Comscore Tracker

6 Suka Duka Berteman dengan Mantan, Kamu Siap Menghadapinya? 

Sebelum membuat keputusan, pikiran dulu baik buruknya 

Putus hubungan asmara adalah hal yang wajar dialami oleh siapa pun. Karena berbagai alasan, sebuah hubungan memang kadang lebih baik disudahi demi kebaikan bersama. Setelah itu, timbul pertanyaan apakah akan tetap menjalin hubungan pertemanan dengan mantan kekasih atau tidak. Sebagian memilih tidak, tapi gak sedikit pula yang memutuskan untuk tetap berteman.

Secara umum, tetap berteman dengan mantan biasanya dianggap langkah yang dewasa dan bijaksana. Tapi selain keuntungan, tentu ada pula beberapa kerugian yang berpotensi timbul. Inilah 6 contoh suka duka yang bisa kamu rasakan kalau memilih tetap berteman dengan mantan.

1. Tidak menambah musuh 

6 Suka Duka Berteman dengan Mantan, Kamu Siap Menghadapinya? pexels.com/gustavo fring

Semua orang yang normal pasti tidak ingin punya musuh. Seorang musuh bisa mengganggu dan merugikan kita, maka sebisa mungkin kita harus menghindari bermusuhan dengan siapa pun, termasuk dengan mantan.

Maka kalau bisa tetap berteman dengan mantan, tentu kita untung karena tidak perlu menambah musuh. Meskipun mungkin rasa sayang sudah hilang sama sekali, setidaknya kita terhindar dari kemungkinan dirugikan oleh sang mantan di kemudian hari.

2. Bisa dapat sahabat yang baik 

6 Suka Duka Berteman dengan Mantan, Kamu Siap Menghadapinya? unsplash.com/yolanda sun

Bahkan gak sekadar berteman, mantan kekasih bisa jadi sahabat yang sangat baik, lho. Dibanding teman biasa, bisa jadi mantan adalah orang yang paling memahami kita karena pernah bersama selama beberapa waktu. Ia sudah paham segala hal tentang dirimu, dan begitu pula sebaliknya.

Semua itu adalah modal untuk bisa jadi sahabat yang baik, karena sepasang sahabat tentu harus saling memahami. Meski mungkin kamu dan mantanmu gak cocok jadi pasangan, bukan berarti kalian pasti gak cocok jadi sahabat juga, kan?

3. Melatih kedewasaan 

6 Suka Duka Berteman dengan Mantan, Kamu Siap Menghadapinya? pexels.com/fauxels

Ada banyak hal yang tercakup dalam memiliki kepribadian yang dewasa. Salah satunya adalah bisa memaafkan kesalahan orang lain. Hal itu adalah salah satu kunci untuk bisa tetap berteman dengan mantan.

Mungkin dia sering menyakiti hatimu saat kalian bersama, tapi kamu bisa melatih kedewasaanmu dengan memaafkan semua kesalahannya itu dan tetap berteman. Selain itu, kamu juga bisa berlatih melupakan masa lalu yang buruk dan memulai lembaran baru yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Selalu Menerima Ajakan Balikan Mantan, Ini Alasannya!

4. Bisa sulit move on 

6 Suka Duka Berteman dengan Mantan, Kamu Siap Menghadapinya? pexels.com/trinity kubassek

Selain semua keuntungan tadi, kamu juga bisa mendapat kerugian dari berteman dengan mantan. Misalnya adalah kamu bisa jadi sulit move on dari mantanmu. Sulit untuk menghilangkan perasaanmu padanya, atau sekadar sulit untuk membiasakan diri tanpa dirinya.

Padahal bisa jadi mantanmu sudah lama move on darimu, dan bahkan sudah mulai mencoba mencari pasangan baru. Maka kalau kamu memang tipe orang yang sulit move on, mungkin berteman dengan mantan adalah pilihan yang kurang bijaksana buatmu.

5. Bisa merusak hubungan baru 

6 Suka Duka Berteman dengan Mantan, Kamu Siap Menghadapinya? Pexels.com/vera arsic

Tetap berteman dengan mantan juga berisiko mengganggu hubungan baru yang sudah terjalin, baik hubungan barumu maupun hubungan baru mantanmu. Pasalnya, ada kemungkinan pasanganmu akan cemburu. Kalau hal itu menimpamu atau mantanmu, mungkin langkah terbaik adalah menjaga jarak, entah untuk sementara atau bahkan seterusnya.

6. Cinta lama bisa bersemi kembali 

6 Suka Duka Berteman dengan Mantan, Kamu Siap Menghadapinya? freepik.com/freepik

Last but not least, tentu saja ada kemungkinan cinta lama akan bersemi kembali di antara kamu dan mantanmu. Akhirnya kalian pun bisa memutuskan untuk balikan. Memang, balikan itu sah-sah saja. Tapi kamu tentu sadar bahwa balikan dengan mantan pun punya risiko tersendiri.

Mungkin kamu dulu memutuskan mantanmu karena ia pernah berbuat kesalahan yang sangat besar. Kalau kamu balikan dengannya, yakin dia gak akan mengulangi kesalahan itu lagi? Atau kalian mungkin putus karena kepribadian yang tidak cocok. Yakin kali ini kalian suah bisa lebih dewasa dalam menyikapi ketidakcocokan itu?

Kalau jawabannya adalah ya, tentu balikan bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi kalau tidak, kalian malah akan mengulang masa lalu yang sama lagi, dan kamu akan merasakan rasa sakit yang sama lagi. Apakah kamu siap dengan kemungkinan itu?

Itulah 6 suka duka yang bisa terjadi jika kita memutuskan tetap berteman dengan mantan. Pastikan kamu mempertimbangkan semuanya matang-matang supaya bisa memutuskan apakah perlu tetap berteman dengan mantan atau tidak.

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya