Comscore Tracker

5 Keuntungan Punya Pacar yang Kepribadiannya Berlawanan, Seru Lho!

Bakal sering beda pendapat, tapi justru seru

Kita sering mendengar nasihat bahwa menjalin hubungan pacaran itu sebaiknya dengan orang yang kepribadiannya cocok. Dan biasanya nasihat seperti itu memang tepat, karena umumnya lebih mudah menjalin hubungan dengan orang yang sifat dan kepribadiannya mirip dengan kita.

Tapi apakah itu berarti berhubungan dengan orang yang sifat dan kepribadiannya berlawanan bukan ide yang bagus? Ternyata gak selalu begitu.

Justru kalau kamu punya pasangan yang kepribadiannya berlawanan, kamu bakal mendapat sejumlah keuntungan lho. Mau tahu apa saja? Ini 5 di antaranya.

1. Bisa saling menyeimbangkan kepribadian

5 Keuntungan Punya Pacar yang Kepribadiannya Berlawanan, Seru Lho!pexels/pixabay

Misalnya kamu adalah tipe orang yang ceplas-ceplos dalam berbicara. Jika kamu berpacaran dengan orang yang berbicaranya selalu hati-hati, kamu bisa belajar darinya cara berbicara yang lebih hati-hati supaya gak menyinggung orang lain. Sedangkan pacarmu pun bisa belajar darimu cara berbicara lebih to the point dan gak bertele-tele.

Begitu pula dengan berbagai sifat dan kepribadian lain. Setiap sifat dan kepribadian punya keunggulan masing-masing, tapi segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Jadi berpacaran dengan orang yang kepribadiannya berlawanan bisa membantumu dan pacarmu saling menyeimbangkan kepribadian supaya gak berlebihan.

2. Mendewasakan diri

5 Keuntungan Punya Pacar yang Kepribadiannya Berlawanan, Seru Lho!pexels/Trinity Kubassek

Dalam hidup, kamu pasti akan berurusan dengan orang-orang dari berbagai macam latar belakang. Sebagian mungkin sifatnya mirip denganmu, sedangkan sebagian lagi berlawanan. Tapi gak mungkin kan kamu cuma mau berurusan dengan orang-orang yang sifatnya mirip denganmu saja?

Maka untuk bisa berurusan dengan orang-orang yang sifatnya berlawanan denganmu, kamu butuh sifat toleransi. Nah, sifat toleransi itu bisa kamu latih saat berhubungan dengan pacar yang kepribadiannya berlawanan denganmu. Dengan demikian kamu pun jadi makin dewasa dan bisa menjaga hubungan baik dengan segala macam orang.

Baca Juga: 5 Hal Ini Akan Kamu Temui Jika Berpacaran dengan Seorang Ambivert

3. Melatih kepekaan

5 Keuntungan Punya Pacar yang Kepribadiannya Berlawanan, Seru Lho!pexels/Mairon Silveira

Kepekaan adalah sifat yang sangat penting gak hanya dalam hubungan romantis, tapi dalam hubungan dengan orang-orang lain juga. Kalau kamu peka, kamu tahu bagaimana caranya harus bersikap dan berkata dalam berbagai situasi. Itu khususnya penting saat kamu terlibat masalah dengan orang lain.

Kepekaan semacam itu kadang sulit dimiliki, tapi bisa dilatih. Maka kalau kamu berpacaran dengan orang yang kepribadiannya berlawanan denganmu, kamu bisa melatih kepekaan tersebut. Perlahan tapi pasti, kamu pun jadi tahu caranya memperlakukan orang yang sifatnya jauh beda denganmu, dan keterampilan itu akan sangat berguna bagimu.

4. Hubungan tidak akan membosankan

5 Keuntungan Punya Pacar yang Kepribadiannya Berlawanan, Seru Lho!pexels/rawpixel

Berpacaran dengan orang yang sifat dan kepribadiannya mirip memang banyak untungnya. Karena sifat kalian cocok, kalian pun jadi jarang bertengkar, jarang berbeda pendapat, bisa melakukan banyak hal sama-sama, dan berbagai keuntungan lainnya. Singkatnya, hidup jadi terasa sangat mudah.

Tapi kamu mungkin setuju, bahwa kadang hidup yang terlalu mudah itu gak menarik, bahkan membosankan. Bukankah hidup yang penuh tantangan itu lebih seru? Itu bisa kamu rasakan kalau kamu berpacaran dengan orang yang kepribadiannya berlawanan.

Selain itu, berpacaran dengan orang yang kepribadiannya sama mungkin gak akan memberimu banyak kejutan. Kamu sudah tahu segala tindak tanduknya, karena toh itu mirip dengan tingkah lakumu. Sedangkan orang yang kepribadiannya berlawanan bisa senantiasa membuatmu terkejut dan memberimu pengalaman baru lho!

5. Punya cara pandang yang lebih luas

5 Keuntungan Punya Pacar yang Kepribadiannya Berlawanan, Seru Lho!pexels/mentatdgt

Kalau kamu punya pacar yang kepribadiannya mirip denganmu, kemungkinan besar kalian akan jarang berbeda pendapat. Memang sih hubungan seperti itu asyik juga karena kalian jadi jarang berdebat atau bertengkar. Tapi ada sisi negatifnya, yaitu kalian jadi punya cara pandang yang kurang luas.

Kalau kamu dan pacarmu punya cara pandang yang selalu sama, bagaimana kalian bisa belajar memandang suatu persoalan dari sudut pandang lain? Nah, berpacaran dengan orang yang kepribadiannya berlawanan bisa memberi kalian sudut pandang baru. Dengan demikian, kalian terbiasa melihat suatu masalah dari berbagai sisi, bukan dari satu sisi saja.

Itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapat kalau kamu berpacaran dengan orang yang kepribadiannya berlawanan. Jadi gimana, ternyata gak rugi kan punya pacar yang sifatnya gak mirip denganmu?

Baca Juga: Gak Hanya Suka, Ini Dia 7 Duka Pacaran Sama Fangirl!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya