Comscore Tracker

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Irit

Irit atau pelit?

Ada beragam kondisi di mana seseorang diharuskan untuk berhemat. Misalnya, anak kos harus berhemat supaya tidak makan mie instan di tanggal tua. Contoh lainnya adalah seorang kakak yang harus berhemat karena harus membiayai adik-adiknya.

Tapi, bagaimana kalau punya teman yang hematnya kebangetan alias super irit? Berikut ini suka duka memiliki teman yang super irit. Kita cocokkan satu per satu, yuk!

1. Mengajarkan arti kesederhanaan

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Iritpixabay.com/peggy_marco/

Teman yang super irit, biasanya lekat dengan kehidupan yang sederhana. Mereka tidak ingin menghamburkan uangnya untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat.

Mereka juga merasa sayang kalau harus membeli suatu barang yang harganya jauh lebih mahal, padahal bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

2. Ia selalu terkesan pelit, bahkan untuk dirinya sendiri

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Iritunsplash/@belart84

Orang yang super irit itu, tidak selalu pelit. Namun, ia akan selalu terkesan pelit bagi orang lain. Jika dicontohkan, ia memilih untuk menahan lapar daripada harus membeli makanan. Ini karena sebentar lagi sudah jam makan siang.

Meskipun tidak semua orang yang super irit memiliki sikap seperti ini, namun kesan tersebut seakan-akan selalu melekat kepada mereka.

3. Belajar mengatur keuangan

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Iritpixabay.com/goumbik/

Orang yang super irit, biasanya cukup pandai dalam mengelola keuangannya. Mereka memiliki buku untuk mencatat pengeluaran serta pemasukan setiap bulannya. Alhasil, pengeluarannya bisa dipastikan selalu sesuai dengan budget yang dimilikinya.

Orang yang super irit, tidak akan pernah membelanjakan uang untuk sesuatu yang belum masuk ke dalam rencana pembeliannya. Buat kamu yang suka hedon, wajib berguru padanya!

4. Berlatih menentukan prioritas

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Iritpixabay.com/free-photos/

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengatur prioritasnya. Saat penyusunan skala prioritas, ada saja godaan untuk memasukkan barang yang tidak terlalu penting dalam rencana belanja bulanan.

Jika kesulitan mengatur skala prioritas dan kerap berlebihan dalam menggunakan uang, kamu dapat berguru kepadanya. Orang super irit akan tahu bagaimana menyusun prioritas hidup, dimulai dari hal yang paling penting hingga opsional.

Baca Juga: 5 Alasan Pacarmu Enggan Ikut Hangout Bareng Teman-teman Dekatmu

5. Mengetahui tempat belanja yang murah dan ramah di kantong

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Iritunsplash.com/@joshrh19

Tempat berbelanja seperti pasar, swalayan, atau supermarket, terkadang memiliki selisih harga di antara produk yang dijualnya. Kopi di tempat A, dapat lebih murah dibandingkan  kopi dengan merek yang sama di toko lainnya.

Teman super irit biasanya memiliki toko langganan untuk membeli kebutuhan hidupnya. Toko langganan ini memiliki keistimewaan yang disukai oleh si super irit, yaitu harga barang yang murah. Kamu bisa sekalian belanja di sana, deh!

6. Cukup perhitungan dan bersedia untuk repot

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Iritunsplash.com/@kellysikkema

Beberapa orang super irit biasanya cukup perhitungan. Mereka rela berpindah-pindah toko hanya karena barang di toko yang lainnya lebih murah. Padahal, selisih harganya hanya Rp3 ribuan saja. Mereka benar-benar teliti dalam memilih produk yang dibeli.

Mereka juga berusaha membeli produk dengan keuntungan semaksimal mungkin. Hal yang paling membuat mereka kesal adalah menemukan produk yang jauh lebih murah ketika sudah telanjur membeli di tempat lainnya.

7. Memiliki hobi untuk berburu gratisan dan diskonan

Ada Untungnya, Ini 7 Suka Duka Memiliki Teman yang Super Iritunsplash.com/@joshrh19

Pernah menemukan teman yang saking iritnya, akan mencatat tanggal ulang tahun teman-temannya demi traktiran? Memang gak semuanya seperti ini karena setiap orang juga punya cara yang berbeda-beda.

Jangan heran kalau kamu juga akan diajak berburu gratisan bersamanya. Kamu mungkin akan salut dengan kegigihannya dalam mencari barang diskon juga, lho!

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Jika Akrab dengan Teman-teman Pasangan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya