Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Mengalami Perubahan Negatif Hanya demi Pacar!

Mending gak usah berubah kalau cuma jadi negatif!

Perubahan bisa menyebabkan orang menjadi lebih baik. Sayangnya, gak semua perubahan bisa membawa kamu menjadi pribadi lebih baik, justru sebaliknya. Nah, hal ini bisa terjadi saat kamu sedang menjalin hubungan. Tanpa sadar, kamu mengalami perubahan negatif yang justru gak bikin makin baik. 

Sebelum mengalami perubahan negatif terlalu jauh, kamu harus kenali lima tanda berikut ini!

1. Merasa tertekan saat ingin berubah menjadi orang yang disukai pacar

5 Tanda Kamu Mengalami Perubahan Negatif Hanya demi Pacar!unsplash.com/Entersge

Saat ingin berubah demi seseorang, sadari semua keputusan yang kamu buat secara logis. Pastikan kamu berubah karena alasan yang baik, bukan sebatas demi cinta tanpa melihat hal lainnya.

Ambil sikap jika kamu dipaksa pacar untuk berubah, baik dari segi penampilan, cita-cita, atau pekerjaan. Kamu merasa lelah karena dipaksa? Sebaiknya, tak perlu didengarkan kalau ujungnya hanya bikin kamu tertekan.

2. Perubahan membawa kamu jauh dari orang terkasih

5 Tanda Kamu Mengalami Perubahan Negatif Hanya demi Pacar!unsplash.com/Keenangrams

Melakukan perubahan signifikan demi pacar bikin kamu menjauh dari keluarga atau sahabat? Tentu saja itu bukan ide yang bagus. Kamu harus memastikan punya kehidupan di luar selain dengan pacar.

Nantinya, saat kalian putus, kamu akan punya orang terkasih yang selalu ada. Intinya, pacar kamu gak akan selalu ada, tetapi teman dan keluarga kamu akan selalu ada. 

Baca Juga: Hubungan Gak Sehat, Ini 5 Ciri Codependent Relationship

3. Tak lagi mengingat apa mimpi dan tujuan dalam hidupmu

5 Tanda Kamu Mengalami Perubahan Negatif Hanya demi Pacar!unsplash.com/Ericjamesward

Kompromi merupakan hal yang baik dalam suatu hubungan. Sayangnya, saat pacarmu mulai tak senang dengan pembicaraan soal mimpi atau pun cita-citamu, berhati-hatilah.

Ia akan menyatakan secara implisit yang kadang tak disadari soal ketidaksetujuannya terhadap mimpimu. Secara perlahan, kamu mulai melupakan mimpi dan tujuanmu. Wah, kalau udah seperti ini, mending single, deh!

4. Melupakan hal yang paling kamu suka

5 Tanda Kamu Mengalami Perubahan Negatif Hanya demi Pacar!unsplash.com/Verneho

Perubahan terburuk yang dialami seseorang saat berpacaran ialah lupa untuk mencintai diri sendiri. Seiring berjalannya waktu, sesuatu yang disukai oleh pacarmu menjadi favoritmu juga.

Sayangnya, kamu justru lupa dengan seleramu sendiri. Padahal, hubungan yang baik sebenarnya membiarkan kedua pihak sama-sama melakukan hal disukai tanpa mengubah apa pun.

5. Tidak menjadi orang yang independen

5 Tanda Kamu Mengalami Perubahan Negatif Hanya demi Pacar!unsplash.com/Raduflorin

Setiap hari, kamu bertemu dengan pacar, meminta bantuannya, hingga antarjemput. Kebiasaan ini sering kali bikin kamu lupa kalau sebenarnya kamu mampu melakukan hal tersebut sendiri.

Saat hubungan berakhir, sejenak kamu lupa menjadi orang yang independen. Dijamin, hal ini makin membuatmu gak bisa move on untuk memulai hubungan baru. Coba deh, kurang-kurangi selalu bersama pacar. Beri sedikit waktu untuk me time!

Apakah kamu termasuk dalam lima tanda orang yang sedang mengalami perubahan negatif demi pacar? Kalau ya, segera bicarakan dengan pacar, ya!

Baca Juga: 7 Curhatan Korban Kekerasan dalam Hubungan Asmara, Cegah Sejak Dini!

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya