Comscore Tracker

5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Bahagia Dalam Hubungan

Kamu harus hindari deh!

Semua orang yang menjalin hubungan asmara pasti punya keinginan untuk bahagia. Tapi kamu tentu sadar bahwa terkadang justru ketidakbahagiaan yang bisa terjadi. Penyebabnya bisa macam-macam, misalnya karena kesalahan pasangan atau karena situasi yang memang kurang mendukung.

Tapi jika kamu sedang tidak bahagia dalam hubungan, jangan langsung menyalahkan pasanganmu atau keadaan. Bisa jadi ketidakbahagiaan yang kamu rasakan itu gara-gara sikapmu sendiri yang salah. Maka kamu tentu harus memperbaiki sikap seperti itu, misalkan 5 sikap berikut ini.

1. Berharap terlalu tinggi kepada pasangan

5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Bahagia Dalam Hubunganpexels/Vera Arsic

Tidak salah untuk memiliki kriteria tertentu soal "pasangan ideal" menurutmu. Tapi kalau kamu terlalu berharap supaya pasanganmu bisa memenuhi semua kriteria itu, akibatnya bisa sangat buruk. Pasanganmu akan merasa tertekan, dan kamu sendiri akan sulit bahagia karena punya harapan yang terlalu tinggi.

Hal terpenting yang hendaknya kamu harapkan dari pasangan adalah sifat dan kepribadian yang baik. Kalau dia sudah mempunyai itu, janganlah menaruh harapan lain yang terlalu berlebihan. Kamu sendiri akan kecewa dan tidak bahagia jika dia tidak bisa memenuhinya. Berharap boleh, tapi pastikan harapanmu masih wajar dan tidak muluk-muluk ya.

2. Membandingkan pasanganmu dengan orang lain

5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Bahagia Dalam Hubunganpexels/pixabay

Suka membanding-bandingkan pasanganmu dengan orang lain juga bisa membuatmu gak bahagia. Orang lain mungkin punya kelebihan yang tidak dimiliki pasanganmu. Tapi jangan lupa bahwa pasanganmu pun pasti punya kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

Mungkin sebenarnya pasanganmu sudah menjadi orang yang terbaik untukmu, tapi kamu gak menyadari itu karena terlalu sibuk membandingkan dirinya dengan orang lain. Akhirnya kamu jadi gak bersyukur dan gak bahagia memilikinya. Dan tentu saja, pasanganmu pasti sedih kalau kamu selalu membandingkannya dengan orang lain!

3. Membandingkan situasimu dengan situasi pasangan lain

5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Bahagia Dalam Hubunganfreepik/katemangostar

Selain membandingkan pasangan, membandingkan situasi pasangan lain dengan situasi hubunganmu dengan situasi orang lain juga bisa merenggut kebahagiaanmu. Misalnya kamu menjalani hubungan LDR, dan kamu iri dengan temanmu yang bisa setiap hari bertemu pasangannya.

Kalau pikiranmu selalu fokus ke hal negatif dalam situasimu, wajar kalau kamu jadi merasa begitu nelangsa. Padahal lagi-lagi bisa saja sebenarnya hubunganmu jauh lebih harmonis daripada hubungan orang lain. Jadi kenapa gak fokus pada hal positif dari hubunganmu supaya lebih bahagia?

Baca Juga: Gak Perlu Muluk, 5 Hal Sederhana Ini Justru Bisa Bikin Kamu Bahagia!

4. Terlalu memperhitungkan pengorbanan yang sudah kamu buat

5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Bahagia Dalam Hubunganfreepik/pressfoto

Dalam menjalin hubungan tentu kamu sudah mengorbankan banyak hal. Mulai dari waktu, materi, tenaga, pikiran, maupun hal lain. Jika kamu sudah menjalin hubungan cukup lama, kemungkinan pengorbanan yang sudah kamu buat sangat besar jumlahnya. Tapi jangan sampai kamu terlalu berfokus pada semua yang sudah kamu korbankan itu.

Jika itu yang kamu lakukan, kamu akan merasa seolah rugi karena sudah mengorbankan banyak hal. Pikiran seperti itu bisa membuatmu gak bahagia. Jangan lupa, bukan hanya kamu yang sudah banyak berkorban, pasanganmu pun pasti telah membuat banyak pengorbanan. Kalau dia tidak pernah mempermasalahkannya, kamu pun harusnya tidak demikian.

5. Terlalu mengkhawatirkan masa depan

5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Bahagia Dalam Hubunganfreepik/yanalya

Setiap pasangan pasti sadar bahwa selalu ada kemungkinan hubungan mereka bisa menghadapi masalah berat atau bahkan berakhir. Entah sudah menikah atau belum, kekhawatiran seperti itu adalah hal yang wajar. Tapi pastikan kamu mengendalikan kekhawatiran itu supaya gak berlebihan.

Misalnya, gak perlu terus-menerus memikirkan soal kemungkinan bahwa pasanganmu selingkuh atau suatu saat gak mencintaimu lagi. Pemikiran negatif seperti itu bisa merampas kebahagiaanmu. Fokus saja untuk menjadi pasangan terbaik baginya dan bahagiakan dia. Itu akan membuat kalian bahagia dan bisa menjalin hubungan yang langgeng dan harmonis.

Itulah 5 sikap yang salah dan bisa membuatmu merasa gak bahagia dalam menjalani hubungan. Ternyata ketidakbahagiaan gak selalu salah pasangan atau keadaan, bukan? Maka perbaikilah sikap dan pemikiran yang salah supaya hubunganmu bisa lebih bahagia!

Baca Juga: Sadar! Ini 5 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Bahagia Dalam Pernikahan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya