Comscore Tracker

5 Hal yang Sebaiknya Gak Kamu Lakukan Saat Reuni!

Reuni jadi nyaman dan gak canggung!

Reuni adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para kawan lama. Setelah sekian lama terpisah, akhirnya bisa bertemu kembali sembari mengenang memori indah zaman dulu. Biar reuninya seru dan bikin happy, kamu harus mewaspadai beberapa hal yang bisa bikin keseruannya berkurang. Ini hal yang sebaiknya gak kamu lakukan ketika reuni, guys. Bisa bikin reuni jadi kurang berkesan, lho!

1. Jangan mendominasi obrolan, atau menjadi orang yang paling ingin diperhatikan

5 Hal yang Sebaiknya Gak Kamu Lakukan Saat Reuni!unsplash.com/@priscilladupreez

Ketika reuni, semuanya ingin menanyakan kabar masing-masing. Bagaimana kehidupan pasca berpisah dengan teman se-geng, kabar keluarga, pendidikan dan hal-hal personal lainnya. Usahakan kamu gak mendominasi obrolan diantara teman-temanmu, ya. Hal ini bisa membuat mereka mengira kamu menyombongkan diri, meski niatmu bukan begitu. Berikan kesempatan yang lain untuk bercerita, dengan porsi yang sama denganmu. Jangan lupa untuk mendengarkan ketika mereka bercerita, supaya mereka merasa dihargai. 

2. Salah satu 'sasaran' untuk jualan. Boleh-boleh aja, sih. Akan tetapi ...

5 Hal yang Sebaiknya Gak Kamu Lakukan Saat Reuni!unsplash.com/@sharonmccutcheon

Mungkin prinsip hidupmu adalah 'sekali dayung, dua pulau terlampaui', tapi usahakan untuk menahan hasrat jualanmu ketika reuni. Meski sebenarnya aturan ini gak baku alias kamu bebas melakukannya, namun beberapa orang terkadang merasa gak nyaman ketika reuni dijadikan ajang 'membuka lapak'. 

Kalau kamu tetap ingin melakukannya, coba pancing mereka dengan kalimat tertentu. Semisal kamu berjualan gantungan kunci unik, maka pakailah gantungan kunci itu. Ketika temanmu tertarik, maka itu adalah kesempatanmu untuk berjualan. ketika menjajakan pun jelaskan secara singkat dan berikan kontak untuk mengorder atau tanya lebih lanjut. Takutnya waktu untuk reuni malah habis untuk ngobrolin barang dagangan!

3. Mengajukan pertanyaan sensitif, dan menggali informasi personal hingga akarnya

5 Hal yang Sebaiknya Gak Kamu Lakukan Saat Reuni!unsplash.com/@matheusferrero

Sebenarnya pertanyaan sensitif atau enggaknya itu juga tergantung dengan pribadinya. Ada yang sangat keberatan untuk ditanyai soal hubungan asmaranya, ada juga yang enggak. Meski begitu, usahakan untuk mengajukan pertanyaan yang gak terlalu personal. Kalaupun kamu ingin tahu, 'giringlah' mereka secara halus untuk menceritakannya. jangan blak-blakan ketika menanyakannya.

Selain itu, usahakan pula untuk menahan dirimu meski kamu sangat kepo dengan kehidupan pribadinya. Jawaban soal kegiatannya dan status asmaranya, sepertinya sudah cukup. Cobalah untuk mengobrol sesuatu yang netral seperti membahas masa lalu ketika kalian bersama, atau membahas hal-hal yang sedang viral saat ini.

Baca Juga: 5 Kisah Persahabatan Manusia dengan Hewan, Unik dan Inspiratif

4. Usahakan untuk gak menceritakan persoalan yang sangat pribadi, terlebih jika itu hal yang kurang menyenangkan

5 Hal yang Sebaiknya Gak Kamu Lakukan Saat Reuni!unsplash.com/@yxvi

Kalian mau curhat ataupun gak, itu sebenarnya terserah kalian. Responnya pun juga bergantung dengan bagaimana teman-teman kalian. Namun, usahakan untuk enggak menceritakan persoalan pribadi. Apalagi kalau persoalan tersebut tidak menyenangkan, seperti membahas keluarga yang toxic, pasangan yang selingkuh dan sebagainya. 

Semua orang yang datang ke reuni, menginginkan suasana nyaman dan bergembira. Mereka ingin mengenang kembali momen bahagia yang terjadi di antara kalian. Jangan 'merusak' harapan itu dengan membahas persoalan pribadimu yang kurang menyenangkan. Kalaupun kamu butuh cerita, kamu bisa meminta izin ke temanmu untuk menghubunginya setelah reuni berakhir.

5. Update status atau posting Instagram story boleh, tapi jangan berlebihan!

5 Hal yang Sebaiknya Gak Kamu Lakukan Saat Reuni!unsplash.com/@priscilladupreez

Rasanya ada yang kurang jika tidak memposting instagram story saat bertemu teman lama. Sah-sah saja, namun jangan berlebihan. Setelah berfoto, kamu bisa melanjutkan untuk mengobrol. Kalau ingin mengirimkan foto atau mengedit foto, lakukan di rumah ketika reuni usai. Melakukan edit foto terkadang butuh waktu yang cukup lama, bukan? Fokuslah untuk menikmati suasana yang kamu rasakan saat ini.

Sebenarnya aturan di atas bukan sesuatu yang benar-benar enggak boleh untuk dilakukan. Akan tetapi, kalau kita bisa menciptakan suasana reuni yang menyenangkan, kenapa tidak? 

Baca Juga: 9 Pelajaran Hidup "Extraordinary You", tentang Cinta dan Persahabatan

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You