Comscore Tracker

Penting, 5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Terbuka dengan Pasangan

Semakin terus terang, semakin baik

Dalam berpacaran, terkadang kesalah pahaman bisa timbul sehingga menimbulkan konflik. Memang dua orang yang berpacaran pasti berupaya memahami satu sama lain. Tapi yang namanya hubungan tetap gak akan bisa terhindar sama sekali dari kesalah pahaman.

Namun demikian, kesalah pahaman bisa diminimalkan. Bagaimana caranya? Komunikasi yang terbuka adalah kuncinya. Hal-hal sensitif yang rawan menimbulkan kesalah pahaman harus dibahas secara terbuka dengan pacar, sehingga kamu bisa tahu keinginan pacar dan sebaliknya. Apa saja hal-hal yang dimaksud itu? Ini dia 5 di antaranya.

1. Tujuan berpacaran

Penting, 5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Terbuka dengan Pasanganlovepanky.com

Yang pertama adalah tujuan kalian berpacaran. Kamu pasti berpacaran dengan suatu tujuan, bukan? Mungkin sejak awal tujuanmu adalah menikah. Tapi bisa juga kamu tidak mau berpikir terlalu jauh dulu, jadi kamu berpacaran untuk melihat dulu kecocokan di antara kalian, baru menentukan langkah selanjutnya.

Apapun itu, bicarakanlah tujuan kalian berpacaran. Cobalah berterus terang. Kalau dari awal kamu memang belum ada pikiran untuk menikah, ya katakan saja. Jangan sampai pacarmu berharap lebih dan akhirnya kecewa. Lalu seiring berjalannya waktu, bicarakan lagi tujuan kalian, apakah masih sama atau sudah berubah.

2. Apa yang kamu suka dan tidak suka

Penting, 5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Terbuka dengan Pasanganlistaka.com

Untuk menghindari kesalah pahaman, kamu dan pacar juga harus saling tahu apa kesukaan dan ketidak sukaan masing-masing. Hal itu harus dibahas bersama, jangan menuntut pacarmu harus peka tanpa kamu beri tahu. Pacarmu gak seperti Tuhan yang bisa baca pikiran kan?

Kamu gak suka membahas soal mantan? Katakan saja terus terang. Kamu gak nyaman dengan sentuhan fisik yang berlebihan? Ungkapkan supaya pacarmu tahu. Begitu pula dengan berbagai ketidak sukaan lain yang kamu punya. Semakin kalian terbuka, semakin kecil pula kemungkinan timbul masalah karena salah paham.

3. Kesibukan masing-masing

Penting, 5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Terbuka dengan Pasanganpinterest.com

Kesalah pahaman juga bisa timbul kalau kalian gak saling terbuka soal kesibukan masing-masing. Pernah gak pacarmu marah-marah karena kamu lama gak balas chat, padahal kamu gak balas karena sedang sibuk? Itu terjadi karena ketidaktahuan. Maka komunikasikan kegiatan sehari-harimu supaya gak hal semacam itu gak terjadi.

Baca Juga: 5 Kekhawatiran Pasangan Saat Tahu Kamu Memiliki Banyak Teman Pria

4. Sikap terhadap mantan dan sahabat lawan jenis

Penting, 5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Terbuka dengan Pasanganelitedaily.com

Kemungkinan, kamu dan pacar sama-sama punya mantan. Jika ya, coba komunikasikan soal bagaimana kalian seharusnya bersikap terhadap mantan masing-masing. Apakah kamu mengizinkan pacarmu bertemu dengan mantannya? Bagaimana kalau mereka masih berteman baik? Apakah kamu keberatan? Bahas semuanya sejelas mungkin supaya gak ada salah paham.

Begitu pula dengan sahabat lawan jenis. Mungkin kamu punya sahabat lawan jenis, dan begitu pula pacarmu. Bahas dengan jelas apa yang kamu izinkan dari persahabatan mereka dan apa yang tidak. Gak salah lho untuk meminta pacarmu lebih mendahulukan kamu daripada sahabatnya, karena itu adalah hakmu sebagai pacar.

5. Soal siapa yang bayar saat kencan

Penting, 5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Terbuka dengan Pasanganpexels/bruce mars

Uang juga bisa jadi sumber masalah kalau kamu dan pacar gak membahas soal itu. Misalnya saja soal siapa yang harus membiayai kencan kalian. Umumnya memang cowok yang melakukan itu, tapi itu bukan hal yang mutlak. Kalau kamu cewek, kamu perlu bertanya pada pacarmu apakah ia keberatan kalau setiap kali kencan selalu dia yang bayar.

Kalau kamu cowok dan kamu keberatan dengan hal itu, ya ungkapkan saja terus terang. Gak perlu malu atau sungkan. Seringkali cewek pun gak merasa keberatan lho untuk membayar biaya kencan. Intinya bicarakan semuanya secara terus terang dan cari solusi terbaik buat kalian berdua.

Itulah 5 hal yang perlu kamu bahas bersama pacar untuk menghindari kesalah pahaman. Apakah kamu dan pacarmu sudah pernah membahas soal hal-hal tersebut? Kalau belum, lebih baik cepat bahas sebelum keburu terjadi salah paham!

Baca Juga: 5 Jawaban Cerdas Pertanyaan Kapan Punya Anak untuk Pasangan Muda

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya