piacquadio

Orang yang tidak setia biasanya memiliki tanda-tanda tertentu yang bisa terlihat. Misalnya dari sejak PDKT pun, bisa jadi sudah ada tanda bahaya yang kamu lihat, yaitu jumlah mantannya yang ternyata sangat banyak. Bisa juga, ternyata ia mendekati beberapa lawan jenis sekaligus, bukan hanya kamu.

Sementara, jika sudah menjadi pasangan, bisa jadi ia cenderung merahasiakan hal-hal tertentu yang sebenarnya gak perlu dirahasiakan, misalnya ke mana ia pergi atau dengan siapa. Jika kamu melihat tanda-tanda bahaya seperti itu, jangan abaikan. Ambil tindakan yang perlu dilakukan supaya tidak menyesal nantinya.

5. Terlalu takut gak punya pasangan 

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Dapat Pasangan Gak Setia, Hindari! pexels.com/mikoto.raw

Kalau kamu ragu menerapkan saran di poin nomor empat, mungkin itu artinya kamu sedang melakukan kesalahan kelima: terlalu takut gak punya pasangan. Kamu sudah bisa melihat jelas tanda-tanda bahaya dari pasangan. Kamu juga tahu harus berbuat apa, tapi kamu memilih diam saja karena gak mau kehilangan pasangan.

Kalau begitu, yang harus diperbaiki adalah cara berpikirmu. Jangan pernah berpikir bahwa kehilangan pasangan itu akhir dari segalanya. Kehilangan orang yang gak setia harusnya bukan membuatmu sedih, tapi justru lega karena kamu punya kesempatan baru untuk mencari orang yang benar-benar setia.

Memang, kehilangan pasangan bukan sesuatu yang menyenangkan. Namun, terjebak dalam hubungan yang gak membahagiakan justru lebih banyak lagi gak enaknya. Milikilah pandangan yang tepat soal memiliki pasangan sehingga kamu pasti bisa mengambil tindakan tegas pada pasangan yang gak setia.

Sekali lagi, ketidaksetiaan pasangan bukan salahmu. Namun, kamu sebenarnya bisa berupaya supaya gak perlu menderita karena ketidaksetiaan orang lain. Makanya, hindarilah lima kesalahan tersebut supaya kamu bisa dapat pasangan yang benar-benar setia!

Baca Juga: Jangan Pernah Bandingkan Pasangan dengan 5 Orang Ini, Bisa Runyam! 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya